SOLOPOS.COM - Bus memasuki Terminal Ir Soekarno Klaten, Jumat (18/9/2020). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -Petugas di Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten rutin memantau suhu tubuh pemudik saat libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Pemantauan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan guna mencegah persebaran virus corona.

Kepala Terminal Tipe A Ir. Soekarno Klaten, Marjono, mengatakan setiap pemudik dari luar daerah yang turun di terminal setempat selalu didata petugas. Pendataan meliputi pengisian identitas diri, daerah asal, daerah tujuan, dan nomor telepon. Setiap pemudik juga diwajibkan menaati 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan rutin mencuci tangan pakai sabun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Perpustakaan Kota Solo Tetap Buka Selama Libur Nataru

"Semua yang di terminal sini wajib menaati protokol kesehatan. Tak hanya pemudik, para petugas pun juga diwajibkan menaati protokol kesehatan saat melakukan pendataan," katanya, saat ditemui Solopos.com, di terminal setempat, Selasa (22/12/2020).

Marjono mengatakan para pemudik yang datang di Terminal Tipe A Ir. Soekarno juga harus bersedia diperiksa suhu tubuh dengan menggunakan thermo gun. Sejauh ini, penumpang yang naik-turun di Terminal Tipe A Ir. Soekarno mencapai 500-an orang per hari.

"Sejauh ini, tak ada pemudik atau penumpang bus yang suhunya mencapai 38 derajat celcius [semuanya masih normal]. Data yang kami peroleh dari pemudik, langsung kami koordinasikan dengan polisi sebelum dikomunikasikan dengan Satgas PP Covid-19 di daerah tujuan [pemudik]," katanya.

Memantau Situasi Keamanan

Kasatlantas Polres Klaten, AKP Bobby Anugrah Rachman, mewakili Kapolres Klaten, AKBP Edy Suranta Sitepu, polisi mengoptimalkan Operasi Lilin Candi 2020 dengan mengutamakan penegakan protokol kesehatan. Di samping itu, juga memantau situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) sepanjang libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021.

Awas, Berkerumun dan Tak Pakai Masker Saat Tahun Baru di Sukoharjo Didenda Rp50.000

"Kami mengimbau seluruh elemen masyarakat tetap menaati protokol kesehatan. Jangan sampai ada klaster baru [Covid-19] selama libur Natal dan Tahun Baru," katanya.

Sebagaimana diketahui, Polres Klaten menerjunkan 382 anggota. Di tengah pandemi Covid-19, para anggota polisi juga diberi tugas mengedukasi masyaranat agar disiplin menaati protokol kesehatan.

Sepanjang Operasi Lilin Candi 2020, terdapat tiga pos pengamanan (pospam). Masing-masing berada di Karang (Delanggu), Alun-alun Klaten, dan Prambanan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya