SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Harianjogja.com, BANTUL-Sekitar 500 umat Islam dari elemen ormas keagamaan Nahdlatul Ulama (NU) di Bantul Kamis (24/4/2014) pukul 21.30 WIB mendatangi pengajian bertempat Masjid Al Ikhsan di Dusun Ngentak RT7 Plebengan, Desa Sidomulyo, Bambanglipura yang tengah menghadirkan penceramah asal Kediri bernama Kh.Alforkhi Abdul Gani.

Kedatangan mereka untuk minta pertanggungjawaban isi ceramah yang dinilai meresahkan dan memecah belah umat.
Massa dari sejumlah elemen ormas keagamaan NU seperti Gerakan Muda NU (GMNU), Pagar Nusa dan GP Anshor Banser NU mendatangi pengajian malam Jumat pimpinan Sudadi sejak sekitar pukul 20.00 WIB untuk  mengajak diskusi penceramah asal Kediri yang beberapa kali mengisi ceramah di Bantul yang dinilai menyinggung umat NU.

Promosi Berteman dengan Merapi yang Tak Pernah Berhenti Bergemuruh

“Kebetulan kami memiliki rekaman semua pernyataan itu sewaktu memimpin pengajian sebelumnya. Kami ingin ada dialog agar materi ceramah tidak sampai memecah belah umat Islam,” kata Komandan Banser Bantul Khozen, Jumat (25/4/2014).

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam dialog dengan perwakilan NU, Kh.Alforkhi Abdul Gani akhirnya mengakui perbuatannya dan berjanji tidak mengulang. Alforkhi juga sanggup meminta maaf secara lisan dan tertulis  termasuk kesanggupan tidak ceramah yang mengundang keresahan umat Islam di DIY.

Kapolres Bantul AKBP Surawan menambahkan dialog antar dua kelompok Islam berlangsung kondusif. “Sudah ada kesepakatan dan dialog berjalan lancar,” pungkas Surawan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya