SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLO—PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta mengoperasikan kereta tambahan untuk menghadapi angkutan masa Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019 yang ditetapkan selama 18 hari, mulai 20 Desember 2018 hingga 6 Januari 2019. Kereta tambahan ini terdiri atas delapan kereta dengan 16 relasi atau rute.

Sebanyak 10 perjalanan melintasi Solo yang dilayani lima KA yaitu  Lodaya, Sancaka, Lodaya malam, Argo Lawu, dan Argo Dwipangga . Marcom PT KAI Daops VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, mengatakan kereta tambahan ini melayani rute dari dan ke kota besar antara lain Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, dan Solo. “KA tambahan untuk Daops VI adalah Taksaka pagi, Taksaka malam, Lodaya, Sancaka, Mataram Premium, Lodaya malam, Argo Lawu, dan Argo Dwipangga,” kata dia kepada wartawan, Selasa (11/12/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lebih lanjut Eko memaparkan KA tambahan antara lain Lodaya Bandung-Solo PP, Lodaya Malam Solo-Bandung PP, Argo Lawu fakultatif Gambir-Solo PP, dan Argo Dwipangga fakultatif Gambir-Solo PP.

Di sisi lain, secara keseluruhan PT KAI mengoperasikan 24 KA tambahan (48 perjalanan KA) dengan total kapasitas seat sebanyak 27.560 per hari. KA tersebut sebagian besar mulai beroperasi pada 20 Desember 2018 hingga 7 Januari 2019. Namun demikian, untuk KA Brantas tambahan dan Mataram Premium, operasionalnya dimulai sejak 13 Desember 2018.

“Ketersediaan tempat duduk, hingga 3 Desember 2018 jumlah tempat duduk di KA tambahan masih tersedia sebanyak 75%. Sedangkan untuk KA reguler masih tersedia 61% tempat duduk,” imbuh dia.

Dari aspek sarana KA, tahun ini KAI menyiagakan 444 unit lokomotif, satu unit lokomotif cadangan, 1.637 unit kereta, dan 218 unit kereta cadangan. Sementara untuk jumlah KA, tahun ini KAI menyiapkan 346 perjalanan KA reguler serta 48 perjalanan KA tambahan untuk melayani masyarakat. Dengan demikian, total jumlah KA yang siap melayani masyarakat pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru kali ini adalah 394 perjalanan KA. Jumlah ini meningkat 5% dibanding periode yang sama tahun lalu, yakni sebanyak 375 perjalanan KA.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya