SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, TEMANGGUNG — Pemeriksaan kesehatan petugas panitia pemilihan kecamatan (PPK) beserta para petugas pengamanan dalam rekapitulasi suara di tingkat kecamatan di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah melibatkan Tim ‎Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polres Temanggung.

Kabag Ops Polres Temanggung Kompol Edy Suprapto mengatakan pemeriksaan kesehatan itu dilakukan polisi untuk mengantisipasi timbulnya korban dalam rekapitulasi suara Pemilu 2019 di tingkat kecamatan setempat. Berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukaan, tidak ada petugas yang mengalami drop dan harus menghentikan aktivitasnya. Beberapa petugas memang mengalami kelelahan, tetapi masih dalam kewajaran.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Tidak ada yang sampai drop berlebihan. Memang proses penghitungan suara ini menguras tenaga dan pikiran, butuh kesabaran dan fisik kuat,” kata Edy Suprapto di Temanggung, Jawa Tengah, Selasa (23/4/2019). Ia menyebutkan dalam proses rekapitulasi di tingkat kecamatan terdapat 15 personel Polri yang disiagakan di setiap kecamatan. Total dengan TNI dan Linmas 25 personel di setiap kecamatan.

Perwira Urusan Kesehatan Dokkes Polres Temanggung Ipda Dandeok Goetomo‎ mengatakan pihaknya merupakan satuan tugas yang diberi tugas khusus oleh Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Jateng untuk melakukan pemeriksaan kesehatan personel PPK dan seluruh petugas yang mengamankan jalannya rekapitulasi suara di tingkat kecamatan di Kabupaten Temanggung.

Menurut dia, dari hasil pemeriksaan, banyak petugas yang mengalami kelelahan, tetapi hasil pemeriksaan mayoritas ‎masih dalam batas toleransi. Ia menuturkan beberapa petugas ditemukan menderita flu ringan. Virus flu menyerang karena daya tahan tubuh sedang menurun.

“Karena kelelahan, daya tahan tubuh menurun. Karena itu, kami berikan suplemen vitamin, yang flu sedang kami berikan obat juga. Tetapi secara garis beras semua masih dalam batas normal,” katanya.

Pihaknya saat ini lebih mengintensifkan pemeriksaan kesehatan bagi para penyelenggara maupun petugas pengamanan dalam tahapan proses penghitungan suara. “Kami rutin patroli kesehatan, mengecek kesehatan mereka, juga kita cek apakah P3K yang tersedia mencukupi atau tidak,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya