SOLOPOS.COM - Ilustrasi keberangkatan jamaah haji (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Kanalsemarang.com, TEMANGGUNG—Sebanyak 468 calon haji di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, menjalani pemeriksaan kesehatan oleh tim medis Dinas Kesehatan setempat.

Ketua tim pemeriksaan kesehatan, Eddy Rakhmatto, di Temanggung, Selasa, mengatakan pada pemeriksaan tersebut, selain diperiksa secara fisik, calon haji juga mendapat suntikan vaksin miningitis dan influenza.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Imunisasi miningitis merupakan wajib bagi orang yang akan ke Tanah Suci, sedangkan influenza sifatnya dianjurkan,” katanya.

Ia mengatakan, pemeriksaan kesehatan dibagi dalam tiga tahap, yakni Senin (11/8/2014), Selasa (12/8/2014), dan Rabu (13/8/2014). Senin untuk calhaj dari Kecamatan Bejen, Candiroto, Gemawang, Jumo, Tretep, Wonoboyo, Kledung, Bansari, Ngadirejo, Pringsurat, tembarak, Tlogomulyo dan Kandangan sebanyak 155 orang.

Pada Selasa untuk calhaj dari Kecamatan Bulu, Kedu, Kranggan, Pare, Kaloran, Tepusen, Parakan dan Traji dengan jumlah 159 orang, sedangkan Rabu untuk sebanyak 154 calhaj asal Kecamatan Temanggung dan Selopampang.

Ia menuturkan, pemeriksaan tersebut meliputi fisik, hemoglobin, tes kehamilan, gula darah, kolesterol, tekanan darah, dan asam urat.

“Vaksinasi miningitis gratis sedangkan vaksinasi influensa dikenakan biaya Rp150.000 per orang,” katanya.

Ia mengatakan vaksin yang dimasukkan saat imunisasi akan mulai evektif minimal 10 hari setelah disuntikkan karena telah membentuk antibodi dan bertahan selama dua tahun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya