Cek Lur, Diskumindag Sediakan Toko Online Khusus UMKM Sragen

Diskumindag Sragen meluncurkan toko online yang khusus diperuntukkan bagi pelaku UMKM lokal Sragen menjual produknya. Nama toko online tersebut adalah tukonisragen.com.

 Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah , Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Sragen, Cosmos Edhi Yunanto (dua dari kiri) dan Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Tugiyono (dua dari kanan) dalam acara launching tukonisragen.com, Senin (23/5/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah , Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Sragen, Cosmos Edhi Yunanto (dua dari kiri) dan Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Tugiyono (dua dari kanan) dalam acara launching tukonisragen.com, Senin (23/5/2022). (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Solopos.com, SRAGEN — Pelaku usaha mikro kecil dan menegah (UMKM) di Sragen kini punya lebih banyak alternatif sarana untuk menjajakan produk mereka secara daring atau online.

Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (Diskumindag) Sragen menyediakan toko online khusus UMKM Sragen, Senin (23/5/2022). Nama toko online itu adalah tukonisragen.com.

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Kepala Diskumindag Sragen, Cosmos Edhi Yunanto, menjelaskan Bumi Sukowati memiliki sekitar 63.000 UMKM. Dinasnya mengambil 176 produk dari 100 UMKM yang potensial untuk dipasarkan di tukonisragen.com.

“UMKM Sragen selama ini mau bersaing di e-commerce yang terkenal kan berat meskipun ada yang bersaing di situ. Kami memberikan alternatif marketplace bagi UMKM. Pelaku UMKM mendapatkan tambahan alternatif e-commerce untuk memasarkkan produk mereka,” kata dia.

Dia mengatakan tukonisragen.com menampilkan foto produk, alamat, nomor telepon, WhatsApp, tautan Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Nomor telepon untuk memudahkan konsumen melakukan cash on delivery (COD).

Tukonisragen.com
Toko online yang diinisiasi Diskumindag Sragen, yakni tukonisragen.com. (Solopos.com/Wahyu Prakoso)

Baca Juga: Awas, Teknofobia Bisa Hambat Kemajuan Bisnis Pelaku UMKM, Pahami Yuk! 

“Kami akan mengembangkannya secara bertahap, tak hanya 100 UMKM, namun berkelanjutan. Aplikasi ini bisa mewarnai UMKM Sragen,” paparnya.

Cosmos mengaku  telah menjalin kerja sama dengan sejumlah paguyuban UMKM serta paguyuban perantau dari Sragen. Perantau yang tak bisa pulang kampung, namun rindu dengan produk khas Sragen bisa membuka mebelinya melalui situs yang diresmikan dinas itu.

Selain tukonisragen.com, lanjut Cosmos, dinasnya meresmikan UMKM Center. Selain menjadi tempat memerkan produk UMKM Sragen, di UMKM Center ada petugas khusus yang melayani pelaku UMKM Sragen.

“Petugas membantu pelaku UMKM mengakses aplikasi, perizinan, permodalan, dan bisa membimbing kompetisi startup,” ujarnya.

Baca Juga: Puluhan Pelaku UMKM Sragen Diajak Migrasi dari Gas Elpiji ke Briket

Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Sragen, Tugiyono, mengatakan sejumlah pelaku UMKM mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19 meski pendapatan menurun drastis. Kini, UMKM itu berangsur-angsur bangkit.

“Tapi untuk mengembalikan keseluruhan perlu gagasan baru ekonomi. Go digital dan go global. UMKM kami ada yang bisa merambah dunia luar sampai Korea,” ujarnya.

Menurut dia, aparatur sipil negara (ASN) bisa mendorong upaya peningkaan ekonomi masyarakat dengan memberi contoh membeli produk di tukonisragen.com maupun membeli produk hasil petani Sragen.

“Salah satu upaya yang telah dilakukan mendukung UMKM memakai batik Goyor sebagai seragam ASN yang merupakan produk pelaku UMKM Sragen,”jelasnya.

Baca Juga: Ada 54.000 UMKM Sragen Terdampak Pandemi, Ini Langkah Dinkop UKM

Berdasarkan penelusuran Solopos.com di laman tukonisragen.com terdapat sejumlah produk yang ditawarkan. Di antaranya produk kuliner, fesyen, dan kerajinan tangan.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Perputaran Uang di CFS Wonogiri Menurun Drastis, Ini Sebabnya

Perputaran uang di Car Free Sunday (CFS) Wonogiri pada Minggu (3/7/2022) menurun drastis.

Walah! Ternyata Banyak Warga Solo Yang Belum Tahu Aplikasi MyPertamina

Sejumlah warga Solo mengaku belum mengetahui ada aplikasi MyPertamina maupun cara menggunakanya.

Berputar 2 Menitan, Puting Beliung Terjang Ngargoyoso Karanganyar

Puting beliung yang bertiup selama kurang lebih dua menit mengakibatkan satu rumah warga Desa Berjo, Ngargoyoso, Karanganyar, rusak di bagian atap.

3.144 Orang Langgar Aturan Lalin Selama Operasi Patuh 2022 di Wonogiri

Selama Operasi Patuh Candi 2022 di Kabupaten Wonogiri, sebanyak 3.144 orang melanggar peraturan lalu lintas.

PPDB SMA Solo: Laweyan Tak Ada Kelas Virtual, Ini Alasan Disdik Jateng

Disdik Jateng mengaku belum ada kelas virtual untuk para calon siswa di Kecamatan Laweyan, Solo, yang tidak memiliki SMA negeri, apa alasannya?

Cadas! Nyanyi Di Sukoharjo, Eks Vokalis Boomerang Panjat Tiang 15 Meter

Penyanyi rock kawakan eks vokalis Boomerang, Roy Jeconiah, melakukan aksi tak biasa saat manggung di Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo, Minggu (3/7/2022).

Disdik Jateng: Tak Ada Zonasi Khusus PPDB Pasar Kliwon-Laweyan Solo

Disdik Jateng memastikan tidak ada zonasi khusus untuk wilayah kecamatan yang tidak memiliki SMA negeri seperti Pasar Kliwon dan Laweyan, Kota Solo, pada PPDB tahun ini.

Geramnya Gibran Soal Pelecehan Seksual JKT 48: The Park Itu Bukan Solo!

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memberikan klarifikasi ihwal penyebutan Solo sebagai lokasi insiden pelecehan seksual yang dialami personel JKT48 saat konser.

Alasan Rudy Solo Sebut Ganjar Pranowo Presiden ke-8 RI

Inilah alasan di balik pernyataan Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, yang menyebut Ganjar Pranowo menjadi presiden kedelapan RI.

Soal Pilpres 2024, Rudy Solo: Golek Presiden Angel, Nganggo Mitos Wae

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mendoakan Ketua Umum DPP PDIP agar mempercayai mitos dalam menentukan capres di pilpres 2024.

Rumus Otak-Atik Gatuk Rudy Solo Sebut Ganjar Pranowo Presiden ke-8

Inilah rumus otak-atik gatuk ala Rudy yang dengan lantang menyebut Ganjar Pranowo sebagai presiden kedelapan RI.

Bermalam di Jl. Mayor Kusmanto Demi Jaga Lapak Jualan di CFD Klaten

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Klaten, Supriyono, menjelaskan PKL hanya diperbolehkan menempati kawasan paving di kedua sisi Jl. Mayor Kusmanto.

Lantang! Rudy Solo: Ganjar Pranowo Presiden ke-8 RI

Ketua DPC PDIP Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, memprediksi Ganjar Pranowo menjadi presiden kedelapan RI.

Warga Sragen Meninggal Tak Wajar: Mayat Sujud Tapi Kepala Masuk Ember

Warga Sragen diduga meninggal secara tak wajar karena posisi mayatnya seperti sujud, namun kepalanya berada di dalam ember di kamar mandi.

Makam Jenazah Warga Sragen Dibongkar, Meninggal Tak Wajar?

Jenazah warga Sragen yang diduga meninggal tak wajar diautopsi setelah kuburannya dibongkar.