SOLOPOS.COM - Grup musik legendaris The Beatles. (Billboard.com)

Catatan peristiwa dunia terkait, 7 Februari, disajikan berbagai media massa.

Solopos.com, SOLO — Sejumlah peristiwa bersejarah terjadi di seluruh penjuru dunia pada 7 Februari. Solopos.com merangkum persitiwa-peristiwa terkait 7 Januari dari tahun ke tahun tersebut dari Brainyhistory, Thepeoplehistory, dan Wikipedia:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lukisan berjudul Bonaparte Before the Sphinx yang dilukis oleh Jean-Leon Gerome pada 1868. (Wikipedia)

Lukisan berjudul Bonaparte Before the Sphinx yang dilukis oleh Jean-Leon Gerome pada 1868. (Wikipedia)

1807
Pasukan Prancis yang dipimpin Napoleon Bonaparte menjumpai pasukan Rusia pimpinan Bennigsen yang masih bertahan di Eylau, Prusia Timur. Pertempuran pun tak terhindarkan demi meperebutkan kota itu. Prancis akhirnya memenangi pertempuran tersebut. Saat ini, Prusia Timur menjadi bagian dari tiga negara, yakni Rusia, Polandia, dan Lituania.

1897
Pertempuran besar untuk kali pertama terjadi antara pasukan Yunani dan pasukan Kesultanan Utsmaniyah Turki saat pasukan Yunani melakukan ekspedisi di Pulau Kreta, Laut Tengah. Pasukan Yunani menjadi pemenang dalam pertempuran tersebut.

1935
Papan permainan monopoli dipatenkan atas nama Charles Darrow. Papan permainan ini lantas dijual secara massal oleh perusahaan produsen mainan di Massachusetts, Amerika Serikat (AS), Parker Brothers.

1943
Angkatan Laut Jepang menyelesaikan evakuasi pasukan dari Pulau Guadalkanal di Samudra Pasifik. Penarikan pasukan tersebut mengakhiri upaya Jepang untuk merebut kembali Pulau Guadalkanal dari pasukan Sekutu.

1945
Perdana Menteri Inggris Winston Churchill, Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt, dan pemimpin Uni Soviet Marshal Joseph Stalin menggelar pertemuan rahasia di kawasan Laut Hitam untuk merencanakan perlawanan kepada Jerman. Pertemuan ini adalah salah satu peristiwa penting upaya Sekutu untuk mengakhiri Perang Dunia II.

1964
Band legendaris asal Inggris, The Beatles, kali pertama tiba di Amerika Serikat (AS) untuk menggelar konser Meet the Beatles! Ribuan penggemar menyambut mereka di Bandara Kennedy, New York. Konser The Beatles di AS yang ditayangkan televisi itu ditonton 73 juta warga AS atau sekitar 40% dari seluruh penduduk Negeri Paman Sam.

1986
Kekuasaan keluarga Presiden Haiti, Jean-Claude Duvalier, selama 28 tahun berakhir setelah ia digulingkan dari jabatannya dan melarikan diri ke Prancis. Ia menjadi presiden Haiti setelah ayahnya, Francois Duvalier, meninggal dunia pada 1971. Jean-Claude Duvalier meninggal dunia pada 2014 lalu karena serangan jantung.

Mikhail Gorbachev (Wikipedia)

Mikhail Gorbachev (Wikipedia)

1990
Komite Pusat Partai Komunis Uni Soviet setuju untuk melepaskan monopoli atas kekuasaannya yang sudah berjalan di Uni Soviet selama kurang lebih 70 tahun atas rekomendasi pemimpin Uni Soviet, Mikhail Gorbachev. Hal tersebut menjadi awal perpecahan Uni Soviet.

2009
Kebakaran hutan yang terjadi di negara bagian Victoria, Australia menewaskan 173 orang. Kebakaran hutan tersebut menjadi yang terburuk dalam sejarah Australia.

2013
Seorang wanita berusia 20 tahun disiksa dan kemudian dibakar hidup-hidup di Gunung Hagen, Papua Nugini. Wanita itu dituduh memiliki sihir dan dianggap bertanggung jawab atas kematian seorang anak muda. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya