Warga lintas lembaga menanam pohon buah di lereng Gunung Gandul sebelah utara, Kelurahan Giriwono, Wonogiri, Sabtu (7/12/2019). (Istimewa)

Solopos.com, WONOGIRI Sebanyak 1.000 batang bibit pohon buah ditanam di lereng Gunung Gandul sebelah utara, di Kelurahan Giriwono, Wonogiri, Sabtu (7/12/2019). Penanaman buah itu dilakukan sebagai bentuk antisipasi supaya kera tak turun ke permukiman saat musim kemarau.

Penanaman pohon itu melibatkan puluhan orang lintas lembaga, mulai dari Sukarelawan Tanggap Bencana (Tagana) Wonogiri, Perhutani, Komunitas Info Cegatan Wonogiri, dan masyarakat sekitar lereng. Bibit itu ditanam saat memasuki musim hujan agar bisa tumbuh maksimal. Ada 1.000 bibit buah yang ditanam, mulai dari pohon sawo, jambu mete, cokelat, sirsak hingga pete.

“Kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu ketersediaan pangan untuk kera di habitatnya asalnya. Dengan demikian, diharapkan kera itu tidak lagi turun ke permukiman untuk mencari makanan,” kata Koordinator Tagana Wonogiri, Sugiyanto, saat dihubungi Solopos.com.

Sugiyanto menjelaskan setiap musim kemarau sering terjadi serangan kera mendatangi permukiman untuk mencari makanan. Kehadiran mereka tak jarang merusak bangunan rumah. Kejadian itu hampir setiap hari terjadi di permukiman lereng Gundung Gandul.

Sugiyanto berharap masyarakat setempat turut menjaga agar bibit itu bisa tumbuh besar dan berbuah. “Kita melibatkan warga sekitar dengan tujuan pasca-penanaman warga bisa melakukan perawatan sehingga pohon bisa sampai berbuah,” harap dia.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten