Rizal Eka Wikanda, 16, berada di podium I seusai menjuarai 3rd Edition of International Karate Open De La Province De Liege di Belgia, Minggu (18/11/2018). (Istimewa)

Solopos.com, SOLO - Tiga pertarungan sudah dijalani Rizal Eka Wikanda, 16, dengan baik sebelum ia masuk ke partai final 3rd Edition of International Karate Open De La Province De Liege di Belgia, Sabtu-Minggu (17-18/11/2018).

Turun di kelas kumite -68 kg, karateka belia asal Kota Solo itu lolos ke babak final seusai mengalahkan wakil Prancis, Belgia dan Italia. Menghadapi wakil dari Eropa dengan postur yang lebih tinggi dengan power kuat, Rizal lebih mengandalkan kecepatan dan kelincahan gerak. Siswa Kelas XI SMAN 6 Solo itu pun bisa menang mudah menghadapi tiga lawannya sebelum sampai ke partai puncak.

Di babak final, Rizal kembali bersua wakil tuan rumah Belgia. Ini adalah partai tersulit buat karateka bertinggi 170 cm ini. Perolehan poin Rizal sempat tertinggal 0-1. Saat berusaha bangkit, Rizal malah mendapat cedera parah karena pelanggaran yang dilakukan lawan.

"Kemaluan saya kena tendang lawan. Saya langsung tergeletak. Tak bisa bangun. Saya sempat putus asa karena sepertinya sudah tidak mampu untuk melanjutkan pertandingan," kata Rizal yang masih berada di Belgia saat dihubungi Solopos.com, Selasa (20/11/2018).

Karena pelanggaran itu, lawan Rizal mendapat peringatan pertama dari wasit. Akibat pelanggaran itu, Rizal sempat menepi hingga 10 menit lamanya. Ia masih merintih kesakitan sambil mendapat perawatan tim medis. "Sakit sekali. Bahkan sakitnya sampai ke perut. Setelah dirawat 10 menit, saya putuskan tetap melanjutkan pertandingan. Saya semangat lagi. Saya tidak mau mengalah karena sudah telanjur sampai babak final," papar Rizal.

Dalam kondisi menahan sakit, Rizal melanjutkan pertandingan. Hebatnya, ia bisa membalikkan kekalahan 0-1 dengan kemengan 4-2 di akhir laga. Rizal akhirnya mampu membawa medali emas dari Belgia. Momen paling mengharukan baginya adalah ketika naik podium I sambil berselimut bendera merah putih .

"Partai final sudah berlalu, tapi sampai saat ini saya masih merasakan nyeri. Mudah-mudahan sudah sembuh sesampainya di rumah," kata Rizal yang berencana pulang ke Tanah Air pada Rabu (21/11/2018).


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten