SOLOPOS.COM - Soeharto. (Time.com)

Catatan sejarah yang terjadi dari tahun ke tahun pada 8 Juni terangkum dalam tulisan berikut.

Solopos.com. SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi dari tahun ke tahun pada 8 Juni. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 8 Juni:

Promosi Jelang Lebaran, BRI Imbau Nasabah Tetap Waspada Modus Penipuan Online

218
Pertempuran Antiokh meletus di Kota Antiokh—kini Antakya di Turki—antara pasukan Kekaisaran Romawi pimpinan Macrinus dan pasukan pemberontak yang dipimpin Elagabalus. Dengan bantuan pasukan Suriah, Elagabalus berhasil menang dan menggulingkan Macrinus dari takhtanya. Elagabalus lantas naik takhta menjadi kaisar Romawi.

ilustrasi Bangsa Viking. (Visitnorway.com)

ilustrasi Bangsa Viking. (Visitnorway.com)

793
Bangsa Viking menyerang biara di Lindisfarne di Northumbria, sebelah utara Inggris. Peristiwa ini diyakini sebagai awal penjajahan yang dilakukan Bangsa Viking di tanah Inggris.

1042
Edward Sang Penasihat dinobatkan sebagai Raja Inggris. Edward adalah raja terakhir dari bangsa Anglo-Saxon yang memimpin Inggris. Ia memimpin Inggris hingga akhir hayatnya pada 1066.

1862
Dalam Perang Saudara Amerika Serikat (AS), Pertempuran Cross Keys meletus di Rockingham County, Virginia. Pertempuran tersebut dimenangi pihak Konfederasi yang berhasil mempertahankan Rockingham County dari pasukan Union yang berupaya merebutnya.

1867
Franz Joseph I dinobatkan sebagai raja Austria-Hungaria. Ia lantas memimpin Austria-Hungaria hingga akhir hayatnya pada 1916. Franz Joseph I adalah raja dengan masa jabatan terlama di Eropa setelah Kaisar Prancis Louis XIV dan Raja Liechtenstein Johann II.

1921
Soeharto lahir di Kemusuk, Bantul, Yogyakarta, Hindia Belanda—kini Indonesia—dari rahim Sukirah. Ia lantas dikenal sebagai presiden ke-2 Indonesia yang menjabat dari 1967 hingga 1998. Jabatan yang dipangku selama lebih dari 30 tahun, menjadikan Soeharto sebagai presiden yang memiliki masa jabatan paling lama di Indonesia. Soeharto meninggal dunia pada 2008 silam dan dimakamkan di Astana Giribangun, Matesih, Karanganyar, Jawa Tengah.

1940
Pasukan Sekutu melaksanakan Operasi Alfabet di pelabuhan Narvik, Norwegia setelah kalah dari pasukan Jerman. Operasi tersebut adalah upaya Sekutu mengevakuasi tentaranya yang masih bertahan hidup. Jerman yang berhasil mengusir pasukan Sekutu lantas berhasil menaklukkan Norwegia.

Kapal USS Liberty rusak setelah diserang pasukan Israel, 1967. (Wikimedia.org)

Kapal USS Liberty rusak setelah diserang pasukan Israel, 1967. (Wikimedia.org)

1967
Pada masa Perang Enam Hari, Pasukan Israel menyerang kapal milik Amerika Serikat (AS), USS Liberty, menggunakan pesawat tempur dan kapal perang. Israel mengklaim serangan tersebut tak sengaja dilakukan. Mereka lantas meminta maaf kepada pihak AS dan menyatakan serangan tersebut sebenarnya ditujukan kepada kapal perang milik Mesir. Alibat insiden tersebut, 37 orang meninggal dunia dan 171 lainnya luka-luka.

1982
Pesawat tempur milik Argentina menyerang kapal pengangkut milik Inggris, Sir Galahad dan Sir Tristram di Kepulauan Falkland. Di sisi lain, pasukan Inggris telah mengepung 7.000 tentara Argentina dan meminta pihak Argentina segera menyerah demi mengakhiri Pertempuran Falkland.

2009
Pengadilan Korea Utara (Korut) menjatuhkan hukuman kerja paksa selama 12 tahun terhadap dua jurnalis asal Amerika Serikat (AS) setelah terbukti memasuki kawasan Korut tanpa izin. Dua jurnalis itu terbukti masuk ke Korut tanpa izin melalui Tiongkok. Selain itu, mereka juga melakukan peliputan berita tentang Korut tanpa izin. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 7 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 6 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 5 Juni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya