SOLOPOS.COM - Ilustrasi tes virus corona atau Covid-19 (Freepik)

Solopos.com, WUHAN – Misteri pasien corona pertama di Wuhan akhirnya tersingkap. Orang yang didiagnosis positif terinfeksi virus corona adalah seorang pedagang makanan laut di Wuhan.

Dikabarkan Detik.com dari Fox News, Minggu (29/3/2020), pasien corona pertama bernama Wei Guxian yang berusia 57 tahun. Dia mengaku mulai sakit pada 10 Desember 2019.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Awalnya, Wei Guxian hanya merasa flu dan berobat ke klinik terdekat. Dia pun diberi obat dan kembali berdagang makanan laut di Pasar Wuhan.

Buntut Perseteruan 2 Perguruan Silat Sragen, 6 Tugu dan Rumah Warga Dirusak

“Saya merasa sedikit lelah. Setiap musim dingin saya selalu mengalami flu. Jadi, saya pikir hanyaa kena flu,” terangnya.

Dalam sepekan, kondisi kesehatan Wei Guxian malah semakin parah. Dia pun akhirnya dirawat di rumah sakit.

“Dokter di rumah sakit tidak bisa menentukan apa yang terjadi kepadaku. Mereka terus memberikan obat. Tapi, kemudian saya merasa jauh lebih buruk dan sangat tidak nyaman. Saya tidak punya kekuatan atau energi,” sambung dia.

Ini Daftar 6 RS Swasta Rujukan Corona di Karanganyar

Ketahuan Corona

Pada 16 Desember 2019 dia berobat ke rumah sakit terbesar di Wuhan, Wuhan Union Hospital. Di sana dokter memberi tahu dia dan beberapa orang lain mengalami penyakit serius.

Dua bulan setelah Wei Guxian dirawat, dunia mulai dihebohkan dengan persebaran virus corona dari Wuhan, China. Awalnya, para doktter kesulitan menghubungkan Wei Guxian dengan kasus awal virus corona.

Pasalnya saat itu penyakit tersebut belum terdeteksi. Setelah diteliti, akhirnya Wei Guxian dikarantina lantaran mengalami kondisi yang sama dengan pasien corona lainnya.

Tak Ada Hujan Abu, Begini Cara Warga Klaten Pantau Erupsi Merapi

Kabarnya di awal wabah itu pemerintah China melarang pasien pertama corona diungkap ke publik. Sebab, mereka yakin penyakit itu masih bisa diatasi.

Beruntung Wei Guxian yang merupakan pasien pertama corona di Wuhan berhasil sembuh. Meski demikian, peneliti  yakin Wei Guxian bukanlah penderita pertama atau pasien nol corona.

Round Up Darurat Bencana Corona Jateng: 55 Positif, 349 PDP, 6.192 ODP

Sederet hasil penelitian mengatakan pasien nol adalah seorang ppria 70 tahun. Dia justru tidak pernah berhubungan atau menyambangi pasar di Wuhan.

Kasus corona pada pasien itu muncul 17 November 2019. Meski demikian peneliti juga tidak terlalu yakin. Jadi, sampai saat ini pasien nol corona masih misterius.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya