Tutup Iklan

Cek Lur! Ini Formasi CPNS dan P3K se-Soloraya, Mana Paling Banyak?

Di bawah ini terdapat formasi CPNS dan P3K dalam seleksi penerimaan 2021 yang ada di beberapa wilayah di Soloraya, Jawa Tengah.

 Ilustrasi PNS. (Istimewa-Pemkot Madiun)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi PNS. (Istimewa-Pemkot Madiun)

Solopos.com, SOLO -- Di bawah ini formasi lowongan CPNS dan P3K untuk wilayah di Soloraya, Jawa Tengah.

Seperti diketahui, pemerintah pusat akan membuka pendaftaran CPNS dan P3K pada akhir Mei 2021 hingga Juni 2021.

Baca Juga:  Sederet Pernyataan dan Kebijakan Ganjar Pranowo yang Tuai Kontroversi

Dari paparan Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kemenpan RB, Katmoko Ari, pendaftaran CPNS dan P3K akan dibuka pada 31 Mei 2021 hingga 13 Juni 2021.

Sepekan lagi akan dibuka, formasi CPNS dan P3K di wilayah Soloraya adalah sebagai berikut.

Baca Juga: Jangan Salah Kaprah! Begini Cara Minum Madu yang Benar

Formasi CPNS dan P3K di Soloraya

1. Solo

Pemkot Solo mendapatkan jatah 738 formasi calon pegawai negeri sipil atau CPNS dan P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) pada rekrutmen tahun ini.

Sebanyak 738 formasi tersebut 296 adalah PPPK guru, 34 nakes CPNS dan 242 nakes P3K. Sisanya tenaga teknis lainya yang tersebar di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD). PPPK menggunakan sistem kontrak dengan perjanjian kerja 5 tahunan.

Baca Juga: Satgas: Dari 6-7 Orang Berkerumun, Ada 1 yang Positif Covid-19

"CASN [CPNS] untuk tenaga teknis lainnya di beberapa OPD ada 92 formasi, lalu PPPK 74 formasi," beber Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan Daerah (BKPPD) Solo, Nur Hariyani kepada awak media, Selasa (18/5/2021).

2. Karanganyar

Pemkab Karanganyar membuka lowongan CPNS dan P3K di Karanganyar, Soloraya sebanyak 1.746 formasi pada seleksi 2021.

Adapun rinciannya, 1.663 formasi untuk P3K tenaga pendidik, 49 formasi untuk tenaga kesehatan CPNS, 22 formasi untuk CPNS tenaga teknis, dan tenaga kesehatan P3K sebanyak 42 formasi.

Baca Juga:  Terpilih Jadi Miss Grand Indonesia 2021, Ini Profil Sophia Rogan

Angka tersebut berdasarkan Surat Keputusan Kemenpan RB nomor 850 tahun 2021 tentang penetapan kebutuhan Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Pemkab Karanganyar tahun 2021.

3. Wonogiri

Formasi seleksi CPNS dan P3K Kabupaten Wonogiri di Soloraya telah ditetapkan.

Adapun jumlah lowongan yang dibuka adalah 3.793 formasi yang meliputi 248 CPNS dan 3.545 P3K. Rinciannya, 3.325 formasi guru, 220 nakes P3K, 190 nakes CPNS dan 58 pegawai teknis CPNS.

Baca Juga:  Viral Es Teh Seharga Rp2.500 di Solo, Penampakannya Bikin Syok

4. Boyolali

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali di Soloraya akan membuka penerimaan CPNS dan P3K 2021 sebanyak 1.952 formasi.

Dari formasi yang dibuka, untuk formasi tenaga guru dari jalur PPPK sejumlah 1.656 formasi. Sedangkah formasi tenaga kesehatan diberi kuota sejumlah 178, yang terdiri dari jalur CPNS sejumlah 30 formasi dan jalur PPPK sejumlah 148 formasi.

Baca Juga:  Dijuluki Duta Truk, Ini 5 Potret Cantik Wanita Aceh yang Kerap Jadi Meme di Bak Truk

Selain itu ada formasi teknis sejumlah 118 formasi yang terdiri dari jalur CPNS sejumlah 79 formasi dan jalur PPPK sejumlah 39 formasi.

5. Sragen

Pemkab Sragen di Soloraya membuka lowongan CPNS dan P3K dengan total 1.652 formasi. Adapun rinciannya, 63 untuk CPNS dan 1.589 P3K.

"Jumlah kuota formasi CPNS yang diberikan untuk Sragen turun drastis. Semula kami mengusulkan 350 formasi, kemudian dikurangi formasi guru karena masuk dalam rekrutmen PPPK. Saat itu usulan tinggal sebanyak 90-an formasi. Dari usulan itu ternyata kuota yang diberikan tinggal 63 formasi. Sementara untuk formasi calon PPPK justru naik luar biasa di angka 1.589 formasi, khususnya guru sekolah dasar (SD),” ujar Sutrisna, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sragen saat dihubungi Solopos.com, Rabu (19/5/2021).

Baca Juga: Adu Gaya Jokowi dan Gibran Saat Sama-sama Jadi Wali Kota Solo

6. Sukoharjo

Awalnya, Pemkab Sukoharjo di Soloraya mengajukan lowongan CPNS dan P3K dengan total 873 formasi ke pemerintah pusat.

