SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Harvard. (Brandsouthafrica.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 8 September, dihimpun dari berbagai belahan dunia.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada hari ke-251—hari ke-252 dalam tahun kabisat—sesuai dengan sistem Kalender Gregorian, 8 September. Demi mengenangnya, berikut Semarangpos.com merangkum berbagai peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 8 September, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1514
Pertempuran antara pasukan Moskow dan pasukan Lituania yang dibantu pasukan Polandia meletus di Orsha, Lituania. Pertempuran yang dikenang dengan nama Pertempuram Orsha itu dimenangi pasukan Lituania dan Polandia. Dalam pertempuran itu, sedikitnya 5.000 tentara Moskow tertangkap.

1636
Perguruan Tinggi New College didirikan di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat (AS). Perguruan tinggi merupakan yang pertama di AS. Pada 13 Maret 1639, nama New College diubah menjadi Harvard College sebagai bentuk penghormatan bagi donatur terbesarnya, John Harvard, seorang mantan mahasiswa Universitas Cambridge, Inggris. Kini, perguruan tinggi tersebut dikenal dengan nama Universitas Harvard dan menjadi salah satu universitas terbaik di dunia.

1831
Pertempuran Warsawa antara pasukan Polandia dan Rusia di Warsawa, Polandia berakhir. Pertempuran yang terjadi selama dua hari dan menjadi bagian dari Perang Polandia-Rusia itu berakhir dengan kemenangan Rusia.

Diorama pengepungan Leningrad. (Wikimedia.org)

Diorama pengepungan Leningrad. (Wikimedia.org)

1941
Pasukan Jerman mulai mengepung Kota Leningrad di Uni Soviet. Pengepungan Leningrad berlangsung hingga 18 Januari 1944 dan berakhir dengan kemenangan pasukan Uni Soviet yang berhasil memukul mundur pasukan Jerman. Pengepungan Leningrad merupakan pengepungan terbesar sepanjang sejarah dengan menewaskan lebih dari 1 juta orang.

1943
Petinggi militer Amerika Serikat (AS) Jenderal Dwight D. Eisenhower—orang yang lantas menjadi presiden ke-34 AS—mengumumkan bahwa Italia telah menyerah kepada Sekutu dalam Perang Dunia II. Pengumuman Eisenhower itu dilontarkan setelah Benito Mussolini digulingkan dari jabatannya sebagai perdana menteri Italia.

1954
Southeast Asia Treaty Organisation (SEATO) atau Pakta Pertahanan Asia Tenggara ditandatangani di Manila, Filipina. Organisasi ini didirikan untuk memblokade berkembangnya komunisme di kawasan Asia Tenggara. Negara anggota SEATO antara lain Australia, Prrancis, Selandia Baru, Thailand, Pakistan, Filipina, Britania Raya, dan Amerika Serikat (AS). SEATO lantas dibubarkan pada 30 Juni 1977.

1978
Tentara Iran menembak mati sekitar 88 orang demonstran yang menginginkan revolusi di negara tersebut. Karena terjadi pada hari Jumat, peristiwa tragis itu kini dikenang dengan nama Jumat Hitam.

Alecia Beth Moore alias Pink. (Popcrush.com)

Alecia Beth Moore alias Pink. (Popcrush.com)

1979
Alecia Beth Moore lahir di Doylestown, Pennsylvania, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai penyanyi ternama dengan nama panggung Pink. Sebelum menjadi penyanyi solo, Pink merupakan anggota grup musik Choice dari 1995 hingga 1998.

1989
Gylfi Thor Sigurdsson lahir di Reykjavik, Islandia. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Inggris, yakni Everton. Sebelumnya, Sigurdsson pernah membela klub besar lainnya di Inggris, yakni Tottenham Hotspur dari 2012 hingga 2014.

1991
Makedonia mendeklarasikan kemerdekaannya dari Yugoslavia. Meski demikian, kemerdekaan Makedonia baru diakui PBB pada 8 April 1993. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwan Dunia, 7 September
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwan Dunia, 6 September
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwan Dunia, 5 September

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya