Cek Fakta: Surat Panggilan Calon Karyawan Pertamina DIY & Solo Hoax

 Hoas surat Pertamina DIY dan Solo. (Istimewa)

SOLOPOS.COM - Hoas surat Pertamina DIY dan Solo. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Surat panggilan yang mengatasnamakan PT Pertamina (Persero) Daerah Istimewa Yogyakarta dan Surakarta beredar ke sejumlah alamat email dan Whatsapp. Surat yang diberi nomor 816/SDM-31704/2020 itu berisi enam lampiran yang tertulis untuk kepentingan panggilan tes seleksi “rekrutmen” karyawan PT Pertamina (Persero).

PromosiMandau Terbang dan Jejak Peradaban Logam di Kalimantan

Surat tersebut memuat keterangan bahwa telah dilakukan evaluasi terhadap lamaran kerja dari si penerima surat. Surat tersebut dikemas seolah-olah surat resmi, lengkap dengan nama penerima dan keterangan kapan akan dilaksanakan tes tahap berikutnya yaitu wawancara.

Selain calon karyawan diminta membawa surat panggilan tes interview, identitas diri, dan pas foto terbaru.

Bagi mereka yang dinyatakan lulus maka akan langsung tes kesehatan pada keesokan harinya di tempat yang belum diinformasikan.

Cek Fakta: Hati-Hati! Link Pendaftaran Kartu Indonesia Pintar Hoax

Cek Fakta

Berdasarkan penelusuran tim Cek Fakta Solopos.com, Senin (31/8/2020), surat serupa juga beredar beberapa kali dengan format yang berbeda-beda. Pertengahan Januari 2020 beredar surat pengumuman lowongan pekerjaan di sejumlah posisi seperti Bimbingan Profesi Sarjana hingga Bimbingan Keahlian Juru Teknik.

Sedangkan untuk surat yang beredar mengatasnamakan PT Pertamina DIY dan Surakarta, laman resmi Kemenkominfo telah melakukan konfirmasi bahwa surat tersebut adalah tidak benar.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman, dalam wawancara dengan Liputan6.com, Minggu (31/8/2020), juga mengkonfirmasi surat tersebut tidak benar. "Kami memang belum membuka lowongan baru saat ini. Selain itu kami juga selalu menginformasikan lowongan melalui akun media sosial resmi Pertamina dan website recruitment.pertamina.com," ujar Fajriyah.

Cek Fakta: Tidak Benar Ustaz Yusuf Mansur Meninggal Dunia

Fajriyah menyatakan sudah banyak penipuan dengan modus surat panggilan seperti ini. "Yang jelas PT Pertamina tak pernah memakai pihak ketiga untuk perekrutan karyawan dan tak pernah memungut biaya calon karyawan. Kami berharap masyarakat tidak mudah percaya dengan surat panggilan atau lowongan dari PT Pertamina. Jika memang ragu bisa menghubungi kami di 1-500-000."

Berita Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Event Wisata & Budaya Solo Digadang-gadang Tarik Minat Banyak Wisatawan

Pada masa pandemi, perlu ada beberapa penyesuaian untuk mendukung faktor kesehatan dalam pelaksanaan event-event besar di Kota Solo.

Doa Ketika Mendengar Ramalan Buruk Menurut Ajaran Islam

Berikut ini terdapat doa ketika Anda mendengar ramalan buruk menurut ajaran Islam, sebagaimana diungkap Nahdlatul Ulama (NU).

Eks TPA Gebangharjo Wonogiri Disulap Jadi Objek Wisata Bukit New Sogi

Objek wisata di eks TPA Gebangharjo saat ini dimanfaatkan sebagai tempat berkumpul anak muda yang tinggal di wilayah sekitar.

Jadwal Bioskop XXI Hari Ini (29/1/2022): Weekend, Filmnya Seru-seru

Berikut ini jadwal bioskop XXI hari ini, Sabtu, 29 Januari 2022 di Kota Solo dan beberapa kota lainnya. Apa saja film yang tayang?

Lirik Lagu di Sana Menanti di Sini Menunggu - Duo Ageng

Berikut ini lirik lagu di Sana Menanti di Sini Menunggu dari Duo Ageng feat Ageng Music, yang telah tayang pada Senin, 24 Januari 2022 di Youtube dan ditonton lebih dari 390.000 kali.

Asyik! Kota Madiun Punya Objek Wisata 5 Ikon Negara di Dunia

Ada lima ikon negara di dunia yang bakal dibangun di Kota Madiun dan saat ini yang sudah berdiri adalah patung Merlion dan Kakbah.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Cek Pemadaman Listrik Wonogiri Hari ini

Berikut ini jadwal pemeliharaan dan pemadaman listrik yang terjadi di Wonogiri, Jawa Tengah, pada hari ini, Sabtu, 29 Januari 2022.

Damkar Sukoharjo Gandeng Semua Perusahaan Punya Hidran Jadi Mitra

Sekitar 20 perusahaan yang berdiri di Sukoharjo saat ini sudah menandatangani MoU dengan Damkar Sukoharjo dalam hal penanganan kebakaran.

Sensasi Makan Pentol Bakar 1 Meter di Sriwedari Solo, Pedasnya Nampol!

Seorang pedagang kuliner di selter barat Pengadilan Negeri Solo membuat inovasi unik yakni pentol bakar sepanjang 1 meter yang tidak hanya enak tapi juga mengenyangkan.

Dihapus pada 2023, Ini Jumlah Pegawai Honorer Pemkot Solo

Pegawai honorer atau tenaga kontrak dengan perjanjian kerja (TKPK) di Kota Solo masih sangat dibutuhkan untuk memenuhi kekurangan jumlah PNS.

Polisi Kupang Tambal Jalan Demi Cegah Kecelakaan

Penambalan jalan merupakan bagian dari Polri Presisi.

Polda Jabar Bekuk Tokoh Perusuh di Depan Mapolda

Sejumlah orang tersebut, kata dia, diduga memimpin aksi ormas GMBI hingga menimbulkan kericuhan.

Selamatkan Perempuan dari Bunuh Diri, Sopir Bus Dihadiahi Penghargaan

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian mengundang Khaerun ke Balai Kota Jakarta sebagai bentuk apresiasi.

Modus Baru Penipuan, Pura-Pura Ditabrak lalu Menuduh Korban Pencuri

Modus baru penipuan dengan menjadi korban tabrak lari dan menuduh korban sebagai pencuri menjadi perhatian banyak orang.

Puluhan Pegawai KAI Daop 6 Yogyakarta Jalani Tes Deteksi Narkoba

Puluhan pegawai PT KAI Daop 6 Yogyakarta dari jajaran masinis hingga top management menjalani tes urine deteksi narkoba.

Jalan TMMD Bisa Pangkas Jarak di Sendangmulyo Wonogiri 8,5 Kilometer

TMMD akan membangun jalan baru berstruktur makadam yang menghubungkan Dusun Kraguman dengan Dusun Sendang.