Cegah Mafia Tanah, BPN Grobogan Gelar Sosialisasi ke Kades dan Lurah

Kalaupun yang terjadi selama di Kabupaten Grobogan ini hanya persoalan tanah dari warisan dan sengketa batas tanah, bukan mafia tanah.

 Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi saat Sosialisasi Pencegahan Kasus Pertanahan yang digelar Kantor Pertanahan Grobogan, Senin (29/11/2021). (Solopos.com/Humas Polres Grobogan)

SOLOPOS.COM - Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi saat Sosialisasi Pencegahan Kasus Pertanahan yang digelar Kantor Pertanahan Grobogan, Senin (29/11/2021). (Solopos.com/Humas Polres Grobogan)

Solopos.com, PURWODADI — Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berupaya untuk mengurangi kasus sengketa dan mafia tanah. Salah satunya dengan Sosialisasi Pencegahan Kasus Pertanahan yang digelar Kantor Pertanahan Grobogan, Senin (29/11/2021).

Kegiatan ini menghadirkan para kepala desa (kades) dan lurah di Kecamatan Purwodadi. Hadir sebagai narasumber, selain Kepala Kantor Pertanahan Grobogan, Heri Sudirtono, juga Kabag Wassidik Polda Jateng, AKBP Sugeng Triyarso.

Promosi”Filipinaisasi” Indonesia

Juga Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi, Kajari Grobogan, Iqbal SH dan Asisten 1 Pemkab Grobogan, Teguh Harjo Kusumo, serta Kasat Reskrim AKP Andryansyah Rithas Hasibuan.

Baca juga: Alhamdulillah, BLT Buruh Rokok Kudus Lanjut, Pemkab Siapkan Rp54 Miliar

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan Heri Sudirtono mengatakan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan memberikan wawasan kepada para peserta. Terutama pihak-pihak yang berkaitan dalam masalah pertanahan untuk mengindari mafia tanah.

“Terutama kepada kepala desa. Karena sering kali terjadinya keterangan tidak benar atau palsu mengenai pertanahan itu di tingkat desa. Dengan sosialisasi ini diharapkan dapat diminimalisasi,” kata Heri.

Menurut Heri, saat ini di Kabupaten Grobogan belum dan diharapkan tidak terjadi kasus sengketa tanah berskala besar atau mafia tanah. Kalaupun yang terjadi selama ini hanya persoalan tanah dari warisan dan sengketa batas tanah. Namun hal tersebut dapat diselesaikan sesuai aturan yang berlaku.

Baca juga: Hujan dan Angin Kencang Landa Grobogan, Pohon Tumbang Timpa Rumah

Sementara Kapolres Grobogan, AKBP Benny menyampaikan, bahwa untuk pertanahan sudah ada aturan perundang-undangan. Semua itu hendaknya dipedomani dan ditaati untuk dilaksanakan dalam urusan pertanahan. Karena semua bermuara ke aturan-aturan tersebut ketika ada permasalahan pertanahan.

“Aturan atau pedoman mengenai pertanahan tersebut dibuat untuk tertib administrasi. Jika ada permasalahan maka akan dilihat apakah sesuai aturan atau tidak,” kata Kapolres.

Untuk itu dengan adanya kegiatan ini semua yang terlibat dalam permasalahan pertanahan bisa saling berkoordinasi. Di Polres Grobogan juga ada Satgas Mafia Tanah. Sehingga, tambah Kapolres, kegiatan ini diharapkan bisa meminimalisasi kasus sengketa tanah di Grobogan.

 

 

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Berita Terkini

Hari Raya Waisak, Puluhan Narapidana di Jateng Dapat Remisi

Sebanyak 63 narapidana beragama Buddha di Jawa Tengah diberikan remisi saat Hari Raya Waisak 2022.

Dampak Puluhan Kapal Terbakar, 636 Pelaut di Cilacap Nganggur

Ratusan nelayan di Kabupaten Cilacap menganggur setelah puluhan kapal mereka terbakar pada awal Mei lalu.

1.200 Umat Buddha Ikuti Meditasi Detik-Detik Waisak di Candi Borobudur

Seribuan umat Buddha mengikuti meditasi detik-detik Tri Suci Waisak 2566 Buddhist Era (BE) di depan altar Halaman Candi Borobudur.

Viral Warga Rusak Motor Orang Lewat, Buntut Konflik 2 Desa di Jepara?

Video yang menunjukkan sejumlah warga merusak sepeda motor pengguna jalan viral dan diduga terkait konflik dua desa di Jepara.

Usai Nonton Musik, Pemuda di Jepara Meninggal Dunia Disabet Sajam

Seorang pemuda berinisial AR, 30, warga Desa Muryolobo, Kecamatan Nalumsari, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, tewas setelah terkena sabetan senjata tajam, Minggu (15/5/2022) sore.

Empat Ekor Sapi di Rembang Dinyatakan Sembuh dari Penyakit Mulut & Kuku

Sebanyak empat ekor sapi di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah dinyatakan sembuh dari penyakit mulut dan kuku (PMK).

Perayaan Waisak Dongkrak Kunjungan Wisata di Candi Borobudur

Perayaan Waisak di Candi Borobudur mendongkrak jumlah wisatawan yang datang ke destinasi wisata tersebut.

Keistimewaan Purworejo, Kota Kelahiran Pejuang Bangsa Indonesia

Purworejo dijuluki sebagai Kota Pejuang karena kabupaten di Jawa Tengah ini merupakan tempat kelahiran deretan tokoh bangsa Indonesia.

Gunung Prau, Spot Golden Sunrise Terbaik di Jawa Tengah

Gunung Prau yang berada di kawasan Dataran Tinggi Dieng merupakan spot golden sunrise terbaik di Jawa Tengah.

Ini Spot Nonton Pelepasan Lampion Waisak 2022 di Borobudur

Begini cara menyaksikan pelepasan ribuan lampion dalam puncak perayaan Waisak di Candi Borobodur pada Senin (16/5/2022).

Terbanyak di Jateng, Segini Jumlah Kiai di Pati

Kabupaten Pati ternyata menjadi wilayah yang memiliki jumlah kiai terbanyak di Jawa Tengah (Jateng).

Aksi Pembacokan di Jepara, Satu Pelaku Tertangkap Satunya Buron

Seorang pelaku pembacokan menggunakan sebilah pedang di desa Ujung watu, Kecamatan Donorojo, Jepara berhasil ditangkap polisi.

Jos! Desa di Pemalang Ini Bebas dari Status Miskin Berkat Pupuk Organik

Desa Bojongnangka, Kecamatan Pemalang, Kabupaten Pemalang, bisa terlepas dari status desa miskin berkat pengolahan pupuk organik.

Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Bandara Semarang, Ini Sebabnya

Pesawat Citilink bernomor penerbangan QG 483 dengan rute Banjarmasin ke Cengkareng mengalami kerusakan mesin dan akhirnya mendarat darurat di Semarang.

Bawa 146 Penumpang, Pesawat Citilink Mendarat Darurat di Semarang

Pesawat Citilink dengan nomor penerbangan QG 483 mendarat darurat di Bandara Jenderal Ahmad Yani, Semarang.