SOLOPOS.COM - Walikota Solo, Joko Widodo bersama ribuan metalhead menyaksikan gelaran Rock In Solo di Alun Alun Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo, Sabtu (17/9/2012), Tampil sebagai pengisi utama adalah band Death Angel. (Foto: JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Jasad tampil digelaran Rock In Solo 2012, Sabtu (13/10/2012) di Alun-alun Utara Solo. (Foto: JIBI/SOLOPOS/Burhan A)

Walikota Solo, Joko Widodo bersama ribuan metalhead menyaksikan gelaran Rock In Solo di Alun Alun Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, Solo, Sabtu (17/9/2011) lalu, Tampil sebagai pengisi utama adalah band Death Angel. (Foto: JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

SOLO—Gelaran Rock in Solo, Sabtu (13/10/2012) sudah enam kali digelar di Solo. Ajang ini semakin memantapkan Solo sebagai kota buruan para metalhead untuk memuaskan dahaga mereka terhadap musik cadas ini.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com Rock In Solo kali pertama digelar pada 2004 dengan tema Rock in Solo: Road to Euro. Tema ini dipilih sebagai penyambutan pesta turnamen sepak bola empat tahunan negara-negara Eropa. Beberapa band yang ambil bagian antara lain Seringai, The Brandals dan Tengkorak.

Pada 2007, Rock in Solo mengusung tema Freedom Metal Fest 2007 mengambil tempat di Velodrome Stadion Manahan Solo. Tampil sebagai pengisi acara antara lain Seringai, Burgerkill, Makam, Bandoso dan Down For Life. Tahun ketiga digelar pada 2009, Rock in Solo mengusung tema Youth Metal Fest 2009 dengan menghadirkan Nemesis, Burgerkill dan Death Vomit sebagai lineup.

Edisi keempat digelar pada 2010 dengan tema Summer Metal Fest 2010 dan menghadirkan Dying Fetus sebagai pemuncak acara. Pada 2011, Rock in Solo mengusung tajuk Heritage Metal Fest 2011 dan menghadirkan Death Angel sebagai pemuncak acara yang dihadirkan di Alun-Alun Utara Keraton Kasunanan Surakarta.

Pada gelaran 2011 tergolong istimewa, lantaran Walikota Solo Joko Widodo (Jokowi) hadir ikut menyaksikan. Walikota yang juga punya hobi mendengarkan musik cadas sejak di bangku SMA ini bahkan berniat mendatangkan Metallica ataupun Lamb of God, grup musik cadas papan atas dunia.

Saat itu, untuk merealisasikan niatnya tersebut , Jokowi menyatakan sudah bertemu dengan beberapa pihak termasuk manajemen Metallica maupun Lamb of God saat pentas di Singapura tahun lalu.

“Butuh sekitar sedikitnya Rp10 miliar untuk mendatangkan Metallica,” katanya saat wawancara dengan Solopos.com saat itu.

Niatan sang walikota saat itu pun menjadi buruan media baik lokal maupun nasional termasuk majalan-majalah musik, termasuk foto-foto Jokowi di Rock In Solo 2011 beredar luas di jejaring sosial.

Kali keenam Rock In Solo digelar, tahun ini mengambil tema Kingdom Metal Fest 2012, Sabtu dilangsungkan di Alun-alun Utara Solo. Solo pun semakin mantap menjadi kerajaan musik metal. Publik pun masih menunggu realisasi niat mantan Walikota Solo,  Jokowi. Metallica atau Lamb of God?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya