GM Pertamina MOR IV Jateng-DIY, Iin Febriana, memberikan paparan terkait stok BBM dan elpiji di Jateng saat libur Natal dan Tahun Baru di Semarang, Rabu (11/12/2019). (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis gasoline dan elpiji pada masa libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 diprediksi mengalami kenaikan cukup pesat.

Untuk mengantisipasi lonjakan permintaan itu, PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pun melakukan penambahan stok baik BBM jenis gasoline maupun elpiji.

General Manager PT Pertamina MOR IV Jateng-DIY, Iin Febrian, mengatakan selama masa libur Natal dan Tahun Baru pihaknya akan menambah stok BBM gasoline dan elpiji.

Stok BBM akan ditambah 15 %, dari 11.084 kiloliter (kl) menjadi 12.698 kl perhari. Sedangkan, stok elpiji bersubsidi wilayah Jateng akan ditambah 6%, atau dari 3.138 metrik ton (mt) menjadi 3.326 mt dan stok elpiji nonsubsidi dari 244 MT menjadi 319 mt, atau naik sekitar 30,8%.

“Perkiraan pemerintah jumlah pemudik tahun ini yang melintas di wilayah Jateng dan DIY mencapai 6 juta. Demi memenuhi permintaan pasar itu, kita lakukan penambahan stok. Stok kita tambah 15% atau naik 3% dibanding tahun lalu,” ujar Iin saat menggelar jumpa pers di Semarang, Rabu (11/12/2019).

Iin mengatakan selain menambah stok, PT Pertamina MOR IV juga membentuk satuan tugas (satgas) guna menghadapi masa libur Nataru. Satgas Nataru itu akan efektif bekerja mulai 18 Desember 2019-8 Januari 2020.

“Satgas Nataru dibentuk untuk mengoptimalkan penyaluran BBM di Jateng,” imbuhnya.

Iin menyebutkan prediksi kenaikan konsumsi tertinggi produk BBM jenis gasoline akan terjadi pada produk Pertamax dan Pertamax Turbo masing-masing sekitar 18%-20%.

“Pertamax diprediksi akan naik dari 2.124 kl per hari menjadi 2.505 KL perhari. Sedangkan Pertamax Turbo dari 34 kl menjadi 41 kl per hari. Sedangkan gasoil diperkirakan turun 9% karena banyak industri yang libur,” jelasnya.

Iin menyebutkan kesiapan Satgas Nataru Pertamina MOR IV tahun ini mendapat tantangan baru karena arus wisatawan yang datang ke wilayah Jateng dengan menggunakan jalur darat diprediksi lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

“Sejak dibukanya tol Trans Jawa, wilayah kerja Pertamina MOR IV menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat yang ingin menghabiskan libur akhir tahun. Selain menambah stok BBM dan elpiji, kami juga mengoptimalkan pelayanan,” tuturnya.

Setidaknya ada 868 SPBU di Jateng dan DIY yang dioperasikan Pertamina MOR IV pada libur Nataru nanti. Selain itu, Pertamina MOR IV juga akan menyiapkan 12 titik pelayanan BBM yang terdiri dari 6 kios mobile dispenser, 4 kios kemasan, 4 SPBU modular, dan 7 SPBU reguler di jalur pantura. Sedang di jalur selatan akan ada 2 kios kemasan dan 2 Pertashop.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten