SOLOPOS.COM - BPBD Wonogiri mengerahkan alat berat untuk mengeruk lumpur di sungai wilayah Selogiri, Sabtu (24/3/2018). (Istimewa/BPBD Kabupaten Wonogiri)

BPBD Wonogiri mengeruk lumpur sungai di Selogiri untuk mencegah banjir.

Solopos.com, WONOGIRI — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Wonogiri mengeruk sedimen di sungai wilayah Desa Gemantar, Selogiri. Pengerukan dilakukan pada Jumat (23/3/2018) hingga Minggu (25/3/2018) dengan tujuan mencegah sungai meluap dan membanjiri permukiman warga sekitar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Pelaksana Harian BPBD Wonogiri, Bambang Haryanto, mengatakan alat berat dikerahkan untuk mengeruk sedimen yang sudah mencapai seperempat tinggi air sungai tersebut. Selain mengeruk sedimen, BPBD juga melebarkan sungai terutama di bagian yang menikung.

Pelebaran sungai itu sedianya dilakukan pada Minggu namun terkendala medan yang sempit sehingga alat berat sulit menjangkau lokasi. Rencananya pada Senin (26/3/2018) ini pengerukan sedimen bergeser ke sungai di sekitar Jembatan Tekaran di jalan raya Solo-Wonogiri.

Alat berat akan dipindah ke lokasi tersebut via jalan Solo-Wonogiri. BPBD juga akan berkoordinasi dengan perangkat desa setempat mengenai upaya penanggulangan bencana.

“Ini merupakan upaya pengurangan risiko bencana yang dilakukan BPBD Wonogiri,” ujar Bambang saat dihubungi Solopos.com, Minggu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya