Cegah Covid-19, Bandara Adi Soemarmo Bersih-Bersih Pakai Disinfektan
Petugas membersihkan fasilitas dan sarana pendukung dengan cairan disinfektan di Bandara Adi Soemarmo, Jumat (13/3/2020). Ini sebagai salah satu upaya mencegah penyebaran virus Covid-19. (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, BOYOLALI - Bandara Internasional Adi Soemarmo mengintensifkan pembersihan area terminal untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang disebabkan virus corona. Aksi bersih-bersih menggunakan cairan disinfektan ini dilakukan baik karyawan, anak perusahaan, maupun mitra bandara pada Jumat (13/3/2020).

Airport Operation and Safety Senior Manager Bandara Adi Soemarmo, Goentor, mengatakan kegiatan bersih-bersih ini sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona Covid-19.

Pasien 01 RSPI Sulianto Saroso Dinyatakan Sembuh Corona

“Pembersihan ini dengan menggunakan cairan disinfektan. Kami bersihkan area selasar terminal, masjid, toilet, hingga fasilitas pendukung seperti troli, eskalator, kursi, dan sebagainya,” ujarnya, kepada wartawan, Jumat.

Goentor menjelaskan pembersihan secara intensif ini dilakukan sejak akhir Januari lalu. Kegiatan ini melibatkan banyak tim, seperti tim pangkas, tim gorong-gorong, tim kebersihan, tim sapu, tim sapu, tim taman, dan tim kebersihan indoor.

Selain pembersihan yang menyasar berbagai tempat dan fasilitas, para penumpang baik yang berangkat maupun datang diperiksa suhu tubuhnya dengan termometer infrared.

Langkah Penting Cegah Penyebaran Virus Corona di Angkutan Umum

Hand Sanitizer Bandara

Di samping itu, pihaknya juga menyediakan hand sanitizer di sebanyak 25 titik di area bandara. Sebelumnya, gel pembersih tangan ini hanya ada di 5 titik.
“Kami mendukung penuh upaya pemerintah untuk mencegah virus ini. Kalau sampai kapan kami belum tahu, tapi kami terus lakukan secara rutin. Kami juga evaluasi lagi nanti bagaimana,” imbuhnya.

Sementara itu, salah satu penumpang maskapai, Arum Handayani, mengaku tak masalah dengan adanya pemeriksaan suhu tubuh di bandara.

Pekerjaannya sebagai wirausaha membuat perempuan asal Solo ini cukup sering bepergian jauh menggunakan pesawat.

Virus Corona Merebak ke 114 Negara, Mereka yang Terpukul dan Mereka yang Untung

“Iya, saya cukup sering pergi ke berbagai daerah. Saya tinggal di Jakarta, kebetulan ada acara di kampus saya dulu UNS, jadi ke Solo. Saya kira dengan diperiksa suhu tubuhnya atau imbauan lain seperti menggunakan masker atau pun memakai hand sanitizer ini bagus. Ini justru membantu penumpang agar lebih peduli terhadap kesehatan serta pencegahan penyebaran Covid-19,” jelasnya.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom