Cegah Corona, Desa Di Klaten Ini Gerakkan Penjahit Lokal Untuk Bikin Masker Kain

Salah satu desa di Manisrenggo, Klaten, yakni Desa Tijayan menggerakan penjahit lokal untuk memproduksi masker kain guna melindungi warga dari virus corona.

Cegah Corona, Desa Di Klaten Ini Gerakkan Penjahit Lokal Untuk Bikin Masker Kain

SOLOPOS.COM - Seorang penjahit di Desa Tijayan, Manisrenggo, Klaten, menyelesaikan pembuatan masker kain di rumahnya, Selasa (7/4/2020). (Solopos/Taufiq Sidik Prakoso)

Solopos.com, KLATEN -- Salah satu desa di Manisrenggo, Klaten, yakni Desa Tijayan menggerakan penjahit lokal untuk memproduksi masker kain guna melindungi warga dari virus corona.

Hal itu menindaklanjuti instruksi pemerintah yang mewajibkan setiap orang memakai masker saat keluar rumah untuk mencegah penularan virus corona.

Gerakan melibatkan penjahit lokal untuk membikin masker kain juga diinisiasi Pemerintah Desa Tijayan setelah melihat para penjahit setempat sepi order sejak virus corona mewabah.

75 ODP Kontak Erat Dengan Pasien Positif Corona di Solo Dicek Pakai Rapid Test

Mereka membikin masker di rumah masing-masing menggunakan mesin jahit pribadi dengan ongkos jahit Rp1.000/masker. Bahan berupa kain katun yang sudah dipotongi mereka dapatkan dari pemerintah desa.

Salah satu penjahit yang dilibatkan untuk membuat masker kain pencegahan corona di Tijayan, Klaten, adalah Ngatirah, 45. Warga Dukuh Jetis, Desa Tijayan, itu menjahit masker kain sejak Senin (6/4/2020).

Aktivitas itu dia lakukan sembari menjaga warung kelontong serta berjualan tempura di teras rumah. “Saya kemarin mengambil 150 potongan kain untuk dijahit menjadi masker,” kata Ngatirah saat ditemui wartawan di rumahnya, Selasa (7/4/2020).

Banjarsari Paling Banyak! Ini Update Sebaran ODP&PDP Covid-19 Solo 7 April 2020

Order menjahit masker kain guna pencegahan corona di Klaten itu menjadi angin segar bagi Ngatirah setelah hampir empat bulan ini tak mendapatkan order.

Membantu Ekonomi Keluarga

Biasanya dia mendapat order menjahit dompet dari pengusaha suvenir asal Jogja dengan ongkos Rp500/dompet. Kondisi itu bertambah buruk setelah suaminya libur bekerja sebagai buruh bangunan sejak Senin.

“Ada order masker ini yang jelas sangat membantu ekonomi keluarga. Sejak tidak ada order menjahit dompet, saya menganggur menjahit. Ya menjahit kalau ada permintaan permak saja,” kata dia.

1 PDP Sragen Meninggal di RSUD Moewardi Solo, Hasil Swab Negatif Corona

Hal senada disampaikan Yuliati, 36, warga Dukuh Jomboran, Desa Tijayan. Sejak awal tahun, ibu empat anak itu menganggur lantaran tak lagi mendapatkan order menjahit.

“Sejak awal tahun ini menganggur. Saya sebelumnya diajak menjahit di perusahaan sarung tangan. Sekarang ada tawaran menjahit masker ini membantu,” kata ibu empat anak tersebut.

Yuliati mengambil 200 potongan kain untuk dibuat masker kain guna pencegahan penularan corona di Tijayan, Klaten.

Kepala Desa (Kades) Tijayan, Joko Lasono, mengatakan ide memproduksi masker kain muncul setelah WHO merekomendasikan semua orang menggunakan masker.

Bupati Wonogiri Larang Pembagian Masker Pencegahan Corona di Ruang Publik

“Kami mencari masker ternyata sulit. Ada pun harganya sudah mahal. Saya sendiri beli masker kain seharga Rp8.000/lembar,” Joko.

Memanfaatkan pergeseran anggaran dana desa, Joko membeli kain. Bersama sukarelawan, kain dipotong menjadi bahan membuat masker.

Masker Bikinan Sendiri Lebih Murah

Setelah diunggah ke grup Whatsapp (WA) warga, muncul usulan agar kain hasil potongan tersebut dijahit warga yang memiliki mesin dan keahlian menjahit namun sepi order.

“Ternyata banyak masyarakat kami bekerja di konfeksi. Ada yang libur akhirnya ditawari menjahit masker dengan upah standar. Saat ini ada 10 penjahit yang membikin masker. Selain upah Rp1.000/masker, kami beri tambahan ongkos ketika masker dicuci dan disetrika,” kata Joko.

Update: Jumlah Positif Corona Indonesia 2.738, Rekor Tambahan Kasus Baru

Joko mengatakan masker kain bikinan sendiri itu rencananya dibagikan ke seluruh warga Tijayan yang berjumlah sekitar 3.200 orang dalam pekan ini.

Meski bikinan sendiri, Joko memastikan masker kain untuk pencegahan corona di Klaten itu tak asal dibuat.

“Kami buat masker kain berlapis dua dan terdapat kantong untuk bisa ditempatkan tisu kering. Ternyata kalau bikin sendiri harganya lebih murah. Satu masker yang kami buat ini seharga Rp3.500,” jelas dia.

Berita Terkait

Berita Terkini

Pangdam dan Kapolda Jateng Pantau Vaksinasi Mahasiswa di UIN Surakarta

Pelaksanaan vaksinasi untuk perguruan tinggi negeri di Jateng dimulai di UIN Raden Mas Said Surakarta dan diikuti 2.000 mahasiswa Soloraya.

Dugaan Pungli Pemakaman Pasien Covid-19 di TPU Daksinoloyo, Ini Sikap Kapolresta Solo

Kasus dugaan pungli pemakaman pasien Covid-19 terjadi di wilayah Sukoharjo. Jika ada proses hukum, bakal diselesaikan oleh Polres Sukoharjo.

Perangkat Desa Jogoprayan Klaten Terpapar Corona, Kantor Desa Ditutup 3 Hari

Penutupan Kantor Desa Jogoprayan di Kecamatan Gantiwarno, Klaten dilakukan guna memutus mata rantai persebaran Covid-19.

Wamen Perdagangan: Akselerasi Vaksinasi Percepat Pemulihan Ekonomi

Program vaksinasi penting untuk pemulihan ekonomi Indonesia, untuk itu semua pihak didorong ikut melakukan akselerasi vaksinasi Covid-19.

Naik Kawasaki KLX, Komandan Tim Sparta Solo Blusukan Bawa Beronjong

Pergerakan Tim Sparta Solo tetap lincah meskipun sepeda motor terpasang beronjong saat melintas di wilayah Timuran dan Priyobadan Solo.

Hapus Pungli Pemakaman, Komisi III DPRD Minta Juru Kunci Sering Ngantor di TPU

Komisi III DPRD Kota Solo menilai adanya pungli dalam proses pemakaman menjadi tanggung jawab juru kunci.

Dituding Ada Pungli di Pemakaman Pasien Covid-19, Begini Jawaban Wali Kota Gibran

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, menyebut penggali kubur yang diduga melakukan pungli bukan petugas resmi.

Diminta Kembalikan Bantuan Dobel Rp300.000, 27 Warga Gentan Klaten: Kami Legawa

Sebanyak 27 warga Gantiwarno Klaten mengembalikan bantuan sosial dari dana desa senilai Rp300.000 karena juga mendapat bantuan ganda lain dari pemerintah senilai Rp600.000.

Pertumbuhan Ekonomi di Sukoharjo Minus 1,7 Persen, Ini Penyebabnya

Pemerintah Kabupaten Sukoharjo mencatat pertumbuhan ekonomi sejak Januari hingga Juni 2021 mengalami kontraksi minus 1,7 persen.

Tak Punya Uang, Seorang Ayah di Solo Tawarkan Barter Sepatu Bekas dengan Susu di Facebook, Polisi Langsung Bantu

Seorang ayah di Solo tak punya uang untuk membelikan susu putrinya lantas memposting tawaran barter sepatu bekas dengan sekotak susu di Facebook. Polresta Solo langsung memberi bantuan.

2.000 Mahasiswa Soloraya Ikuti Vaksinasi Massal di UIN Surakarta

Mahasiswa peserta vaksinasi tidak hanya dari kampus UIN Raden Mas Said Surakarta, namun dari perguruan tinggi lain di wilayah Soloraya.

Tabung Gas Bocor, 2 Warga Gemolong Sragen Alami Luka Bakar 30%

Dua ibu-ibu di Gemolong, Sragen, menderita luka bakar saat berupaya memadamkan api yang muncul akibat kebocoran tabung elpiji.

Dinilai Rawan Covid-19, 3 Pusat Perbelanjaan di Solo Ini Diberi Posko PPKM Level 4

Polresta Solo mendirikan posko PPKM Level 4 di Pasar Klewer, PGS, dan BTC karena dinilai rawan penyebaran Covid-19.

Dapat Bantuan Dobel, 27 Warga Gentan Klaten Kembalikan Duit Rp300.000

Jumlah warga di Desa Gentan, Gantiwarno, Klaten, yang terdaftar memperoleh bantuan di tengah pandemi Covid-19 mencapai 156 penerima manfaat bantuan.

Akan Dikembangkan Mirip Dam Guatape, Wisata WGM Wonogiri Mungkin Tutup Sampai Proyek Rampung

Belum ada kepastian Wisata WGM Wonogiri bisa dibuka atau tidak sebelum pekerjaan fisik dimulai mengingat saat ini masih PPKM.

Peringatan 30 Tahun Mengabdi, Alumni Akpol Angkatan Kapolri Gelar Vaksinasi Massal di Solo

Alumni Akpol angkatan 1991 menggelar vaksinasi massal dan pembagian paket sembako di Kota Solo.

Ayem, Pemkab Karanganyar Jamin Ketersediaan Oksigen Medis untuk Warga

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mengatakan kegiatan bakti sosial persediaan isi ulang oksigen gratis mendapatkan respons luar biasa dari masyarakat.

Obituarium Mulyanto Utomo: Bersujud dalam Keabadian

Mantan Pemred Solopos, Mulyanto Utomo, berpulang setelah berjuang melawan Covid-19. Sebelum pergi untuk selamanya, ia sempat menulis buku berjudul Aku Rindu Bersujud.

Selamat! Solo Raih Predikat Kota Layak Anak Kategori Utama Untuk Kali Keempat

Kota Solo kembali meraih penghargaan sebagai Kota Layak Anak kategori Utama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Presiden Jokowi Minta Ngemplak Boyolali Disiapkan Jadi Percontohan Pertanian Terintegrasi

Kecamatan Ngempal dijadikan proyek percontohan pertanian terintegrasi oleh Kementerian Pertanian sesuai instruksi Presiden Jokowi.

Ngeri! 2 Tahun Ada 18 Orang Meninggal Tersetrum Jebakan Tikus di Sragen

Sebagian besar korban terkena jebakan tikus yang dipasangnya sendiri di sawahnya sedangkan sebagian lainnya tersetrum perangkap tikus yang dipasang orang lain.

Ini Rahasia Kelezatan Onde-onde Aneka Rasa Bu Is Boyolali

Berbeda dari onde-onde kebanyakan, Onde-Onde Bu Is Boyolali ditawarkan dengan berbagai varian rasa agar anak-anak dan remaja pun suka. 

2.077 UMKM Sragen Diusulkan Dapat BPUM 2021 Senilai Rp1,2 Juta

Dinkop UKM Sragen membuka pencaftaran calon penerima BPUM 2021 bagi UMKM di Sragen secara offline sampai 9 Agustus 2021 mendatang.

Hore, Operator dan Awak Mobil Tangki Pertamina di Boyolali Jalani Vaksinasi Covid-19

Operator dan awak mobil tangki Pertamina Boyolali melakukan vaksinasi Covid-19 pada Jumat hingga Sabtu, 30-31 Juli 2021.

Sedih, Bocah 11 Tahun di Sragen Jadi Yatim Piatu Akibat Corona

Kedua orang tua Rahmad sempat menjalani perawatan intensif di RS setelah terkonfirmasi positif corona sedangkan Rahmad isolasi di Technopark.

Begini Aturan Kirim Makanan selama PPKM Level 4 di LP Klaten

Pengiriman barang dan makanan di LP Kelas II B Klaten hanya dilayani selama 2,5 jam pada hari kerja.

Sudah 24.000 Warga Klaten Jadi Sasaran Serbuan Vaksinasi TNI dan Polri

Serbuan vaksinasi di Klaten dilakukan TNI/Polri dengan mengoptimalkan peran seluruh jajaran, terutama Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

TNI Gelar Serbuan Vaksinasi Covid-19 Sasar Warga Binaan LP Klaten

sebanyak 138 warga binaan yang divaksin memiliki nomor induk kependudukan (NIK) sedangkan sisanya diusahakan diikutkan vaksinasi di tahap berikutnya.

Pentingnya Pemerintah Aktif Bermedia Sosial Biar Bisa Mendekat ke Masyarakat

Di era teknologi seperti saat ini, pemerintah dinilai sangat penting untuk aktif di media sosial agar semakin dekat dengan rakyat.

Klaten Dapat 10.000 Dosis Vaksin Covid-19 dari Menko Perekonomian

Klaten mendapat 10.000 dosis vaksin Covid-19 dari pemerintah pusat melalui Menko Perekonomian Airlangga Hartanto dan segera didistribusikan.

Sabar Ya... Vaksinasi Covid-19 Booster untuk Nakes Belum sampai Solo

Hingga saat ini Pemkot Solo belum mendapatkan kejelasan mengenai program vaksinasi Covid-19 ketiga atau booster bagi para nakes.

Tak Bisa Jualan Selama PPKM Darurat, PKL Alun-Alun Klaten Kehabisan Modal

Belum semua PKL Alun-Alun Klaten mulai berjualan kembali setelah kawasan itu dibuka per Senin (26/7/2021) karena kehabisan modal.

2 Tahun Tak Ada Pemasukan, Pengusaha Sound System Boyolali Obral Peralatan Suara

Sejumlah pengusaha persewaan sound system di Boyolali terpaksa menjual peralatan suara mereka karena sudah dua tahun ini tak ada pemasukan.

Wow! Baru 2 Tahun, Usaha Kacang Mete Kun Wonogiri Siap Tembus Pasar Australia Dan Turki

Kacang Mete Kun Wonogiri yang diproduksi pengusaha muda bernama Sigit Kuncoro, 27, mulai incar pasar luar negeri yaitu Australia dan Turki.

Dua Warga Jaten Karanganyar Meninggal karena Leptospirosis, Ini Gejala yang Kerap Muncul

Seseorang suspek leptospirosis saat alami gejala demam akut dengan atau tanpa sakit kepala, nyeri otot, lemah, dan conjungtival suffision.

Soal Dugaan Pungli Pemakaman Pasien Corona Asal Kedunglumbu Solo, Ini Tanggapan Disperum KPP

Disperum KPP Solo memberikan tanggapan terkait dugaan pungli yang dialami keluarga pasien positif corona saat pemakaman di TPU Daksinoloyo.

Alhamdulillah, Kasus Harian Covid-19 Sukoharjo Turun Di Bawah 100 Orang

Penambahan harian kasus konfirmasi positif Covid-19 Kabupaten Sukoharjo menunjukkan penurunan sejak awal pekan ini.

Kasus Aktif Covid-19 di Boyolali Menurun, Efek Gerakan di Rumah Saja?

Kasus aktif Covid-19 di Boyolali yang terus turun, dimungkinkan salah satunya merupakan dampak dari pelaksanaan Gerakan Boyolali di Rumah Saja.

Keluarga Pasien Meninggal Positif Corona Asal Solo Dimintai Uang Jutaan Rupiah Saat Pemakaman, Pungli?

Keluarga jenazah pasien corona asal Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo, diduga jadi korban pungli oleh oknum penggali kubur di TPU Daksinoloyo.

Salut! Polres Sukoharjo Rekrut Penyandang Disabilitas Jadi Operator Call Center

Polres Sukoharjo merekrut penyandang disabilitas sebagai operator call center yang bertigas menerima laopran masyarakat melalui hotline 110.

Pemkot Solo Mulai Mendata Anak-Anak Yang Jadi Yatim Piatu Akibat Covid-19

Pemkot Solo mulai mendata anak-anak yang menjadi yatim, piatu, atau yatim piatu lantaran orang tua mereka meninggal terpapar Covid-19.

1 Pegawai Positif Corona, Kantor Kelurahan Jombor Sukoharjo Ditutup Sementara

Pelayanan di Kantor Kelurahan Jombor, Kecamatan Bendosari, Sukoharjo, ditutup sementara menyusul adanya satu pegawai yang positif corona.

Bantu Warga Terdampak Covid-19, Komunitas Solo Murup Bergerak Kumpulkan Puluhan Juta Rupiah

Belasan pemuda yang tergabung dalam komunitas Solo Murup tak tinggal diam melihat kondisi masyarakat yang terpuruk akibat pandemi Covid-19

Kasus Kematian Tinggi, Pasien Covid-19 di Klaten Diimbau Tempati Isolasi Terpusat

Angka kasus kematian pasien Covid-19 di Klaten termasuk mereka yang menjalani isolasi mandiri di rumah masih cukup tinggi.

Kementan Mendukung Penuh Urban Farming di Kota Solo

Kota Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki potensi besar untuk pengembangan pertanian perkotaan atau urban farming.

Jos! Pasutri Asal Sragen Ekspor 1.000 Ton Beras ke Arab Saudi

Pasangan suami istri (pasutri) asal Krujon, Toyogo, Sambungmacan, Sragen, mendapat kontrak kerja untuk mengekspor 1.000 ton beras ke Arab Saudi.

Kades Godog Polokarto Dilaporkan ke Kejari Sukoharjo, Korupsi?

Kades Godog, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo, Agus Adhi Setiawan, dilaporkan ke Kejari oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD)

Waspada! 2 Orang di Jaten Karanganyar Meninggal Terjangkit Leptospirosis

Sebanyak dua orang warga Jaten, Karanganyar diketahui meninggal akibat terpapar penyakit leptospirosis. Dinkes mengingatkan warga agar waspada.

Mayat Bayi Perempuan Ditemukan di Bawah Jembatan Puntukrejo Karanganyar

Sesosok mayat bayi perempuan ditemukan di bawah jembatan Desa Puntukrejo, Ngargoyoso, Karanganyar, pada Jumat (30/7/2021)

Ghifari Bocah Yatim Piatu Sukoharjo Dapat Tabungan Pendidikan dari Presiden Jokowi

Ghifari, bocah yatim piatu di Sukoharjo korban Covid-19 mendapat bantuan tabungan pendidikan dari Presiden Jokowi.

Innalillahi, Bayi 1,6 Tahun di Sragen Meninggal Dunia Positif Covid-19 Berdasarkan Antigen

Seorang bayi berusia 1,6 tahun asal Desa Bedoro, Sambungmacan, Sragen, meninggal dunia dengan status hasil swab antigen positif Covid-19, Kamis (29/7/2021) malam.

Salut! Sukarelawan Pengantar Oksigen di Wonogiri Ini Tak Patok Tarif: Bayar Seiklhasnya

Kisah inspiratif tentang sukarelawan pengantar oksigen di Wonogiri yang tidak mematok bayaran, alias bisa dibayar seikhlasnya.

BPUM Tahap Tiga di Wonogiri Sudah Dibuka, Ini Syarat dan Link Pendaftarannya

Program Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) bagi para pelaku usaha mikro di Wonogiri kembali dibuka mulai Jumat (30/7/2021).

Kisah Tragis Warga Wonogiri Kesulitan Cari Oksigen di 8 RS Sampai Ibunya Meninggal

Kisah tragis menimpa warga Wonogiri, Jawa Tengah, yang kesulitan mencari oksigen untuk ibunya yang sakit hingga meninggal dunia.

Kasus Covid-19 di Sukoharjo Tembus 10.342 Orang, Pasien Meninggal 682 Orang

Kasus Covid-19 secara kumulatif di Sukoharjo menembus 10.342 orang dan pasien positif yang meninggal dunia sebanyak 682 per 29 Juli 2021.

Cerita Unik Napi di Klaten, Bertato Tapi Takut Disuntik Vaksin

Sebanyak 138 dari 296 narapidana (napi) di LP Kelas II B Klaten menjalani vaksinasi Covid-19 yang diinisiasi oleh Kodim 0723/Klaten, Jumat (30/7/2021).

30 Warga Binaan di LP Klaten Sembuh dari Corona

Sebanyak 30 warga binaan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Kelas II B Klaten dinyatakan telah sembuh dari infeksi virus corona.

Duh, Warga Karanganyar Makin Banyak yang Miskin

Jumlah warga miskin di Karanganyar bertambah akibat kondisi pandemi Covid-19 yang terjadi selama setahun lebih.

Senjata Makan Tuan, Warga Tangkil Sragen Meninggal Tersetrum Jebakan Tikus di Sawahnya

Korban mengalami luka bakar serius di bagian kaki dan perut akibat tersengat aliran listrik pada jebakan tikus yang ia pasang sendiri.

Bikin Haru, Ini Pesan Vino Bocah Yatim Piatu karena Covid-19 untuk Simbahnya di Sragen

Vino memang sempat dinyatakan positif corona, namun masa isolasi mandirinya sudah berakhir pada Senin (26/7/2021) lalu.

Dinsos Sragen dan Simbah Berangkat Jemput Vino di Kaltim

Pemkab Sragen siap membesarkan Vino bersama simbahnya di kampung halaman serta menyalurkan beasiswa pendidikan hingga jenjang SMA bila diperlukan.

Sragen Dapat Tambahan 25.000 Dosis Vaksin Covid-19, Dibagi Rata ke Desa-Desa

DKK Sragen menerima suplai vaksin Covid-19 jenis Astrazeneca sebanyak 20.000 dosis plus 5.000 dosis vaksin Sinovac pada Rabu (28/7/2021) malam.

Kawasan Perekonomian Baru di Sragen Bakal Seperti Solo Baru?

Kabupaten Sragen terus membangun wilayahnya salah satunya dengan menciptakan kawasan perekonomian baru di sejumlah lokasi di Sukowati.

Ribuan Pedagang di 15 Pasar Tradisional Boyolali Jadi Sasaran Vaksinasi Covid-19

Ribuan pedagang dari 15 pasar tradisional Kabupaten Boyolali menjadi sasaran program vaksinasi Covid-19 pada Kamis (29/7/2021).

Waduh, Vaksin Untuk Imunisasi Anak di Wonogiri Mulai Langka, Termasuk Polio dan Rubella

Stok vaksin untuk imunisasi rutin anak di Kabupaten Wonogiri mulai langka, banyak warga kecele saat hendak mengimunisasikan anak mereka.

Upaya Membangun Pariwisata dan Perekonomian Sukowati Sragen

Museum Sangiran Sragen menjadi perhatian pemerintah dalam pengembangan destinasi pariwisata nasional, karena jadi salah satu warisan dunia.

Sekda Tidak Ingin Pandemi Jadi Penghambat Pembangunan Sragen

Pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung berpengaruh pada rencana pembangunan menengah dan jangka panjang Kabupaten Sragen.

Terus Bertambah, Kasus Kematian karena Covid-19 di Klaten Tembus 2.049 Orang

Jumlah kumulatif kasus kematian karena Covid-19 di Klaten sudah menembus angka 2.049 orang hingga, Kamis (29/7/2021).

Kisah Tragis 3 Kakak-Adik Di Begajah Sukoharjo Jadi Yatim Piatu, Ayah-Ibu Meninggal Positif Corona

Tiga kakak-beradik di Begajah, Sukoharjo, menjadi yatim piatu setelah kedua orang tua mereka meninggal positif virus corona.

BOR Isolasi Belasan RS Solo Turun di Bawah 90%, RSUD Moewardi Bongkar 1 Tenda

Tingkat keterisian bed atau BOR ruang isolasi belasan RS rujukan Covid-19 Kota Solo awal pekan ini mulai turun rata-rata di bawah 90%.

Terlibat Gesekan, Anggota 2 Perguruan Silat Mojogedang Karanganyar Dihukum Kerja Bakti

Sekitar 40 anggota dari dua perguruan silat di Mojogedang, Karanganyar, dihukum kerja bakti memperbaiki jembatan gara-gara terlibat gesekan.

Warga Klaten Di Perantauan Kirim Bantuan 100 Tabung Oksigen Medis

Paguyuban Warga Klaten di perantauan mengirim bantuan oksigen medis sebanyak 100 tabung yang diserahkan ke Bupati Klaten pada Kamis.

Ada Aturan Makan di Tempat Maksimal 20 Menit, Begini Tanggapan Pelaku Usaha Kuliner di Boyolali

Sesuai ketentuan baru pada PPKM Level 3 di Kabupaten Boyolali, warga boleh makan di warung makan namun dengan batasan waktu 20 menit saja.

Ngaku Petugas Puskesmas Teror Peserta Vaksinasi Di Boyolali, Pelaku Sebut Ini Motifnya

Identitas dan motif pengirim pesan teror kepada dua perempuan peserta vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Teras, Boyolali, akhirnya terungkap.

Rutan Solo Kerahkan Sipir Penjara Susuri Perkampungan Bagikan Sembako

Rutan Solo mengerahkan para sipir dan pegawai untuk berkeliling bagikan sembako kepada masyarakat terdampak pandemi corona.

Mantap! Desa Kemudo Klaten Gandeng Klinik dan Siapkan 16 Tracer Untuk Percepat Penanganan Covid-19

Upaya mempercepat pelacakan kontak erat diberlakukan di Desa Kemudo, Kecamatan Prambanan, Klaten, dengan menyiapkan 16 tracer.

AKBP Edy Suranta Sitepu Tak Lagi Menjabat Kapolres Klaten, Ini Pejabat Yang Baru

Kapolres Klaten diganti, AKBP Edy Suranta Sitepu sudah tidak lagi menduduki tersebut dan diganti pejabat baru per Rabu (28/7/2021).

Pengumuman! Ruas Jalan di Kawasan Perkotaan Klaten Ditutup Mulai Pukul 20.00 WIB

Belasan ruas jalan di kawasan perkotaan Klaten mulai ditutup sejak pukul 20.00 WIB-05.00 WIB setiap harinya selama PPKM Level 4.

Positif Corona, 2 Pasangan Calon Pengantin Di Wonogiri Tunda Akad Nikah

Dua pasangan calon pengantin di Kecamatan/Kabupaten Wonogiri terpaksa menunda proses ijab kabul karena terkonfirmasi positif corona.

Kisah Penamaan Wedi di Klaten Berkaitan dengan Sunan Pandanaran

Kepala Dusun (Kadus) I Kalitengah, Wedi, Slamet Widodo, 62, mengatakan kisah penamaan Wedi berawal dari perjalanan Sunan Bayat saat berada di Wedi.

Dijaga Satgas, Ratusan Tamu Batal Datang ke Hajatan Warga di Jenar Sragen

Ratusan tamu undangan tidak datang pada hajatan yang digelar warga Jenar, Sragen, yang ditunggui Satgas Covid-19.

Belum Genap Sepekan, 22 Warga Klaten Positif Corona Pulang Dari Asrama Haji Donohudan

Sebanyak 22 warga Klaten positif corona yang menjalani isolasi di Asrama Haji Donohudan Boyolali pulang karena sudah sembuh.

Klaten Sedang Tidak Baik-Baik Saja!

Bupati Klaten, Sri Mulyani, menyebut kondisi Klaten saat ini sedang tidak baik-baik saja dalam pidato hari jadi yang ke-217.

Salut! Rutan Wonogiri Bagi-Bagi Paket Sembako ke Warga Terdampak PPKM

Rutan Kelas II B Kabupaten Wonogiri menyerahkan puluhan paket sembako kepada warga Wonogiri yang terdampak PPKM level 4.

Diduga Kena Percikan Api Las, Gudang Beras Di Kedungupit Sragen Hangus Terbakar

Gudang beras di Kedungupit, Sragen Kota, Sragen, terbakar diduga akibat percikan api dari las listrik yang kemudian merembet ke bagian lain.

Vino Bocah Yatim Piatu Korban Covid-19 di Sragen Dapat Sepeda dari Presiden Jokowi

Alviano Dafa Raharjo, 10, atau yang akrab disapa Vino, bocah yatim piatu korban Covid-19 mendapat bantuan sepeda dari Presiden Jokowi.

Terungkap! Pengirim WA Teror Minta Foto Vulgar Ke Peserta Vaksinasi Boyolali Ternyata Teman Kerja Korban

Polres Boyolali berhasil mengungkap identitas pengirim pesan WA teror kepada peserta vaksinasi Covid-19 di Puskesmas Teras, Juni lalu.

Terekam CCTV Maling Sepeda Lipat di Grogol Sukoharjo, Residivis Asal Klaten Dibekuk Polisi

Jajaran Polsek Grogol, Sukoharjo, gerak cepat membekuk seorang residivis, Agung Wijayanto alias Hendro, 50, lantaran maling sepeda lipat.

Berminat Patungan Beli Ambulans untuk Bantu Sesama? Begini Caranya

Gerakan open donasi bertajuk Patungan Pengadaan Ambulans ini mulai disebarkan melalui media sosial (medsos) hingga grup-grup whatsapp (WA).

Kisah Unik Makan di Warung Saat PPKM di Boyolali: Ngiras 20 Menit Ga Cukup

Kisah unik kali ini berisi tentang pengalaman ngiras di warung makan di Boyolali yang dibatasi selama 20 menit selama PPKM.

3 Bersaudara di Solo Yatim Piatu Gegara Ayah Meninggal Kena Corona

Tiga bersaudara di Kelurahan Pajang, Laweyan, Solo, jadi yatim piatu setelah sang ayah meninggal dunia karena terpapar Covid-19.

Waduuuh, Gudang Beras di Sragen Kebakaran!

Sebuah gedung beras di Desa Kedungupit, Kecamatan Sragen Kota, Kabupaten Sragen, kebakaran, Kamis (29/7/2021) siang WIB.

Polresta Solo Bangun Pos di Depan Pasar Klewer, Ternyata Ini Tujuannya

Jajaran Polresta Solo membangun Pos Pantau Terpadu PPKM Level 4 di Pasar Klewer Solo pada Rabu (29/7/2021).

Gelap Gulita, PKL Jajanan Malam di Solo Baru Belum Berjualan Meski Aturan PPKM Dilonggarkan

PKL jajanan di kawasan Solo Baru, Sukoharjo, Jawa Tengah, memilih belum berjualan meskipun aturan PPKM dilonggarkan karena lampu PJU masih dipadamkan.

Buntut KasusAncaman Nakes RSUD Ngipang Solo, Polisi Buka Jalur Kekeluargaan

Polresta Solo membuka jalur penyelesaian secara kekeluargaan kasus ancaman kekerasan kepada tenaga kesehatan (nakes) di RSUD Ngipang.

Diskominfo Klaten dan Bea Cukai Surakarta Gelar Lomba Film Pendek Berhadiah Rp47 Juta, Ikutan Yuk!

Pendaftaran lomba film Stop Cukai Ilegal dibuka 23 Juli 2021-30 Agustus 2021 dengan memperebutkan hadiah total senilai Rp47 juta.

BNI Kantor Cabang Surakarta Percepat Penyaluran Bansos di Sragen dan Karanganyar

Bank Negara Indonesia (BNI) Kantor Cabang Surakarta melakukan upaya percepatan penyaluran bantuan sosial (Bansos) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar

Kematian Pasien Corona di Soloraya Tinggi, BNPB: Butuh Perhatian Khusus

Kepala BNPB menyebut angka kematian pasien corona di Soloraya cukup tinggi hingga memerlukan perhatian khusus.

50 PKL Sragen Dites Swab Antigen Dulu Sebelum Ambil Bantuan Sembako

Ada 1.622 PKL mengambil paket sembako di Pendapa Rumah Dinas (Rumdin) Bupati Sragen. Para petugas dari TNI dan Pemkab Sragen memeriksa setiap PKL yang hadir.

Ketua Satgas Covid-19 Sebut Awal Agustus Vaksinasi Digencarkan Lagi

Ganip menyatakan pemerintah terus menerus mendatangkan vaksin untuk bisa memberikan vaksinasi kepada rakyat dan mungkin mulai awal Agustus gencar lagi.