Pengendara sepeda motor hendak masuk ke pintu darurat yang dibuat dengan membongkar salah satu bagian pagar SMPN 1 Solo, Senin (30/7/2018). (Solopos-Irawan Sapto Adhi)

Solopos.com, SOLO -- Jl. M.T. Haryono bakal menjadi lebih lebar dengan penataan ulang arus lalu lintas di kawasan Patung dekat flyover Manahan Solo. Hal itu untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan arus lalu lintas yang berpotensi macet saat arus mudik dan balik Lebaran 2019.

Kepala Seksi Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Solo, Mudo Prayitno, saat dihubungi Solopos.com, Minggu (26/5/2019), mengatakan penataan pulau jalan di kawasan flyover Manahan itu dinilai akan mampu melancarkan arus lalu lintas di kawasan tersebut.

Sebelumnya, kondisi ruas Simpang Tiga Patung Kuda itu cukup rawan kecelakaan karena ruas jalan yang sempit. Menurutnya, ruang untuk bermanuver mobil juga kurang memadai.

Setelah penataan, barikade di kawasan itu akan tetap dipasang sebagai antisipasi pertemuan arus lalu lintas. Menurutnya, dari arah Stadion Manahan atau selatan wajib belok kiri ketika hendak menuju Jl. M.T. Haryono dengan melewati Patung Kuda atau melewati depan Gedung Wanita.

“Setelah ditata pulau jalan patung kuda tidak ada perubahan rekayasa lalu lintas. Hanya ruas jalan menjadi lebar utamanya Jl. M.T. Haryono dan Jl. Menteri Supeno. Ruang manuver kendaraan roda empat juga menjadi lebih luas,” ujarnya.

Ia menambahkan Simpang Empat Mangkubumen dan sekitar akses masuk flyover Manahan dari arah utara berpotensi padat pada waktu tertentu seperti saat waktu masuk dan pulang sekolah.

Di kawasan itu ada SMPN 1 Kota Solo. Ia menambahkan setelah di pulau jalan ditata ruas jalan semakin lebar dan arus lalu lintas kawasan flyover Manahan menjadi optimal.

Sementara itu, Kabid Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Solo, Nur Basuki, mengatakan penataan dilakukan sejak Jumat (24/5/2019) untuk memberikan ruang yang lebih luas bagi pengguna jalan.

Menurutnya, pulau jalan di sekitar Patung Kuda akan diratakan dan akan diaspal. Penataan pulau jalan membuat plasa di sekitar Patung Kuda Manahan jadi lebih lebar.

Proses pengerjaan saat ini dilakukan dengan perataan terlebih dahulu. Proses pengerjaan diprediksi selesai sebelum Lebaran.



Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten