Cek Fakta: Foto Jurnalis Solopos.com Dicatut Jadi Janda Dory Harsa
Foto cover yang dipakai channel Youtube Big Video yang mencatut foto jurnalis Solopos.com, Chelin Indra Sushmita. (Istimewa/Youtube)

Solopos.com, SOLO — Channel Youtube Big Video mengunggah konten yang menerangkan soal sosok mantan istri penyanyi Dory Harsa. Akun ini mengkompilasi sejumlah video dan foto yang beberapa diantaranya justru bukan sosok mantan istri Dory Harsa.

Big Video adalah channel Youtube yang dikelola secara anonim. Akun ini memuat konten yang sebagian besar berasal dari kompilasi video-video dan foto dengan gaya peyusunan yang terbilang acak.

Video ini mengandalkan narasi suara untuk memandu penonton mengerti tema apa yang dibawakan dalam setiap konten. Sedangkan foto dan video yang dikompilasi hanya dipakai untuk ilustrasi.

Hampir dari keseluruhan konten yang dimuat Big Video tidak menyertakan sumber video atau foto yang diambil. Termasuk video berjudul Terungkap, Inilah Sosok Mantan Istri Dory Harsa yg Kecantiknya Mulai Dibandingkan dg Nella Kharisma.

Konten yang diunggah 29 Juni 2020 ini memuat kompilasi video Nella Kharisma, Dory Harsa, dan sejumlah foto yang entah diambil dari mana. Salah satu foto yang dimuat dalam konten tersebut adalah seorang jurnalis Solopos.com, Chelin Indra Sushmita.

Foto Chelin muncul di menit 00:55, 1:50, dan 2:56. Bahkan foto Editor Solopos.com ini sempat menjadi thumbnail atau gambar kecil yang berfungsi sebagai penampil file atau sampul video.

Dory Harsa Dipecat Sejak Maret, Putus Komunikasi dengan Keluarga Didi Kempot

Pengakuan Chelin

Saat kali pertama melihat konten tersebut Chelin mengaku kaget. Meski begitu dirinya tak marah, hanya merasa lucu.

Chelin mengaku tahu dirinya disebut janda Dory Harsa pada Kamis (17/9/2020) saat dikirimi video tersebut oleh temannya. Sedangkan konten diterbitkan Juni 2020.

Unggahan channel Youtube Big Video yang mencatut foto jurnalis Solopos.com, Chelin Indra Sushmita. (Istimewa/Youtube)
Unggahan channel Youtube Big Video yang mencatut foto jurnalis Solopos.com, Chelin Indra Sushmita. (Istimewa/Youtube)

Chelin sebenarnya berniat melaporkan video tersebut. Namun karena prosedur pelaporan untuk konten Youtube cukup rumit jadi dirinya urung melakukan.

Dirinya lantas mencoba meluruskan lewat kolom komentar di unggahan tersebut. “Komen aja sih di videonya itu. Dibantu teman-teman juga, ikut komen,” katanya.

Saat ditanya kemungkinan apakah dirinya pernah menikah dengan Dory, Chelin langsung menyangkal. “Ora [tidak] pernah lah!” Katanya.

Menurutnya pemasangan foto ini bisa saja merugikan. “Sampai orang-orang terdekatku tanya soal ini. Hlo kok bisa begini..” ungkapnya.

Sebelum fotonya diambil untuk ilustrasi sosok janda Dory Harsa, foto Chelin pernah dipakai untuk ilustrasi istri Didi Kempot, Dian Ekawati. Insiden ini terjadi lantaran dirinya pernah menulis berita bertajuk So Sweet! Dian Ekawati Temani Didi Kempot Rilis Stasiun Balapan.

“Mungkin karena yang membahas itu cuma aku. Jadi yang keluar di Google Image katut fotoku,” sebutnya.

Sudah Nikah, Dory Harsa Dihujat Tapi Nella Kharisma Banjir Selamat

Tulis Konsen tentang Dory

Chelin sempat beberapa kali menyusun berita-berita tentang Dory Harsa. Seperti berita berjudul Dory Harsa Nikah Lagi, Mantan Istri: Senyumin Aja. Pada medio 2019, Chelin juga kerap mengulas sosok Dory Harsa saat belum sepopuler sekarang.

Chelin menulis Senyum Dory Harsa Bikin Emak-Emak Kelepek-Kelepek dan Fasih Berbahasa Jawa, Dory Harsa Makin Dicintai. Kedua artikel ini menarik banyak pembaca. Sampai-sampai, jika Anda mengetik nama “Dory Harsa” di Google Image, maka foto Chelin juga akan ikut muncul.

Hal ini bisa terjadi lantaran dalam setiap berita yang dimuat Solopos.com, foto identitas Editor bakal selalu disertakan. Barangkali ini yang membuat pengelola Youtube Big Video terkecoh.

Big Video mungkin mengambil langsung foto yang tampil di laman Google Image tanpa membuka situs Solopos.com yang memuat foto tersebut. Nyatanya aksi comot tanpa pemeriksaan lebih lanjut ini yang membuat informasi yang disajikan Big video tak akurat.

Dory Harsa dan Nella Kharisma Nikah, Netizen Minta Foto Akad Sampai Tuding Murtad

Kumpulan Konten

Terlepas dari salah comot foto, jika konten ini dibedah, maka sebagian besar isinya berasal dari video dan foto-foto yang beredar liar di Instagram. Meskipun, sebagian kecil juga diambil dari akun resmi Dory Harsa atau Nella Kharisma.

Video dibuka dengan vlog yang memperlihatkan Nella Kharisma bersama sejumlah kru dengan peralatan perekaman foto dan video.

Selanjutnya, video hanya menampilkan slide foto-foto beberapa perempuan yang diberi keterangan sebagai mantan istri Dory Harsa. Dalam beberapa slide, foto Dory Harsa juga disertakan.

Video lantas menampilkan Dory Harsa yang tampak mesra dengan perempuan. Di foto itu, Dory tampak lebih muda dari penampilannya sekarang.

Ada pula foto Dory bersama seorang perempuan mengangkat buku nikah. Selanjutnya juga disertakan foto dua anak kembar yang disebut-sebut sebagai anak Dory Harsa.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom