Cegah Mafia Tanah, BPN Grobogan Gelar Sosialisasi ke Kades dan Lurah

Kalaupun yang terjadi selama di Kabupaten Grobogan ini hanya persoalan tanah dari warisan dan sengketa batas tanah, bukan mafia tanah.

 Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi saat Sosialisasi Pencegahan Kasus Pertanahan yang digelar Kantor Pertanahan Grobogan, Senin (29/11/2021). (Solopos.com/Humas Polres Grobogan)

SOLOPOS.COM - Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi saat Sosialisasi Pencegahan Kasus Pertanahan yang digelar Kantor Pertanahan Grobogan, Senin (29/11/2021). (Solopos.com/Humas Polres Grobogan)

Solopos.com, PURWODADI — Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) terus berupaya untuk mengurangi kasus sengketa dan mafia tanah. Salah satunya dengan Sosialisasi Pencegahan Kasus Pertanahan yang digelar Kantor Pertanahan Grobogan, Senin (29/11/2021).

Kegiatan ini menghadirkan para kepala desa (kades) dan lurah di Kecamatan Purwodadi. Hadir sebagai narasumber, selain Kepala Kantor Pertanahan Grobogan, Heri Sudirtono, juga Kabag Wassidik Polda Jateng, AKBP Sugeng Triyarso.

Juga Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi, Kajari Grobogan, Iqbal SH dan Asisten 1 Pemkab Grobogan, Teguh Harjo Kusumo, serta Kasat Reskrim AKP Andryansyah Rithas Hasibuan.

Baca juga: Alhamdulillah, BLT Buruh Rokok Kudus Lanjut, Pemkab Siapkan Rp54 Miliar

Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Grobogan Heri Sudirtono mengatakan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, diharapkan memberikan wawasan kepada para peserta. Terutama pihak-pihak yang berkaitan dalam masalah pertanahan untuk mengindari mafia tanah.

“Terutama kepada kepala desa. Karena sering kali terjadinya keterangan tidak benar atau palsu mengenai pertanahan itu di tingkat desa. Dengan sosialisasi ini diharapkan dapat diminimalisasi,” kata Heri.

Menurut Heri, saat ini di Kabupaten Grobogan belum dan diharapkan tidak terjadi kasus sengketa tanah berskala besar atau mafia tanah. Kalaupun yang terjadi selama ini hanya persoalan tanah dari warisan dan sengketa batas tanah. Namun hal tersebut dapat diselesaikan sesuai aturan yang berlaku.

Baca juga: Hujan dan Angin Kencang Landa Grobogan, Pohon Tumbang Timpa Rumah

Sementara Kapolres Grobogan, AKBP Benny menyampaikan, bahwa untuk pertanahan sudah ada aturan perundang-undangan. Semua itu hendaknya dipedomani dan ditaati untuk dilaksanakan dalam urusan pertanahan. Karena semua bermuara ke aturan-aturan tersebut ketika ada permasalahan pertanahan.

“Aturan atau pedoman mengenai pertanahan tersebut dibuat untuk tertib administrasi. Jika ada permasalahan maka akan dilihat apakah sesuai aturan atau tidak,” kata Kapolres.

Untuk itu dengan adanya kegiatan ini semua yang terlibat dalam permasalahan pertanahan bisa saling berkoordinasi. Di Polres Grobogan juga ada Satgas Mafia Tanah. Sehingga, tambah Kapolres, kegiatan ini diharapkan bisa meminimalisasi kasus sengketa tanah di Grobogan.

 

 

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Hina Pelapor, 5 Anggota Satreskrim Polres Boyolali Diperiksa

Sebanyak lima anggota Satreskrim Polres Boyolali menjalani pemeriksaan kode etik atas kasus dugaan pelecehan atau penghinaan terhadap pelapor korban pemerkosaan.

+ PLUS Pranata Mangsa dalam Jejak Ilmu Astronomi di Balik Kemegahan Borobudur

Pembangunan Candi Borobudur disebut menunjukkan Matematika kuno dan telah mempertimbangkan ilmu Astronomi.

Hendak Salip Truk, Pengendara Motor di Pati Meninggal

Kecelakaan maut menimpa seorang pengendara motor di Kabupaten Pati yang terlindas truk saat berusaha menyalip truk dari sisi kiri.

Mahasiswa UKSW Ikuti MBKM, 4 Bulan Dampingi 13 Sekolah di Kupang

UKSW menyerahkan langsung ke-13 mahasiswa yang ikut MBKM kepada Bupati Kabupaten Kupang di Kantor Bupati Kabupaten Kupang, Selasa (11/01/2022).

Gunung Srandil di Cilacap Menjadi Pepunden Tertua di Tanah Jawa

Gunung Srandil tidak hanya terdapat petilasan leluhur, tetapi juga termasuk pepunden tertua di Tanah Jawa.

Asale Gunung Srandil Cilacap, Ada Petilasan Ki Semar Leluhur Tanah Jawa

Inilah asal mula nama Gunung Srandil Cilacap yang terdapat petilasan leluhur tanah Jawa, Ki Semar.

Hadirkan Semangat UMKM Lokal di Semarang, Ini Promo dari ShopeePay

ShopeePay, selaku penyedia layanan pembayaran digital menghadirkan program Semangat UMKM Lokal di Semarang dengan menawarkan promo diskon berbelanja di sentra UMKM.

Pria Tanpa Busana Meninggal di Kamar Hotel Kudus, Polisi Temukan Ini

Penemuan mayat pria tanpa busana di sebuah hotel di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah (Jateng), membuat warga geger.

Goa Jatijajar, Wisata Hits Kebumen Sejak Era Kolonial

Di dalam dinding Goa Jatijajar Kebumen, Jawa Tengah, ditemukan banyak coretan nama orang dari aspal cair.

Misteri Sosok Ki Semar Disebut Leluhur Tanah Jawa

Asal usul tentang Semar yang diyakini sebagai leluhur tanah Jawa masih menjadi misteri yang belum terpecahkan.

Mahasiswa Fisikom UKSW Terbitkan Buku Sepak Terjang Organisasi Wanita Salatiga

Penerbitan buku ini merupakan salah satu output penyelenggaraan Pembelajaran Lapangan Terpadu (PLT) yang diadakan Fisikom UKSW tahun 2021.

Unik, Soto Tamanwinangun Khas Kebumen Gak Pakai Ayam & Sapi

Berbeda dengan soto pada umumnya yang menggunakan daging ayam, Soto Tamanwinangun khas Kebumen ini justru menggunakan daging entok sebagai daging suwirannya.

Polisi Tangkap 2 Wanita Bos Arisan Online di Jateng, Tipu Korban Rp4 M

Aparat Ditreskrimsus Polda Jateng menangkap dua wanita yang menjadi bandar arisan online di Semarang dan Demak.

Gua Semar, Pertapaan Soeharto Cari Wangsit untuk Jadi Presiden

Gua Semar menjadi salah satu pertapaan yang dikunjungi almarhum Soeharto sebelum naik menjadi Presiden Indonesia.

Siapa Ki Semar Leluhur Tanah Jawa? Inikah Jawabannya?

Sosok Ki Semar yang dianggap sebagai leluhur tanah Jawa memiliki beragam versi tentang asal-usulnya.