Tutup Iklan
Cek Fakta: Triliunan Manusia Panjat Dinding Gedung DPR dan Monas?
Foto Gedung DPR Dikerumuni manusia, hoax. (Istimewa) cek fakta

Solopos.com, SOLO - Beredar informasi Gedung DPR dan Monas Jakarta didatangi triliunan manusia pada Kamis (16/7/2020). Informasi itu berupa foto yang diunggah akun Wasgen Ramada Boy.

Heboh Kentut Member Twice Dijual Rp300.000? Cek Faktanya

"16 Juli 2020 Jakarta putih.. Triliunan manusia membludak memenuhi dinding Gedung DPR dan tiang Monas," tulis akun itu.

Heboh Kentut Member Twice Dijual Rp300.000? Cek Faktanya

Cek Fakta

Dalam artikel medcom.id berjudul [Cek Fakta] Foto Triliunan Manusia Membludak Memenuhi Dinding Gedung DPR? Ini Faktanya pada 17 Juli 2020, dijelaskan bahwa foto tersebut hasil suntingan.

Foto aslinya, adalah foto momen terkait dengan aksi 2 Desember 2016 atau 212. Di foto asli, massa berpakaian putih-putih itu memenuhi jalan M.H. Thamrin di sekitaran gedung Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi serta Kementerian Agama.

Foto editan ini, pernah diunggah disitus melekpolitik pada 3 Desember 2019 di artikel berjudul “Parah! Jumlah Peserta Reuni 212 Di-Mark Up Wan Aibon, Apalagi Jumlah Anggaran”

Foto ini dikaitkan dengan pertanyaan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan soal jumlah peserta Reuni 212 sebanyak ratusan ribu yang kemudian dikoreksi Anies dengan menyebut jutaan jumlah peserta yang hadir.

Foto asli, diunggah Anggota DPD dari DKI Jakarta, Fahira Idris pada 2 Desember 2016. Fahira menulis keterangan foto itu terkait dengan aksi 2 Desember 2016 atau 212.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Pasang Baliho