SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Berbagai peristiwa bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 6 November. Salah satunya adalah meninggalnya Cut Nyak Dhien di pengasingannya di Sumedang, Jawa Barat (Jabar).

Selain itu, ada beberapa kejadian penting lainnya yang layak dikenang pada 6 November. Demi mengenangnya, simak rangkuman Solopos.com tentang catatan persitiwa dunia hari ini yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1494
Suleiman lahir di Trabzon, Kesultanan Ottoman. Sekitar 26 tahun kemudian, Suleiman dinobatkan sebagai pemimpin Kesultanan Ottoman dengan sebutan Suleiman I dan mendapatkan julukan Suleiman si Pemberi Hukum. Julukan itu diberikan lantaran Suleiman berhasil kembali menyusun sistem undang-undang Kesultanan Ottoman menjadi lebih baik. Ia memimpin Ottoman hingga akhir hayatnya pada September 1566.

1792
Salah satu pertempuran besar di masa Perang Revolusi Prancis antara Prancis dan Kekaisaran Romawi Suci meletus di dekat Jemappes, Belgia. Pertempuran itu dipicu Prancis yang menginvasi wilayah Belgia. Pasukan Prancis yang mengerahkan sedikitnya 40.000 tentara berhasil memukul mundur pasukan Kekaisaran Romawi Suci berjumlah 13.769 orang.

Abraham Lincoln. (Biography.com)

1860
Abraham Lincoln memenangi Pemilihan Presiden Amerika Serikat (AS). Ia lantas dilantik sebagai presiden AS pada 4 Maret 1861. Lincoln lantas dikenal sebagai pemimpin yang berhasil membawa bangsanya keluar dari perang saudara sekaligus menghapuskan perbudakan di AS.

1908
Cut Nyak Dhien meninggal dunia di pengasingannya di Sumedang, Jawa Barat (Jabar). Cut Nyak Dhien yang dikenal sebagai pejuang kemerdekaan Indonesia di Aceh, diasingkan ke Sumedang sebelum akhirnya meninggal dunia. Ia kini dikenang sebagai salah satu pahlawan nasional di Indonesia.

1939
Pasukan Jerman melaksanakan operasi dengan nama kode Sonderaktion Krakau. Operasi itu bertujuan untuk menculik 105 profesor, 33 dosen, dan 34 doktor di kampus-kampus Krakow, Polandia. Para sandera lantas dikirim ke penampungan-penampungan yang dibangun Jerman di Polandia. Operasi tersebut adalah salah satu upaya Jerman demi membasmi kaum terpelajar di Polandia semasa Perang Dunia II.

1943
Pasukan Uni Soviet berhasil merebut Kota Kiev di Ukraina dari cengkeraman Jerman. Namun sayangnya, kondisi Kiev sudah luluh lantak dihancurkan pasukan Jerman sebelum meninggalkan kota tersebut.

1944
Untuk kali pertama di dunia, plutonium diproduksi di Hanford, Washington, Amerika Serikat (AS). Plutonium merupakan unsur radioaktif transuranium yang langka dan merupakan logam dengan penampilan berwarna putih keperakan. Unsur tersebut lantas digunakan dalam bom atom Fat Man yang diledakkan di Nagasaki, Jepang, pada 1945.

1956
Di masa Krisis Terusan Suez antara Mesir dan Israel, pasukan Inggris dan Prancis yang berada di kubu Israel berhasil merebut Terusan Suez dari Mesir. Namun demikian, pasukan Mesir berhasil merebutnya kembali sehari kemudian.

1966
Paul Brandon Gilbertus Ekarinus lahir di Carbondale, Illinois, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal sebagai gitaris dari Mr. Big. Pria yang dikenal luas sebagai Paul Gilbert itu sering disebut sebagai salah satu gitaris terhebat di dunia dan namanya sering disandingkan dengan Steve Vai, Yngwie, serta John Petrucci. Hingga kini, Gilbert telah menorehkan lima album bersama Mr. Big.

Andre Horst Schurrle. (Reuters)

1990
Andre Horst Schurrle lahir di Ludwigshafen, Jerman. Kini, namanya dikenal luas sebagai pemain yang membela salah satu klub besar di Eropa, yakni Borussia Dortmund. Sejak 2010 lalu, Schurrle selalu menjadi andalan Jerman di beberapa ajang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya