SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOLOPOS/dok)

Catur piala raja digelar di GOR Amongrogo, Jogja.

Harianjogja.com, JOGJA –– Pecatur senior DIY RW Al Jamiat berhasil menjadi juara kategori senior di Kejuaraan Catur Piala Raja ke-5 di GOR Amongraga, Minggu (29/11/2015) malam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pecatur yang memiliki gelar master nasional tersebut menang nilai bucholz atas pecatur asal Jambi, MN Hudallah yang sama-sama mengumpulkan nilai delapan.

Nilai bucholz digunakan dalam sistem catur cepat dengan memperhitungkan jumlah poin atas lawan-lawan yang pernah dihadapi.

Pada pertandingan terakhir, Al Jamiat berhasil meraih remis atas pecatur muda DIY Satrio Gayuh. Setelah melewati sembilan babak, Al Jamiat berhasil mengumpulkan nilai delapan Match Point (MP) dan berhak atas hadiah utama Rp12 juta.

Adapun Hudallah yang di partai terakhir meraih kemenangan atas Januar Lukito dan mengubah poin menjadi delapan, harus puas di peringkat kedua. Untuk peringkat ketiga diraih oleh Gayuh Satrio yang meraih poin tujuh.

Sedangkan di kategori putri, juara diraih oleh Tri Febriyanti disusul Dwi Kurnia Pravitasari dan Kurnia Triutariningrum. Sementara di kelompok junior tepatnya di KU-18 putra, Candra Putra Wahyu menjadi juara. Di KU-15, Sagita Catur Adi, KU-12 dijuarai Muhammad Farhan Aditya, KU-10 juara diraih Michael Anggit dan KU-8, juara direbut Kicko Ratri.

Untuk Junior putri, juara KU-18 Dhea Safitri, juara KU-15 Kusumawati Fenti, juara KU-12 Naura Inayatu, juara KU-10 Ardita Prameswari dan juara KU-8 tahun Armenia Zendi.

Ketua Komite Perwasitan turnamen catur Piala Raja ke-5, Jumariyanto mengatakan, meski telah masuk dalam agenda FIDE dan berstatus nasional, jumlah peserta di turnamen kali ini jauh berkurang dibandingkan dua tahun sebelumnya. Jika sebelumnya ada 440 pecatur ambil bagian di Piala Raja IV, maka kali ini hanya ada 175 pecatur.

“Mungkin momennya saja yang kurang pas,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya