SOLOPOS.COM - Wortel (Dok/JIBI/SOLOPOS)

Wortel (Dok/JIBI/SOLOPOS)

JAKARTA--Wortel merupakan sayuran super dengan nutrisi tinggi dengan beragam manfaat. Kecuali untuk kesehatan mata, kulit, juga untuk sistem kekebalan tubuh.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Penelitian terbaru di University of York juga membuktikan jika nutrisi wortel ampuh cegah kanker prostat.

Menurut kepala penelitian, Professor Norman Maitland, konsumsi vitamin A yang tinggi menjadi kunci dari tubuh sehat. Nutrisi ini juga bisa membantu tubuh menghalau virus penyakit yang menyerang. Vitamin A akan membentuk asam retenoic yang bisa mencegah penyebaran virus kanker.

Prof. Maitland mengemukakan pentingnya mencegah penyakit berbahaya, seperti kanker prostat. Pencegahan sedari dini mutlak diperlukan, dibandingkan baru peduli pada kesehatan saat kondisi kesehatan sudah memburuk.

“Ini sebenarnya lebih ke bagaimana kita mencegah dibanding mengobati dan itu bisa menghentikan penyebaran sel kanker,” kata Prof. Maitland, seperti dimuat dalam Daily Mail, Selasa (16/04/2013).

Menurut Prof. Maitland, kandungan asam retenoic bisa menurunkan agresivitas dari sel-sel kanker.

“Sudah lama diketahui jika pria yang memiliki kandungan vitamin A rendah memiliki hubungan dengan kanker prostat,” ungkap Prof. Maitland.

Selain di dalam wortel, kandungan vitamin A yang tinggi juga bisa ditemukan dalam sayuran hijau. Selain wortel, jenis makanan lain yang perlu dikonsumsi para pria untuk cegah kanker adalah pepaya.  Dalam sebuah penelitian yang dimuat dalam Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, disimpulkan jika kandungan lycopene yang tinggi dalam pepaya bisa menurunkan perkembangan sel-sel kanker prostat hingga 82%.

Konsumsi wortel secara rutin dan dalam jumlah tinggi juga baik untuk kecantikan kulit. Wortel mengandung karotenoid yang membantu memelihara kecantikan dan kesehatan kulit. Kandungan vitamin dan mineral di dalam wortel juga diketahui bisa meningkatkan libido.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya