Tutup Iklan

Cek Lur! Ini Daftar 34 Perusahaan Pinjol Ilegal dari Polda Jateng

Ditreskrimsus Polda Jateng mengungkapkan daftar 34 perusahaan dan aplikasi pinjaman online atau pinjol ilegal yang dilaporkan meresahkan masyarakat.

 Ilustrasi pinjol ilegal. (Freepik)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pinjol ilegal. (Freepik)

Solopos.com, SEMARANG — Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) menyatakan telah mengantongi daftar perusahaan yang diduga melakukan praktik pinjaman online (pinjol) secara ilegal.

Praktik pinjol ilegal ini sebelumnya sudah diungkap Ditreskrimsus Polda Jateng, pekan lalu. Saat itu, polisi bahkan menggerebek sebuah kantor penagihan pinjol ilegal, PT AKS, yang terletak di Jalan Kyai Mojo, Tegalrejo, Yogyakarta, Rabu (13/10/2021).

Dalam penggrebekan itu polisi mengamankan 4 orang. Mereka terdiri dari direktur perusahaan, dua orang debt collector, dan satu orang bagian HRD.

Baca juga: Jadi Korban Pinjol Ilegal? Ini Cara Lapor ke Polda Jateng

Dalam pengungkapan kasus itu, polisi juga menetapkan satu orang tersangka berinisial AKA, 26, atas kasus pengancaman, pemerasan, dan penyebaran konten porno.

Dikutip dari Suara.com, PT AKS baru beroperasi sekitar 6 bulan dengan jumlah karyawan sebanyak 200 orang. Selain ratusan karyawan, perusahaan ini juga memiliki 300 unit komputer yang digunakan untuk penagihan kepada para korban.

Dirreskrimsus Polda Jateng, Kombes Pol. Johanson Ronald Simamora, mengungkapkan total ada 34 aplikasi pinjol bodong yang masuk dalam laporan kepolisian.

“Ada 35 orang yang melaporkan kasus ini, ada 34 pinjol ilegal yang dilaporkan,” ujar Johanson, Jumat (22/10/2021).

Baca juga: Daftar 106 Pinjol Resmi Terdaftar OJK 2021, Jangan Sampai Salah Pilih!

Johanson pun membeberkan nama-nama perusahana dan aplikasinya untuk melakukan praktik pinjol yang meresahkan masyarakat.

Berikut 34 nama perusahaan aplikasi pinjol ilegal yang saat ini masuk penanganan Polda Jateng

1. Ksp Makmur Bersama

2. Dana Impian

3. Pinjaman Dompet

4. Simple Loan

5. Pinjaman Flash

6. Dana Dompet

7. Fulus Cerdas

8. Money Go

9. Pinjaman Dana Indo Ku

10. Ksp Teman Uang/Go Tunai

11. Duit Kita

12. Ada Kredit

13. Ksp Cinta Damai

14. Sukses Emas

15. Aida Dana

16. Kredit Emas

17. Ksp Tunai Impian

18. Pinjam Uang

19. Dompet Uang

20. Cashcas Now

21. Pinjam Indo

22. Kredit Emas

23. Pinjam Dana Ksp

24. Dana Harapan

25. Pinjam Mas

26. Dompet Dana

27. Dana Pro

28. Dompet Cepat

29. Dompet

30. Dompet Durian

31. Dana Tunai

32. Dompet Emas

33. Ksp Pinjam Uang

34. Ksp Dompet Dana.


Berita Terkait

Berita Terkini

Brati Grobogan Masih Banjir, Kades Lemahputih Usulkan Sudetan Sungai

Banjir yang melanda Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, hingga Selasa (7/12/2021) belum surut. Jumlah rumah dan sawah terdampak bertambah.

Ungguli Jatim, Jabar, dan DKI, Pemprov Jateng Raih Anugerah Meritokrasi

Selain Pemprov Jateng, tiga pemerintah kabupaten di Jateng juga mendapat penghargaan yakni Pemkab Purworejo, Pemkab Sragen, dan Pemkab Wonogiri dengan kategori Baik.

