SOLOPOS.COM - Johnny Depp saat berperan menjadi Jack Sparrow. (Mirror.co.uk)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 9 Juni, dihimpun dari berbagai penjuru dunia.

Solopos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah di berbagai belahan dunia dari tahun ke tahun pada 9 Juni. Demi mengenang beragam peristiwa itu, berikut Solopos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 9 Juni, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

68
Kaisar Romawi, Nero, bunuh diri setelah melarikan diri karena pemberontakan yang semakin tak terbendung. Pemberontakan militer yang dipimpin Galba ingin menangkap Nero dan memberinya hukuman mati. Karena itulah Nero lebih memilih melarikan diri dan bunuh diri. Tewasnya Nero itu menjadi akhir dari kekuasaan Dinasti Julio-Claudian di Kekaisaran Romawi.

747
Abu Muslim Khorasani bersama pengikutnya memulai pemberontakan terbuka melawan pemerintahan Kekhalifahan Umayyah di kawsasan Irak dan Iran. Peristiwa itu menjadi awal Revolusi Abbasiyah. Dalam revolusi tersebut, para pemberontak menginginkan sistem pemerintahan yang baru dan menghilangkan diskriminasi terhadap orang-orang non-Arab semasa pemerintahan Kekhalifahan Umayyah. Revolusi Abbasiyah berlangsung Juli, 750. Kekhalifahan Umayyah pada akhirnya runtuh dan digantikan Kekhalifahan Abbasiyah.

Ekspedisi Mudik 2024
Ilustrasi Serangan Medway. (Wikimedia.org)

Ilustrasi Serangan Medway. (Wikimedia.org)

Raja Bhumibol Adulyadej. (Britannica.com)

Raja Bhumibol Adulyadej. (Britannica.com)

1667
Serangan Medway yang dilakukan armada Angkatan Laut Belanda terhadap Angkatan Laut Inggris di dekat Chatham, Inggris dimulai. Salah satu serangan dalam Perang Inggris-Belanda II itu berhasil dimenangi Belanda. Dalam peristiwa yang berlangsung selama lima hari itu, Inggris bahkan mengalami kekalahan terbesar sepanjang Perang Inggris-Belanda II.

1946
Menyusul kematian Raja Ananda Mahidol, Bhumibol Adulyadej naik takhta sebagai raja Thailand. Bhumibol Adulyadej memimpin Kerajaan Thailand hingga akhir hayatnya pada 2016 lalu. Bhumibol Adulyadej adalah pemegang takhta monarki terlama di dunia dengan masa lebih dari 70 tahun.

1944
Pasukan Jerman membantai warga sipil di Tulle, Correze, Limousin, Prancis sebagai balasan atas serangan yang dilakukan kelompok pemberontak di Prancis. Peristiwa yang disebut Pembantaian Tulle itu menewaskan 213 warga sipil dan 99 di antaranya digantung di tiang lampu di kawasan Tulle.

1963
John Christopher Depp II lahir di Owensboro, Kentucky, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal luas sebagai aktor ternama dengan nama panggung Johnny Depp. Perannya yang paling melekat di benak penikmat film adalah saat dirinya menjadi Jack Sparrow, tokoh utama dalam film Pirates of Carribean.

1964
Badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA, menyangkal Teori Domino yang menyatakan negara-negara di Asia Tenggara akan jatuh ke tangan komunis setelah jatuhnya Vietnam Selatan. CIA menyatakan negara di Asia Tenggara yang akan jatuh ke tangan komunis setelah Vietnam Selatan hanyalah Kamboja.

Miroslav Klose. (Cnn.com)

Miroslav Klose. (Cnn.com)

1978
Miroslav Josef Klose lahir di Opole, Polandia. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang pernah bermain untuk klub raksasa di Jerman, Bayern Munchen. Karena memiliki kewarganegaraan Jerman, Klose membela Tim Nasional Jerman dari 2001 hingga 2014. Selama kariernya di tim nasional, Klose sudah bermain sebanyak 137 kali dan mencetak 71 gol.

1993
Sebanyak 350 orang di kamp pengungsian perang di dekat Kota Monrovia tewas dibantai. Pihak yang bertanggung atas pembantaian itu belum terungkap hingga kini.

2011
Rusia menghentikan separuh pasokan listrik ke Belarusia karena utang yang belum dilunasi. Pemerintah Belarusia mengaku masih memiliki utang kepada Rusia senilai US$54 juta. Pemerintah Belarusia juga menyatakan monopoli listrik yang dilakukan Rusia membuat Belarusia tak bisa lepas dari utang. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI utuk Catatan Peristiwa Dunia, 8 Juni
KLIK DI SINI utuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Juni|
KLIK DI SINI utuk Catatan Peristiwa Dunia, 6 Juni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya