Kategori: Solo

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19 Saat Libur Akhir Tahun, Wali Kota Solo: Jangan Keluar Kota atau Mudik!


Solopos.com/Chelin Indra Sushmita/Mariyana Ricky P.D

Solopos.com, SOLO – Masa libur panjang akhir tahun 2020 dikhawatirkan menambah kasus positif Covid-19 di Indonesia. Sebab, berdasarkan hasil evaluasi dua kali libur panjang sebelumnya terjadi peningkatan signifikan terhadap kasus positif Covid-19 di Tanah Air.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito, dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Kantor Presiden, Selasa (24/11/2020), mengatakan libur panjang akhir tahun 2020 memiliki durasi yang lebih lama dari dua periode sebelumnya.

"Perlu diingat, masa libur panjang akhir tahun 2020 memiliki durasi yang lebih panjang, dan dikhawatirkan berpotensi menjadi manifestasi perkembangan kasus menjadi dua bahkan tiga kali lipat lebih besar dari masa libur panjang sebelumnya," ungkap Wiku.

Gisel Tanggapi Cocokologi Netizen Soal Kamar Tidur di Video Syur 

Berdasarkan hasil evaluasi tersebut, Presiden Joko Widodo meminta jajarannya meninjau keputusan cuti bersama akhir 2020. Wacana tersebut disepakati oleh Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo.

Orang nomor satu di Kota Solo itu mengimbau warga Solo tidak pergi ke luar kota. Demikian juga dengan warga Solo yang berada di luar kota diminta tidak mudik.

“Kami imbau untuk tidak pergi ke luar kota dulu, supaya tidak berpotensi terpapar Covid-19 di luar kota. Kami juga berharap warga juga tidak mudik dulu (ke Solo) sebelum pandemi Covid-19 ini bisa dikendalikan. Sambil menunggu vaksin yang sudah direncanakan pemerintah pusat. Jadi sama-sama adil karena warga Solo tidak ke luar kota, yang luar kota jangan mudik ke Solo dulu,” kata dia kepada wartawan di Balai Kota, Rabu (25/11/2020).

3 Hal Aneh di Kasus Sopir Truk Pertamina Tabrak Pria di Jalan Surabaya-Madiun

Sementara itu Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Pusat, Doni Monardo, mengatakan Covid-19 bisa menyerang siapapun. Oleh sebab itu masyarakat wajib menerapkan protokol kesehatan dengan cara memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, serta menjauhi kerumunan. Hal tersebut penting dilakukan sebagai upaya melindungi diri sekaligus memutus rantai persebaran Covid-19.

Tabrakan 2 Motor & 1 Mobil di Dekat Novotel Solo Telan Korban Jiwa

Share
Dipublikasikan oleh
Chelin Indra Sushmita