Cegah Penularan Covid-19, Magelang Siapkan 3 Lokasi Isolasi Terpusat

Mereka yang bisa menempati ruang isolasi terpusat di Magelang, adalah orang tanpa gejala (OTG) atau gejala yang sangat ringan.

 Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi. (Antara)

SOLOPOS.COM - Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi. (Antara)

Solopos.com, MAGELANG — Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi menyampaikan Pemkab Magelang menyiapkan tiga lokasi isolasi terpusat bagi warga terpapar corona tanpa gejala.

Nanda di Magelang, Jumat, mengatakan ketiga lokasi tersebut, yakni Rumah Sakit Candi Umbul dengan kapasitas 20 orang. RS Bukit Menoreh untuk 20 orang dan Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Salaman dengan kapasitas 90 orang.

PromosiSerang Koloni Monyet Denmark 1958, Monkeypox Berevolusi Infeksi Manusia

“Ahamdulillah kami sudah menandatangani perjanjian pinjam pakai dengan pihak Bapelkes sebagai unit kerja dari Kementerian Kesehatan. Kami sudah proses administrasi, tinggal pengajuan anggaran. Kalau sudah turun nanti segera dioperasionalkan,” katanya terkait lokasi isolasi terpusat di Magelang.

Baca juga: Tiga Peziarah Gunung Ungaran yang Hilang Ditemukan, Kondisinya Linglung

Ia menyampaikan RS Bukit Menoreh dan RS Candi Umbul di Magelang belum pernah digunakan untuk isolasi terpusat. Penanganan pasien Covid-19 di beberapa rumah sakit di Kabupaten Magelang selama ini masih memadai.

Menurut dia, RS Bukit Menoreh maupun Candi Umbul secara fisik sudah siap. Hanya saja proses administrasi dan pengajuan anggaran, yakni anggaran belanja tidak terduga masih dalam proses.

Ia berharap kasus Covid-19 semakin menurun, namun dengan tersedianya isolasi terpusat di Magelang diharapkan pasien bisa terlokasi. Juga mendapatkan pelayanan dengan baik.

Baca juga: Tekan Kematian Covid-19, Dinkes Jateng Sarankan Isolasi Terpusat

Nanda menyampaikan mereka yang bisa menempati ruang isolasi terpusat di Magelang, adalah orang tanpa gejala (OTG) atau gejala yang sangat ringan. Tetapi kalau sudah mendekati sedang harus dirawat di rumah sakit.

“Ruang isolasi terpusat itu bukan untuk perawatan orang sakit dalam arti gejala yang sedang. Tetapi gejala yang ringan bisa ditangani di isolasi terpusat,” katanya dikutip dari Antaranews.com.

 

Sumber: Antaranews.com

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Menteri PUPR: Cepat Tutup Tanggul Jebol di Semarang Pakai Karung Pasir!

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memerintahkan agar tanggul yang jebol di Semarang lekas ditutup memakai karung pasir terlebih dahulu.

Begini Kronologi Kecelakaan Beruntun 4 Truk di Alas Roban Batang

Satu orang meninggal dunia dalam kecelakaan beruntun di Jalan Lingkar Alas Roban, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (26/5/2022) siang.

Tabrakan Karambol 4 Truk di Alas Roban, 1 Meninggal

Tabrakan karambol yang melibatkan empat truk terjadi di Alas Roban, Kabupaten Batang, Jateng, Kamis (26/5/2022).

BKSDA Jateng Sebut Jejak Satwa Liar di Banjarnegara Bukan Tapak Harimau

Warga di Desa Penawaran, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, menemukan jejak satwa liar di area persawahan dan kebun sekitar hutan Jlegong desa setempat.

Cegah Air Masuk, Pembangunan Tanggul Darurat di Tanjung Emas Dikebut

Pembangunan tanggul laut darurat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dikebut.

Ngeri! Begini Kronologi Penganiayaan Hingga Korban Tewas di Jepara

Begini kronolohi kejadian sekelompok warga menganiaya tiga pemuda hingga akhirnya satu korban meninggal dunia.

Banjir Rob, 4 Kapal Batal Bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Empat kapal gagal bongkar muat di kawasan Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang, karena banjir rob yang menggenangi kawasan itu.

2 Pelaku Penganiayaan Hingga Korban Tewas di Jepara Dibekuk di Bekasi

Aparat Polres Jepara berhasil menangkap pelaku penganiayaan yang mengakibatkan dua orang luka-luka dan satu orang meninggal dunia di Desa Bandanpete, Kecamatan Nalumsari.

Demak, Konon Kota Pelabuhan Terkaya di Jalur Sutra Pesisir Jawa

Selain Semarang, Demak menjadi salah satu daerah pesisir Jawa yang terendam banjir rob sejak awal pekan ini, dimana daerah yang dahulunya kota pelabuhan terkaya di jalur sutra tersebut konon sangat terkenal karena menjadi simpul penting dalam lalu lintas perdagangan di jalur rempah. 

Pembagian Zonasi PPDB 2022 SMA Negeri di Kota Semarang, Cek Yuk!

Berikut ini terdapat daftar pembagian wilaya zonasi SMA negeri di Kota Semarang dalam PPDB 2022 berdasarkan SK dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Jawa Tengah.

Ada Bengkel Gratis, Warga Terdampak Rob Semarang Hemat Ratusan Ribu

Posko bengkel service gratis yang berlokasi di sebelah Kelurahan Tanjung Emas, membuat warga tak perlu merogok kocek dalam untuk reparasi kerusakan motor akibat banjir rob.

Raih Medali di SEA Games, 2 Mahasiwa Udinus Dapat Uang Pembinaan

Dua mahasiswa Udinus Semarang, Dinda Putri Lestari, dan Reinaldy Atmanegara, sukses meraih medali perunggu dalam ajang SEA Games 2021 di Vietnam.

3.600 Karung Pasir Disiapkan untuk Tutup Tanggul Jebol di Semarang

Sebanyak 3.600 karung pasir disiapkan untuk menutup lubang tanggul PT Lamicitra Nusantara, Semarang, yang jebol.

Cek Penanganan Banjir Rob di Semarang, Menteri PUPR Instruksikan Ini

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, meninjau langsung penanganan banjir rob di Kota Semarang yang terjadi sejak Senin (23/5/2022).

Salah Sasaran! Incar Babi Hutan, Pemburu di Banjarnegara Tembak Petani

Seorang pemburu babi hutan di Banjarnegara, Jawa Tengah (Jateng), ditangkap polisi setelah salah sasaran atau salah tembak petani pencari rumput.