SOLOPOS.COM - Gambar keidahan langit malam diambil dari Instagram @theourspace, Minggu (6/9/2020). (Instagram-@theourspace)

Solopos.com, SOLO-5 buah planet terletak dalam posisi sejajar dan terlihat dari Bumi. Fenomene alam unik terjadi Senin-Selasa (2728/3/2023). Jadi, jika langit di daerahmu nanti malam cerah kamu masih bisa melihatnya selepas salat tarawih.

Lima planet yang nampak itu adalah Merkurius, Venus, Uranus, Jupiter dan Mars. Kelimanya akan berderet sejajar dalam formasi busur di samping Bulan.

Promosi Bukan Mission Impossible, Garuda!

Fenomena ini pun dapat dilihat langsung dengan mata kepala, tanpa harus menggunakan alat bantu khusus. Apabila Anda tertarik untuk melihat kelima planet pada malam nanti, maka yang perlu di perhatikan adalah waktu, cahaya dan pandangan cakrawala yang jelas.

Dikutip dari Sciencealert, Venus akan paling mudah dilihat dengan mata telanjang, karena merupakan objek paling terang ketiga di langit, setelah Matahari dan Bulan.

Namun beberapa planet lain seperti Uranus dan Merkurius, mungkin lebih sulit dilihat. Sedangkan Jupiter mungkin tidak akan terlihat saat matahari terbenam dan akan hilang bawah sinar matahari setelah tanggal 28.

Adapun Saturnus dapat terlihat pada malam gelap atau sebelum fajar. Apabila beruntung, Anda dapat melihat planet ini berada di ufuk timur tepat sebelum matahari terbit.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Fenomena 5 Planet Sejajar Terjadi Malam Ini, Bisa Dilihat Langsung di Langit!”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya