Solopos.com, WONOGIRI – Ratusan sukarelawan bersama Forkopimcam Selogiri, dan Perum Jasa Tirta I membersihkan sampah penghalang aliran Sungai Bengawan Solo di Desa Nambangan, Selogiri, Wonogiri. Pembersihan sungai dinilai sebagai upaya mitigasi bencana banjir saat penghujan.

PromosiJalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Selain meminimalisasi luapan Sungai Bengawan Solo, kegiatan pembersihan penghalang aliran sungai itu juga sebagai upaya sosialisasi pelestarian lingkungan sungai.

Sungai Bengawan Solo kerap ditemukan timbunan sampah baik organik maupun anorganik atau sampah rumah tangga. Sampah-sampah itu menjadi salah satu faktor penghambat aliran sungai Bengawan Solo, terutama saat musim penghujan ketika debit air di sungai tersebut tinggi.

 

Sukarelawan dari BPBD Wonogiri menarik batang kayu yang tersangkut di aliran Sungai Bengawan Solo, Jumat (28/5/2023). (Istimewa/BPBD Wonogiri)

 

Sukarelawan membersihkan sampah penghalang aliran sungai Bengawan Solo di Desa Nambangan, Selogiri, Wonogiri, Minggu (28/5/2023). (Istimewa/BPBD Wonogiri)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Rekomendasi