Cegah Corona, Siswa TK-SMP di Karanganyar Diliburkan Sepekan
Ilustrasi Pelajar SD (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, KARANGANYAR – Bupati Karanganyar, Juliyatmono, menginstruksikan sekolah di Kabupaten Karanganyar diliburkan selama satu pekan. Instruksi tersebut berlaku bagi sekolah di tingkat TK hingga SMP/MTs.

Kebijakan tersebut berpengaruh pada salah satu agenda pendidikan tingkat sekolah dasar (SD), yakni latihan ujian atau try out bagi siswa kelas VI. Rencana kegiatan itu diselenggarakan Senin-Rabu (16-18/3/2020).

Susul Solo, Banten KLB Corona

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Karanganyar, Tarsa, meneruskan pesan berantai dari Bupati Karanganyar melalui pesan aplikasi digital Whatsapp kepada Solopos.com, Minggu (15/3/2020).

Pesan itu berisi imbauan libur bagi siswa tingkat TK, SD/MI, SMP/MTs yang bersekolah di Kabupaten Karanganyar selama satu pekan. Tetapi guru, tenaga kependidikan, dan kepala sekolah tetap beraktivitas seperti biasa.

Pasien Suspect Corona di RSUD Dr. Moewardi dari Wonogiri

"Dalam rangka pencegahan dan gerakan kebersihan di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Sementara anak sekolah kami minta belajar di rumah sampai pemberitahuan selanjutnya. Minimal seminggu ke depan. Sedangkan bapak ibu guru tetap aktivitas di sekolah dengan program kebersihan lingkungan masing-masing. Matur nuwun," demikian isi pesan berantai dari Bupati Karanganyar kepada Tarsa.

ilustrasi siswa sekolah di karanganyar
Petugas Satpol PP Karanganyar mengedukasi siswa yang kepergok nongkrong saat jam pelajaran sekolah di Kebon Agung, Tasikmadu, Karanganyar Selasa (14/1/2020). (Istimewa)

Tak Perlu Panik

Pada akhir kalimat itu, Bupati Karanganyar menyisipkan pesan agar seluruh warga tetap semangat menghadapi wabah corona yang tengah merebak.

"Tetap semngat, meningkatkan keimanan dan menjaga kebersihan. Lakukan sesering mungkin cuci tangan. Matur nuwun," tulis Bupati.

Warga Solo Borong Sembako di Swalayan, Stok Dijamin Cukup

Kepala Disdikbud Kabupaten Karanganyar, Tarsa, menyampaikan perintah kepada bidang terkait agar menindaklanjuti kebijakan Bupati agar anak sekolah libur sepekan. Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) Disdikbud Kabupaten Karanganyar, Sri Wiyanto, menyampaikan Disdikbud Kabupaten Karanganyar menindaklanjuti kebijakan tersebut dengan membuat surat edaran (SE).

"Menindaklanjuti instruksi itu, kami membuat surat edaran. Berdasarkan pesan dari Pak Bupati untuk meliburkan siswa minimal satu pekan. Siswa kelas enam SD yang akan mengikuti latihan ujian diundur Senin pekan depan," tutur Wiyanto saat dihubungi Solopos.com, Minggu (15/3/2020) siang.

Pulang dari Taiwan Ngeluh Meriang, TKI Sragen Sempat Dicurigai Corona

Dia menjelaskan waktu libur bagi siswa akan diperpanjang sesuai kebutuhan dan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi terbaru perihal penyebaran Covid-19.

"Minimal satu pekan. Ada perkembangan apa nanti ditambah lagi. Jadi bukan masalah. Bertahap kebijakan. Ini akan saya sebarkan ke SD lewat korwil, SMP lewat MKKS. Bisa juga kami share melalui pesan berjejaring. Mohon waktu karena kami harus mengatur kalimat agar jangan sampai terjadi missed. Enggak usah grusa-grusu, tanggap, cepat, tepat,” tandasnya.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho