Tutup Iklan

Cerita Anna Silvia: dari Finalis Putri Solo hingga Wakili Indonesia di Miss Elite World

Anna Silvia, 27, seorang wanita asal Menangan, Serengan, Kota Solo, akan mewakili Indonesia di kontes Miss Elite World. Perjuangan Anna tak mudah.

 Anna Silvia (istimewa)

SOLOPOS.COM - Anna Silvia (istimewa)

Solopos.com, SOLO — Anna Silvia, 27, seorang wanita asal Menangan, Serengan, Kota Solo, akan mewakili Indonesia di kontes Miss Elite World. Perjuangan Anna tak mudah hingga akhirnya bisa menjadi wakil Indonesia tersebut.

Anna yang merupakan alumni Fakultas Hukum UNS itu kini bekerja sebagai Pramugari di Emirates Airline sejak 2019 lalu. Sejak lulus dari SMA Negeri 1 Solo, ia bercita-cita berkunjung ke tiga negara yakni Napoli, Italia, lalu Istanbul, Turki, dan Dubai, UEA.

Anna menceritakan semenjak Ia menyebut mimpi ke luar negeri itu cukup mustahil mengingat di lingkungannya, usia 20-an tahun harus segera menikah. Lalu, ia berangkat dari keluarga yang ia sebut super religius. Bahkan, ketika ia menceritakan bermimpi ke Malaysia, ia diejek oleh lingkungannya untuk segera pulang pukul 18.00 WIB.

“Dari awal ke luar negeri saya bangun dari nol dan saya membiayai diri sendiri. Meskipun keluarga saya terbilang mampu. Mimpiku adalah tanggung jawabku. Saya tidak ingin jadi beban, saya memutuskan mencari beasiswa sejak di kampus,” papar Anna kepada Solopos.com, Minggu (5/2/2021).

Baca Juga: Wisata Air Penuh Pengalaman di Waduk Pondok Bringin Ngawi

Ia bercerita di kampus ia bergabung dengan organisasi pertukaran pelajar yakni AISEC. Negara impian pertamanya Italia terwujud saat ia duduk di akhir masa perkuliahan. Beruntung, selama di Italia pada Mei hingga Juli 2013 ia dibiayai oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Kunjungan ke Italia itu pun membuka pandangannya untuk berkeliling dunia.

Ia juga merupakan finalis Putri Solo pada 2021 lalu. Setelah lulus kuliah, ia mengikuti program work away. Program itu membawanya ke negara impian ke dua yakni Istanbul, Turki. Di Istanbul, ia magang berbagai pekerjaan yang tak biasa dilakukan oleh dia selama di Turki. Dari magang itu, ia memperoleh tempat tinggal dan makan gratis meskipun tanpa digaji selama tiga bulan pada September 2016.

“Kunjungan ke dua ke negara impian semakin mendorongnya untuk berkeliling dunia. Saya akhirnya mendaftar pramugari Qatar Airways di Singapura pada 2017. Akhirnya diterima dan saya bekerja di Qatar,” papar dia.

Ia pun mencari peluang lain saat ia menerima informasi maskapai asal negara cita-citanya ketiga UEA, Emirates Airline. Saat itu open recruitmen di Jakarta, ia cukup terkejut dengan jumlah peserta yang mencapai 2.000an peserta dari seluruh dunia. Hanya empat orang terdiri dari dua laki-laki dan dua perempuan yang berhasil diterima Emirates Airline. Ia pun termasuk dalam dua perempuan yang berangkat ke Dubai.

Baca Juga: Tak Pakai Masker Saat Ngabuburit, 17 Warga Sragen Dihukum Push Up

Ia bercerita diterima di Emirates Airline dalam percobaan pertama. Padahal saat ia berusia 18 tahun ia pernah mendaftar sebagai pramugari di maskapai besar Indonesia. Namun, ia ditolak bekerja pramugari maskapai di Indonesia, ia mengakui kurang persiapan.

Menurutnya, cita-citanya berkeliling dunia harus diwujudkan dengan jalan apapun. Pramugari, menjadi profesi yang dapat mewujudkan cita-citanya berkeliling dunia.

Menurutnya, dari pekerjaannya di memperoleh penghasilan puluhan juta rupiah. Meskipun sudah memperoleh penghasilan tinggi, ia masih meneruskan pembelajaran hingga memperoleh Certified International Life Coach by ICF, Mindfulness Diploma, Anger Management Practocioner Diploma, dan Neuro Linguistic P rogramming Diploma.

Tak berhenti di situ, ia mendirikan komunitas loa.indo yang membantu pengobatan trauma di Indonesia. Saat ini ia juga tengah menyelesaikan penulisan buku berjudul Better Me. Hal itu berdasarkan pengalamannya saat menjadi mahasiswi Fakultas Hukum. Ia berpesan kepada generasi muda untuk selalu optimistis dalam bermimpi.

“Bermimpilah setinggi mungkin dan pastikan ambil seluruh kesempatan tidak peduli betapa ketakutanmu. Mungkin dan tidak mungkin itu tugas Tuhan, tugas manusia menjalankan sebaik mungkin,” imbuh Anna.

Baca Juga: 7 Tahun Hari Buruh Wonogiri Tanpa Demonstrasi, Apa Kuncinya?

Wanita Solo itu kemudian diajak untukmengikuti seleksi Miss Elite World oleh rekannya yakni Miss Rumania dan runner up Miss Europe. Hasilnya, Anna dinyatakan lolos mewakili Indonesia dalam ajang itu.

“Saya akui saya minder dari tinggi fisik yang hanya 165 sentimeter. Padahal rekan saya jauh dari itu dan sangat profesional. Lawan saya dalam Miss Elite World kali ini ya Miss Universe dari negara mereka masing-masing. Ini pertama kali saya bertanding di internasional,” papar Anna kepada Solopos.com, Minggu (5/2/2021).

Berita Terkait

Berita Terkini

Waduh, Mayoritas Pasar di Sragen Ternyata Rawan Kebakaran

Untuk antisipasi potensi kebakaran, pedagang diimbau lebih berhati-hati dan bila memungkinkan dilakukan simulasi kebakaran pasar.

Percepatan Vaksinasi di Wonogiri Terkendala SDM Vaksinator dan Internet

Joko Sutopo menyiapkan langkah strategis untuk merampungkan vaksinasi sesuai target, seperti penjadwalan ulang, kesiapan SDM vaksinator, data, dan stok vaksin.

Ngeri Lur! Eks Terminal Kartasura Jadi Lokasi Pesta Miras dan Esek-Esek

Lahan bekas Terminal Kartasura, Sukoharjo, yang mangkrak bertahun-tahun malah disalahgunakan untuk pesta miras dan mangkal PSK.

Pengakuan Pria Sragen Nekat Bakar Mobil Tetangga: Merasa Terganggu

Aaksi nekat bakar mobil tetangga tersebut dilakukan AN secara sadar tanpa melibatkan pihak lain dan tidak berkaitan dengan peristiwa di mana pun.

Asyik! 8 Mobil Listrik Bergaya Klasik Siap Antar Turis Keliling Solo

Pemkot Solo dapat bantuan delapan unit mobil listrik bergaya klasik untuk mengantar wisatawan blusukan tempat wisata di Kota Solo.

PTM di Wonogiri Tunggu Vaksinasi Siswa dan Guru Rampung

Wonogiri akan menggelar PTM jika seluruh murid dan guru selesai divaksinasi dan fasilitas pendukung memenuhi syarat.

Jumlah Petani Muda Makin Banyak

Gerakan menarik kaum muda di Kabupaten Klaten agar mau berkecimpung di dunia pertanian makin masif, salah satunya dilakukan Komunitas Petani Muda Klaten.

Jejak Limbah Ciu Hilang Tersapu Hujan, Kali Samin Sukoharjo Bersih Lagi

Air Kali Samin yang sempat berubah hitam karena tercemar limbah ciu dari sentra industi ciu Mojolaban dan Polokarto, Sukoharjo, kembali bersih.

Rp4 M Insentif Pemulasaraan Jenazah Covid-19 Karanganyar Belum Dibayar

Anggaran insentif pemulasaraan jenazah Covid-19 ini akan ditagihkan melalui Belanja Tak Terduga (BTT) APBD Kabupaten Karanganyar.

Harga Cabai dan Bawang Putih di Wonogiri Naik Tipis

Cabai merah besar, cabai keriting, rawit hijau, dan hijau besar di Wonogiri naik harga selama beberapa pekan terakhir.

145 Siswa 2 SMP di Sragen Mendadak Dites Antigen, Hasilnya...

Tes swab antigen kepada pelajar SMP dimulai Senin untuk antisipasi munculnya klaster sekolah atau pembelajaran tatap muka (PTM).

171 Siswa-Guru SDN Laweyan No 54 Solo Mendadak Dites Antigen, Ada Apa?

Sebanyak 171 siswa, guru, dan tenaga pendidik SDN Laweyan No 54 mendadak di tes swab antigen pada Senin (27/9/2021).

Hanya 2 Hari, Vaksinasi Covid-19 di 5 Lokasi Solo Ini Dapat Beras 5 Kg

Peserta vaksinasi Covid-19 di lima lokasi Kota Solo yang berlangsung selama dua hari, Senin-Selasa, mendapat bantuan beras 5 kg.

Lebihi Target, Vaksinasi di Boyolali Capai Lebih 50%

Percepatan vaksinasi terus dilakukan di Boyolali dengan pendekatan cukup agresif melalui tim di masing-masing desa.

6 KDRT Terjadi di Karanganyar, Ada Korban Alami Paksaan Hubungan Seks

Selain kekerasan seksual, dalam periode yang sama di Karanganyar juga terdapat 22 kekerasan terhadap anak yang dilaporkan.