PPKM Level 3 Batal, Salatiga Tetap Lakukan Penyekatan Jalan

Pemerintah Kota Salatiga tetap akan menerapkan penyekatan ruas jalan di wilayahnya, kendati PPKM Level 3 nasional dibatalkan.

Air Terjun Sekar Langit Magelang, Tempat Jaka Tarub Ketemu Nawangwulan

Air Terjun Sekar Langit merupakan tetesan mata air dari puncak Gunung Telomoyo, gunung yang membatasi antara kota Salatiga dan Kabupaten Magelang yang lekat dengan legenda Jaka Tarub dan Dewi Nawangwulan.

Visitasi Kemenpan-RB, Rektor IAIN Salatiga: Kami Bertekad Jadi UIN

Dengan berubahnya status IAIN Salatiga menjadi UIN Salatiga dinilai akan memperbesar daya tampung mahasiswa.

Dua Nelayan Hilang di Perairan Mandalika Jepara, Pencarian Dilakukan

Dua nelayan yang dikabarkan hilang saat melaut di Perairan Mandalika, Kecamatan Donorojo, Jepara, hingga Selasa (7/12/2021) belum ditemukan.

Sopir Truk Tertimbun Lahar Dingin Merapi Ditemukan, Begini Kondisinya

Tim SAR gabungan berhasil menemukan jasad sopir truk pasir yang terseret arus banjir lahar dingin Gunung Merapi di Kali Bebeng, Kabupaten Magelang.

Ngaku Istri TNI, Perempuan di Banyumas Lakukan Penipuan Ratusan Juta

Seorang perempuan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), mengaku sebagai istri TNI dan melakukan penipuan hingga ratusan juta rupiah.

PPKM Level 3, Ini Sederet Aturan yang Diterapkan di Kota Semarang

Pemerintah Kota atau Pemkot Semarang, Jawa Tengah (Jateng), akan menerapkan sederet aturan untuk membatasi aktivitas masyarakat saat penerapan PPKM Level 3 pada masa libur Nataru.

Asyik! Bus Trans Banyumas Resmi Beroperasi, Ini Rutenya

Bus Trans Banyumas yang menjadi moda transportasi massal dari Kemenhub resmi beroperasi melayani tiga rute di wilayah Banyumas, Jateng.

Ribut di Lapangan,Pemain Sepak Bola di Purbalingga Dipenjara, Kok Bisa?

Dua pemain sepak bola antarkampung atau tarkam di Purbalingga dipenjara atas tuduhan penganiayaan karena bertika di lapangan saat pertandingan.

Sekolah di Kudus Tetap Beri Siswa Libur saat Nataru

Dinas Pendidikan Kabupaten Kudus tidak akan mengubah jadwal libur sekolah saat masa libur Nataru atau akhir tahun, meskipun Kemendikbudristek telah memberikan imbauan.

Siap-Siap! 4,8 Juta Pelaku Perjalanan Masuk Jateng saat Libur Nataru

Dinas Perhubungan atau Dishub Jateng memprediksi ada sekitar 4,8 juta pelaku perjalanan yang masuk ke wilayah Jateng saat libur Natal dan Tahun Baru nanti.

Sosok Bripka Rustam, Terjang Banjir Grobogan Sambil Gendong Nenek-nenek

Bhabinkamtibmas Desa Lemahputih, Kecamatan Brati, Kabupaten Grobogan, Bripka Rustam, menggendong Mbah Nasiyem, 80, keluar dari rumahnya yang terendam banjir Senin (6/12/2021) siang.

Lakukan KDRT, Pegiat HAM di Semarang Dituntut 4 Bulan Penjara

Pegiat HAM di Semarang yang juga mantan komisioner KIP Jateng, SH, hanya dituntut 4 bulan penjara atas kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).