Karyawan Astra Motor Jateng tengah memberikan pengarahan terkait safety riding kepada anggota komunitas Honda di Kantor Main Dealer Astra Motor Jateng, Minggu (24/11/2019). (Semarangpos.com-Astra Motor Jateng)

Solopos.com, SEMARANG — Berbagai kegiatan digelar Astra Motor Jawa Tengah (Jateng) sebelum agenda Honda Bikers Day (HBD) 2019 di Lapangan Panglima Besar (Pangsar) Jenderal Sudirman, Ambarawa, Kabupaten Semarang, Sabtu (30/11/2019).

Salah satunya adalah kegiatan ‘Cari Aman #GasKeHondaBikersDay’ untuk komunitas pengendara sepeda motor Honda di Jateng. Kegiatan yang digelar di Kantor Main Dealer Astra Motor Jateng, Kota Semarang, Minggu (24/11/2019) itu, digelar agar komunitas pengendara sepeda motor Honda untuk tetap mengedepankan keselamatan berkendara, terutama saat melakukan perjalanan ke event HBD 2019.

Kegiatan ini diikuti 75 peserta yang berasal dari berbagai komunitas dan tipe motor Honda yang tergabung dalam Paguyuban Honda Semarang (Phas), Paguyuban Honda Kudus (PHK), Pemalang Honda Association (Phondation), Paguyuban Motor Honda Jepara (PMHJ), dan Paguyuban Motor Honda Salatiga (PMHS).

Dalam kegiatan ini, para komunitas Honda diberi pembekalan mengenai safety ridingsafety touringBasic Life Support Training dan penjelasan teknis mengenai kegiatan Honda Bikers Day 2019.

Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, Oke Desiyanto, mengingatkan kembali kepada para anggota komunitas yang sudah sering melakukan kegiatan touring, mengenai peran dan fungsi dari road captain dan sweeper, serta sweeper pembantu.

“Jaga jarak aman dengan bikers di depan dan belakang kalian sepanjang dua detik. Mengapa tidak menggunakan satuan jarak yang umum seperti meter? Karena satuan waktu lebih mudah dihitung oleh bikers daripada satuan jarak, apalagi saat kecepataan tempuh, kontur jalan dan kondisi berbeda. Jarak ini juga harus kita dipertahankan demi keamanan dan keselamatan peserta lain, yaitu menjaga akses komunikasi antar-bikers dalam satu rombongan jika terjadi sesuatu di jalan raya,” terang Oke.

“Idealnya, satu rombongan terdiri dari 10 orang dan dilengkapi dengan road captain, sweeper dan sweeper pembantu. Jadi kalau rombongan semakin besar, maka sebaiknya menambah jumlah road captain dan sweeper. Kembali lagi hal ini ditujukan untuk keselamatan bikers di jalan raya,” tambah Oke.

Komunitas Honda Jateng juga diimbau untuk berangkat ke HBD 2019 via Ring Road Ambarawa sesuai dengan rekayasa lalu lintas yang sudah disiapkan panitia. Selain itu, tim Astra Motor Jateng juga mengingatkan untuk melakukan pendaftaran HBD dengan mengunduh aplikasi Welovehonda, lalu klik fitur Honda Community ID (HCID) melalui Playstore di smartphone Android dan App Store.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten