Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 9 Desember 1987, Pemberontakan Palestina Terhadap Israel Meletus
Pasukan Israel berjaga di Jabalya, dekat Gaza semasa Intifadhah Pertama, 1988. (Wikimedia.org)

Solopos.com, SOLO — Berbagai peristiwa bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 9 Desember. Salah satunya adalah meletusnya pemberontakan rakyat Palestina terhadap pendudukan Israel di Tepi Barat, Jalur Gaza yang kemudian dikenal sebagai Intifadhah Pertama.

Selain itu, ada beberapa kejadian penting lainnya yang layak dikenang pada 9 Desember. Demi mengenangnya, simak rangkuman Solopos.com tentang catatan persitiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

730
Pasukan Kerajaan Khazar pimpinan Barjik berhasil mengalahkan pasukan Kekhalifahan Umayyah yang dipimpin Al Jarrah bin Adallah di Ardabil, sebelah barat laut Iran. Dalam pertempuran tersebut, Al Jarrah bin Adallah sebagai jenderal perang bagi Kekhalifahan Umayyah dalam pertempuran tersebut tewas di tangan pasukan Kerajaan Khazar. Atas kemenangan itu, Kerajaan Khazar berhasil merebut wilayah Ardabil dari Kekhalifahan Umayyah.

Pasukan Inggris mengelilingi Yerusalem setelah berhasil merebut wilayah tersebut dari Kesultanan Ottoman, 9 Desember 1917. (Wikimedia.org)
1917
Pasukan Inggris yang dipimpin Edmund Allenby berhasil menduduki Yerusalem di Palestina yang kala itu masih menjadi wilayah kekuasaan Kesultanan Ottoman. Peristiwa itu terjadi di tengah-tengah Pertempuran Yerusalem antara Inggris dan Ottoman. Inggris yang lantas memenangi pertempuran itu juga berhasil menduduki wilayah lain di sekitar Yerusalem.

1937
Pasukan Jepang berhasil merebut Kota Nanking atau Nanjing dari pasukan Tiongkok. Sekitar empat hari setelah Nanking yang kala itu merupakan ibu kota Tiongkok direbut Jepang, Pertempuran Nanking yang berlangsung sejak 1 Desember berakhir dengan kemenangan Jepang.

Pasukan Italia yang berusaha menghalau pasukan Inggris, India, Australia, dan Prancis yang melancarkan Operasi Kompas di Mesir, 1940. (Wikimedia.org)
1940
Tentara Inggris bersama tentara India, Australia, dan Prancis memulai Operasi Kompas demi merebut wilayah Mesir dari Italia. Operasi yang dijalankan selama dua bulan itu akhirnya membuahkan hasil. Wilayah barat Mesir dan Cyrenaica di Libya yang sebelumnya dikuasai Italia berhasil direbut.

1941
Pasukan Amerika Serikat (AS) menyerang kapal milik Jepang di perairan dekat Luzon, Filipina. Serangan itu dilancarkan sehari setelah AS mendeklarasikan perang terhadap Jepang yang dipicu Serangan Pearl Harbour.

1941
Tiongkok, Kuba, Guetamala, dan Filipina mendeklarasikan perang terhadap Jerman dan Jepang. Deklarasi itu sekaligus menyeret nama negara-negara tersebut dalam Perang Dunia II. Tiongkok, Kuba, Guetamala, dan Filipina lantas tergabung dalam Blok Sekutu pada Perang Dunia II.

1947
Tentara Belanda membantai warga sipil di Kampung Rawagede, Desa Balongsari, Rawamerta, Karawang, Jawa Barat (Jabar). Sebanyak 431 penduduk desa menjadi korban pembantaian yang kini dikenang dengan nama Pembantaian Rawagede itu.

1971
Pasukan Angkatan Udara India bersama pasukan Bangladesh melancarkan serangan udara terhadap pasukan Pakistan di wilayah timur Bangladesh. Salah satu serangan dalam Perang India-Pakistan itu berhasil melumpuhkan pasukan Pakistan yang menduduki wilayah timur Bangladesh.

1987
Pemberontakan rakyat Palestina terhadap pendudukan Israel meletus di Tepi Barat, Jalur Gaza. Peristiwa yang dikenal sebagai Intifadhah Pertama itu berlangsung hingga 1993. Diperkirakan 1.100 orang Palestina dibunuh oleh tentara Israel dan 164 orang Israel dibunuh oleh orang Palestina. Israel dan Palestina lantas menandatangani perjanjian damai di Oslo, Norwegia pada 20 Agustus 1993.

2016
Serangan bom bunuh diri mendera wilayah Madagali, Nigeria menewaskan sedikitnya 57 orang dan melukai 177 lainnya. Kelompok Boko Haram lantas dituding sebagai pelaku penyerangan tersebut.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom