SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Boyolali (Espos)–Papan larangan berburu dipasang warga di kawasan Dukuh Candirejo, RT 1/II, Desa Demangan, Kecamatan Sambi. Upaya mencegah perburuan liar serta melestarikan burung-burung yang mulai berkurang di wilayah itu menjadi motivasi warga memasang larangan tersebut.

Ketua RT 1/II Dukuh Candirejo, Siswo Raharjo, mengungkapkan beberapa waktu terakhir, berbagai jenis burung seperti perkutut, kutilang dan prenjak sudah jarang terlihat. “Memang mereka bisa saja hanya lewat, tapi bila pemburu ini melihat ada burung yang bisa diburu di sini, pasti mereka tembak. Beberapa jenis burung yang dulu banyak ditemui di desa ini, sekarang sudah jarang terlihat, utamanya jenis burung-burung besar,” kata Siswo kepada Espos, Senin (13/12).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Papan-papan tersebut dipasang di titik-titik tertentu di Dukuh Candirejo. Di antaranya terpaku di sebuah pohon di depan kios kelontong salah satu warga dan bagian depan lapangan dukuh Candirejo.Siswo mengatakan papan larangan tersebut cukup efektif. Kini pemburu jarang ditemui di daerahnya. “Ada juga kepedulian dari warga lain kalau melihat pemburu datang dengan membawa senapan. Mereka mengingatkan agar tidak berburu di sini,” pungkasnya.

m92

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya