Cek Fakta: Pesawat N250 BJ Habibie Jatuh di Tol Banyumanik? Ini Faktanya
Pesawat N250 Gatot Kaca karya BJ Habibie tersangkut di Gardu Tol Semarang, Kamis (20/8/2020). (Twitter/@ChoSnoop)

Solopos.com, SOLO -- Sejumlah channel di Youtube mengunggah kabar pesawat N250 karya BJ Habibie jatuh di Tol Banyumanik, Semarang. Salah satu pengungghnya adalah Alimil Hakim Ahmad dalam video berdurasi 21 detik.

Video tersebut diberi judul Gerbang tol//. dijalan tol banyumanik semarang yang tayang pada 21 Agustus 2020.

"Telah terjadi pesawat jatuh di tol Banyumanik, salah jalur. Ini pilotnya sekolahe nembak, SIM-e, dadine masuk ke pintu tol. Waduh, kasian pengendara mobil lainnya ini," demikian narasi yang disampaikn dalam video tersebut.

Cek Fakta: Benarkah PDIP Solo Makzulkan Gibran Putra Jokowi?

Cek Fakta

Diperiksa Tim Cek Fakta Solopos.com, Rabu (26/8/2020), narasi pesawat N250 terjatuh adalah salah. Fakta sebenarnya dari kejadian itu adalah pesawat tersebut dibawa ke Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala (Muspusdirla) Yogyakarta, Kamis (20/8/2020) malam.

Pesawat N250 Gatot Koco karya almarhum Presiden ke-3 RI, BJ Habibie, sempat tersangkut di grdu Tol Semarang. Pesawat tersebut sempat tersangkut di Gardu Tol Banyumanik, Semarang, sekitar pukul 19.30 WIB. Alhasil, perjalanan pesawat BJ Habibie yang akan dipamerkan di museum itu pun sempat terkendala beberapa jam.

Kabar ini dikonfirmasi Direktur PT Trans Marga Jateng (TMJ) selaku pengelola Tol Semarang-Solo, David Wijayanto, ke Semarangpos.com.

"Benar memang sempat tersangkut di gardu tol paling kiri. Soalnya, gardu tol yang paling kiri itu kecil. Tapi, setelah pindah ke gardu tol yang sebelah kanan bisa jalan [melewati]," ujar David kepada Solopos.com, Jumat (21/8/2020).

David mengatakan pesawat BJ Habibie itu tidak berhasil melewati gardu tol karena ketinggiannya yang melebihi batas. Sehingga, truk pengangkut pesawat pun harus mundur dan melintas lewat gerbang yang lebih tinggi.

"Dialihkan ke gardu paling kanan, yang lebih besar," ujarnya.

Pesawat N250 Gatot Kaca merupakan pesawat kebangaan Indonesia pada masa Orde Baru. Pesawat itu saat ini diserahkan ke Muspusdirla Yogyakarta setelah di potong menjadi beberapa bagian agar mudah diangkut dengan menggunakan truk.

Pesawat itu rencana diserahterimakan ke Muspusdirla Yogyakarta pada 25 Agustus nanti. Acara serah terima rencana dihadiri Panglima TNI, Kepala Staf TNI Angkatan Udara, dan jajaran direksi PT Dirgantara Indonesia.

Cek Fakta: Klaim Klepon Tidak Islami False Flag & Sosok Abu Ikhwan Aziz?

Kesimpulan

Klaim video pesawat N250 terjatuh di jalan Tol Banyumanik adalah tidak benar. Video yang beredar saat truk pengangkut badan pesawat N250 Gatotkaca dari Jakarta menuju Yogyakarta kesulitan melintas di Gerbang Tol Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah, akibat ukuran muatan yang terlalu besar.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom