Kategori: Cek Fakta

Cek Fakta: [Hoaks] Kaesang Calon Wali Kota Solo: Daging Babi Enak


Solopos.com/Jafar Sodiq Assegaf

Solopos.com, SOLO -- Akun Twitter @fadlannuuwaar mengunggah gambar yang memuat narasi Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, seolah-olah menyebut daging kambing seperti jengkol busuk. Gambar itu diunggah Minggu (3/8/2020) sempat menjadi viral dibagikan ke sejumlah grup Whatsapp.

Gambar yang diunggah memperlihatkan foto Kaesang dengan wanita yang diketahui bernama Felicia Tissue.

Foto itu seolah menjadi bagian dari berita berjudul “Kaesang Jokowi: Daging babi enak daging kambing kaya jengkol busuk!” Ada keterangan yang membuat berita itu diterbitkan di kanal Peristiwa.

Pengunggah foto tersebut, Fadlan R Garamatan, menambahkan keterangan “Inikah Walikota Solo, sungguh merugi Solo memilihnya, kecuali dengan Kecurangan dan Kebohongan yang memenangkannya.

Postingan Kasang soal makan babi dan kambing. (Istimewa/Twitter)

Saat ditilik kembali, Senin (3/8/2020) sore, diketahui postingan tersebut tak ada lagi di timeline akun @fadlannuuwaar. Akun ini juga tak menerangkan apakah postingan tersebut sengaja dihapus atau tidak. Akun ini juga tak memberi klarifikasi.

Dalam keterangan bio, akun ini menyebut dirinya Presiden Al-Fatih Kaaffah Nusantara (AFKN) di Nuu Waar, Irian Jaya. Akun yang dibuat Desember 2011 mengaku sebagai Dai di pedalaman Nuu Waar.

Cek Fakta: Drama Corona, Kenapa di Indonesia Tak Ada Pasien Bergelimpangan?

Cek Fakta

Dari hasil penelusuran Solopos.com, gambar yang diunggah @fadlannuuwaar adalah postingan lama. Gambar ini adalah kabar palsu dari rekayasa atau manipulasi gambar. Hoaks ini sempat dikonfirmasi sejumlah media online.

Gambar rekayasa tersebut merujuk pada artikel yang dimuat Tempo dengan judul "Makan Daging Babi, Ini Komentar Kaesang Jokowi". Artikel itu sudah dipublikasikan pada 22 November 2014.

Artikel ini disusun berdasarkan tulisan di blog Kaesang, misterkacang.blogspot.com. Dalam salah satu artikel di blognya, ada pengalaman yang ditulis pada 5 Maret 2013 dengan judul: “Suka Duka Pertama Kalinya Sekolah di Singapore.”

Situs Detik.com pada 28 November 2019 juga sempat mengutip artikel yang sama di blog Kaesang. Detik memuat artikel berjudul “Tak Sengaja Makan Daging Babi Juga Pernah Dialami oleh Kaesang Pangarep hingga Ulama Besar”. Di artikel tersebut, Kaesang disebutkan tidak sengaja makan daging babi.

Cek Fakta: Klaim Klepon Tidak Islami False Flag & Siapa Abu Ikhwan Aziz?

Bukan Wali Kota atau Cawali

Selain memuat konten yang dimanipulasi, akun @fadlannuuwaar juga menulis informasi yang keliru. Pasalnya, Kaesang bukan Wali Kota Solo.

Begitu pula jika yang dimaksud adalah calon Wali Kota Solo. Pasalnya, yang maju dalam kontestasi Pemilihan Calon Wali Kota Solo adalah putra pertama Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, atau kakak kandung Kaesang.

Dimodifikasi pada Senin, 3 Agustus 2020 21:28

Share
Dipublikasikan oleh
Jafar Sodiq Assegaf