Ilustrasi pelajar yang sedang merasa bingung. (Reuters)

Solopos.com, SOLO – Kisah unik tentang dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang mencari mahasiswanya bimbingannya lewat komentar Youtube viral di media sosial. Dosen yang menggunakan akun ">Youtube Rusbiyanto Uns itu mencari Dimas agar segera menyelesaikan skripsi karena dia akan pensiun.

Ternyata komentar dengan akun ">Youtube Rusbiyanto Uns itu ditulis sang anak. Si penulis komentar itu menjelaskan kejadian sebenarnya lewat akun Twitter @ArifRucho. Dia mengaku meminjam ponsel sang ayah untuk menonton video di Youtube karena baterai ponselnya habis. Lalu, karena bosan dia menulis komentar pada live chat.

“Awal mula cuma streaming [menonton siaran langsung] biasa di ponsel sendiri, karena baterai ponselku habis aku pinjam ponsel Bapak. Waktu itu aku agak ngantuk karena game-nya farming [aktivitas membunuh monster] jadi, aku menulis komentar di live chat,” cuit @ArifRucho seperti dikutip Solopos.com, Senin (26/8/2019).

Pada cuitan selanjutnya, Arif mengutarakan niat baiknya mengingatkan mahasiswa tingkat akhir agar mengerjakan skripsi dan tidak takut bimbingan. Dia juga ingin menunjukkan masih banyak dosen yang baik. Cuitan tersebut juga ditujukan untuk mahasiswa yang akan mengambil skripsi semester depan.

“Niatku sih baik. Buat kalian mahasiswa akhir, ingat skripsinya. Buat yang mau bimbingan jangan takut. [cuitan ini] kayak mau nunjukin masih banyak dosen yang baik. Ini berlaku juga buat yang mau ambil skripsi semester depan,” terang Arif.

Arif menjelaskan keteledorannya sudah menggunakan akun ">Youtube sang ayah. Dia mencoba menghapus tangkapan layar komentarnya di beberapa akun penggemar ">UNS Solo. Namun, dia kesulitan karena terlalu banyak akun yang mengunggah gambar tersebut. Dalam unggahan berikutnya, terlihat percakapan Arif dengan sang Ayah, Rusbiyanto, mengenai perbuatannya. Arif menjelaskan dirinya hanya bercanda dan asal memilih nama Dimas.

Akibat komentar yang ">viral itu, Rusbiyanto mengaku bingung ketika ditanya soal Dimas. Ternyata, semua itu adalah candaan sang anak yang menjadi viral. Saat dihubungi Solopos.com, Senin (26/8/2019), Arif menegaskan ayahnya bukan dosen, melainkan pegawai di jurusan sosiologi FISIP UNS Solo.

Iya mbak benar [komentar itu ditulis Arif lewat akun Youtube Rusbiyanto Uns. Rusbiyanto ayah saya.  Beliau admin di Jurusan Sosiologi UNS. Komentar ayah saya di Youtube hanya kesalahpahaman saja,” terang Arif

Seperti diberitakan Solopos.com sebelumnya, kicauan soal hubungan dosen bernama Rusbiyanto dengan mahasiswa tingkat akhir, Dimas, yang mengerjakan skripsi viral di Twitter melalui akun @rasyourbae1. Cuitan itu mengundang berbagai komentar netizen. Mereka berkomentar tentang betapa beruntungnya Dimas memiliki dosen seperti Rusbiyanto yang mau mencarinya agar segera menyelesaikan skripsinya. 

(Atina Firdausa Qisthi/Solopos.com)

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten