SOLOPOS.COM - Penampilan mahasiswa UKSW yang membawakan tarian suku Dayak menjadi pembuka Solopos Goes to Campus di Kampus UKSW Salatiga, Selasa (11/10/2022). (Solopos.com-Hawin Alaina)

Solopos.com, SALATIGA — Acara Solopos Goes to Campus 2022 baru saja selesai dihelat di Kampus Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, Selasa (11/10/2022) pagi. Berbagai keseruan mewarnai acara yang diselenggarakan dengan dukungan Astra, Sharp, Tokopedia, Galeri24, Epson, Bank Jateng, Bank Mandiri, Astra Honda Motor, Telkomsel, dan Telkom.

Seorang mahasiswa UKSW yang turut serta dalam acara tersebut, Geisha, mengaku senang. Ia mengaku baru kali pertama mengikuti acara Solopos Goes to Campus 2022. Melalui acara itu, ia pun mendapat banyak pelajaran untuk bekal menghadapi persaingan global baik sebagai wirausaha maupun konten kreator.

“Senang karena bisa mendapat banyak motivasi dan pengalaman. Benefit-nya dapat sertifikat juga. Jadi bisa menambah poin,” ujar mahasiswi Prodi Psikologi UKSW Salatiga itu.

Acara yang digelar di Balairung UKSW itu dibuka dengan penampilan tari Kahanjak Atei dari suku Dayak. Tarian ini dibawakan tiga mahasiswa UKSW Salatiga yang mengenakan kostum khas Kalimantan.

Tarian Kahanjak Atei biasanya dibawakan suku Dayak saat menggelar acara besar. Tarian ini menggambarkan suka cita pemuda-pemudi suku Dayak atas terselenggaranya acara.

Baca juga: Drama Dadakan Mahasiswa UKSW Sihir Peserta Solopos Goes to Campus

Kepala Biro Promosi Humas dan Alumni, Rini Kartika Hudiono, mengaku senang sekali UKSW jadi bagian dari kegiatan Solopos Goes to Campus. Selain sebagai bentuk kerja sama UKSW dengan Solopos, kegiatan ini juga sangat bermanfaat bagi mahasiswa.

“Membuka wawasan mahasiswa akan dunia profesi yang terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Sehingga mahasiswa bisa mempersiapkan diri sebelum lulus dan masuk ke dunia profesi,” kata Rini.

300 Mahasiswa

Diungkapkan acara Solopos Goes to Campus diikuti peserta sebanyak 300 mahasiswa lintas program studi yang ada di UKSW. “Antusias mahasiswa baik ya, tadi juga ada beberapa mahasiswa daftar on the spot karena tertarik dengan acara ini,” ucapnya.

Baca juga: Solopos Goes to Campus: Menciptakan Ide Kreatif ala Sutradara Bakar Production

Pihaknya berharap melalui kegiatan ini mahasiswa semakin terbuka wawasannya akan dunia profesi ke depan, sehingga mereka bisa mempersiapkan diri lebih baik lagi selama kuliah. “Peserta kegiatan ini juga kebanyakan mahasiswa baru, jadi ini pas sekali. Mereka jadi bisa lebih mempersiapkan masa depan. Selain itu, lewat kegiatan ini kami berharap kerja sama UKSW dan Solopos bisa terjalin lebih baik lagi ke depannya,” jelas Rini.

Pemimpin Umum Solopos Rini Yustiningsih mengungkapkan jika kegiatan ini adalah keinginan Solopos berbagi. Solopos hadir tidak hanya memberi informasi tapi juga memberikan manfaat.

“Kesimpulannya satu harus seimbang adaptasi dengan teknologi informasi,” katanya.

Baca juga: Yuk, Seru-Seruan Bareng Solopos Goes to Campus di UKSW Salatiga

Ia juga sangat mengapresiasi UKSW yang menjadi miniatur Indonesia. Hal itu dikarenakan UKSW memiliki 20 perkumpulan mahasiswa dari berbagai etnik yang ada di Indonesia.

Selain diselenggarakan di UKSW Salatiga, Solopos Goes to Campus 2022 sebelumnya juga digelar di Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Rabu (28/9/2022). Rencana acara ini akan digelar di sejumlah kampus perguruan tinggi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selain Udinus Semarang dan UKSW Salatiga, acara serupa juga akan digelar di Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta pada Kamis (13/10/2022) dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada Rabu (19/10/2022).

Puncak acara rangkaian Solopos Goes to Campus ini akan ditutup dengan kegiatan Solopos Youth Forum yang akan diselenggarakan di Terminal Tirtonadi Convention Hall Solo pada 25 Oktober 2022. Acara tersebut menghadirkan sejumlah narasumber dan mengusung tema Anak Muda Indonesia Bisa Apa?

Rekomendasi
Berita Lainnya