Akan tetapi, kuota tersebut direvisi oleh Kemenpan RB. Kepala Bidang (Kabid) Mutasi Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sukoharjo, Ahmad Fajar Romdhoni, mengatakan belum mengetahui secara pasti formasi CPNS yang disetujui pusat.

Baca Juga: Deretan Bencana dan Tragedi Besar yang Pernah Terjadi di Solo

"Informasi yang saya terima ada revisi formasi CPNS yang dilakukan pemerintah pusat. Mungkin berkaitan erat dengan jumlah formasi yang tidak sinkron dengan kuota yang diusulkan pemerintah daerah," katanya kepada Solopos.com di Gedung Menara Wijaya, Jumat (21/5/2021).

7. Klaten

Hingga saat ini, Pemkab Klaten di Soloraya belum mengumumkan jumlah formasi CPNS dan P3K yang dibutuhkan.

Baca Juga: Intip Yuk Gaji Gibran sebagai Wali Kota Solo, Gede Enggak ya?

Berita Terkait

Berita Terkini

Serbuan Vaksinasi Dinilai Sukses, Polres Klaten Dapat Penghargaan

Penghargaan diberikan menyusul peran aktif jajaran Polres Klaten di bawah komando AKBP Eko Prasetyo dalam menyukseskan serbuan vaksinasi di Kabupaten Bersinar.

Anggota DPR: Kurang Anggaran Bikin Digitalisasi Buku Solo Tak Maksimal

Wakil Ketua Komisi X DPR Agustina Wilujeng menyebut digitalisasi buku di perpustakaan Solo tidak maksimal karena kurang anggaran.

BST Kemensos Disetop? Kadinsos Wonogiri: Tunggu Surat Resmi Saja!

Dinas Sosial Wonogiri masih menunggu surat keputusan resmi dari Kemensos terkait informasi mengenai penghentian BST dampak pandemi Covid-19.

320 Petani Milenial Klaten Diusulkan Ikut Pelatihan di Kementan

Pemkab Klaten mengusulkan ratusan petani milenial yang umurnya di bawah 40 tahun ikut pelatihan dari Kementerian Pertanian.

Apa Kabar Rencana Gedung RSUD Sukoharjo di Bekas Terminal Kartasura?

Saat pemerintahan Bupati Wardoyo Wijaya, lahan bekas Terminal Kartasura diproyeksikan untuk gedung unit II RSUD Ir Soekarno Sukoharjo.

Tak Sanggup, Pengelola Serahkan Rusunawa Begalon I ke Wali Kota Solo

Pengelola Rusunawa Begalon I Solo menyerahkan pengelolaan rusunawa tersebut ke Wali Kota Solo karena sudah tidak sanggup.

Populasi Kucing Jalanan Soloraya Naik saat Pandemi Corona, Mau Adopsi?

Pegiat komunitas pencinta kucing, Rudimeong, mengajak masyarakat untuk mengadopsi kucing jalanan ketimbang membeli.

Sebelum Terbakar, Pasar Janglot Sragen Pernah Hampir Direvitalisasi

Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang terbakar pada Sabtu malam hingga Minggu dini hari pernah hampir direvitalisasi beberapa tahun lalu.

Sudah Ada PJU, Warga Karangasem Sukoharjo Tak Perlu Takut Keluar Malam

Belasan lampu PJU bertenaga surya kini menerangi jalan Desa Karangasem, Kecamatan Bulu, Sukoharjo, bantuan dari Kementerian ESDM.

Pertandingan Pembuka Liga 2 di Stadion Manahan Solo Dijaga 350 Polisi

Pertandingan pembuka kejuaraan sepak bola Liga 2 di Stadion Manahan Solo, Minggu sore, dijaga ratusan aparat kepolisian.

Brankas Berisi Rp300 Juta Selamat dari Kebakaran Pasar Janglot Sragen

Brankas berisi uang Rp300 juta selamat dari kebakaran Pasar Janglot, Tangen, Sragen, yang menghanguskan puluhan kios dan los.

Unik! Ada Ormas Bernama Polokendho di Soloraya, Apa Saja Kegiatannya?

Organisasi kemasyarakatan atau ormas di Soloraya ini punya nama unik yakni Polokendho, anggotanya dari berbagai latar belakang profesi dan pekerjaan.

Innalillahi, Warga Solo Meninggal Mendadak Saat Piknik di Karangpandan

Warga Sangkrah, Solo, meninggal dunia secara mendadak saat hendak makan sambil menikmati pemandangan di Karangpandan, Karanganyar.

Polisi Ungkap Cara Pengedaran Upal Boyolali, Dijual hingga Modus Klenik

Pengedaran upal oleh komplotan yang tertangkap di Mojosongo, Boyolali, dilakukan dengan beberapa cara salah satunya modus klenik.

Penganut Hindu Klaten Minta Bangunan Tol Solo-Jogja Tak Tutupi Yoni

Penganut Hindu di Klaten meminta agar bangunan tol Solo-Jogja tak berada tempat di atas atau menutup yoni di tengah sawah Keprabon.

4 Jam Api Membara, Puluhan Los-Kios Pasar Janglot Sragen Jadi Arang

Kebakaran yang berlangsung selama empat jam menghanguskan puluhan los dan kios di Pasar Janglot, Kecamatan Tangen, Sragen.