SOLOPOS.COM - Neymar membawa trofi Samba Gold (Fcbarcelona.com)

Catatan peristiwa dunia bergulir setiap hari, berikut ini catatan terkait 5 Februari.

Solopos.com, SOLO — Setiap 5 Februari tercatat berbagai peristiwa bersejarah dari berbagai penjuru dunia. Solopos.com merangkumnya dari laman Internet Thepeoplehistory, Brainyhistory, dan Wikipedia. Inilah catatan sejarah dunia terkait tanggal 5 Februari tersebut:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Puing-puing bangunan Kota Pompeii, di dekat Napoli, Italia. (Wikipedia)

Puing-puing bangunan Kota Pompeii, di dekat Napoli, Italia. (Wikipedia)

62
Gempa bumi memporak-porandakan Kota Pompeii dan Herculaneum. Gempa bumi ini diyakini para arkeolog sebagai bencana terbesar yang melanda Pompeii dan Heruclaneum sebelum meletusnya Gunung Vesuvius pada 79. Pompeii adalah sebuah kota di dekat Napoli, Italia yang kini tinggal puing-puing bangunan peninggalan zaman Romawi kuno.

1782
Pasukan Spanyol mengalahkan pasukan Inggris dan berhasil merebut Pulau Minorca. Pulau Minorca berlokasi di Laut Tengah dan merupakan pulau terbesar kedua di Kepulauan Baleares.

1909
Ahli kimia dari Belgia, Leo Baekeland, menjadi orang pertama di dunia yang menemukan bakelite yang kini dikenal dengan nama plastik.

1931
Pembalap asal Inggris, Sir Malcolm Campbell, memecahkan rekor kecepatan menggunakan kendaraan yang diberi nama Bluebird dengan kecepatan 245 mil/jam atau hampir setara dengan 400 km/jam di Pantai Daytona, Florida, Amerika Serikat (AS). Ia mengalahkan rekor sebelumya, yakni 231 mil per jam.

1941
Pertempuran Keren meletus setelah pasukan Sekutu melakukan penyerangan untuk merebut Kota Keren dari cengkraman Italia. Pertempuran ini berhasil dimenangkan pasukan Sekutu.

1971
Komandan Alan B. Shepard Junior menjadi manusia kelima yang berjalan di bulan bersama seorang astronot bernama Edgar D. Mitchell.

Carlos Tevez. (JIBI/Solopos/Dok.)

Carlos Tevez. (JIBI/Solopos/Dok.)

1984
Pemain sepak bola asal Argentina, Carlos Tevez, lahir di Ciudadela, Buenos Aires, Argentina. Kini ia bermain di salah satu klub sepak bola di Tiongkok, Shanghai Shenhua.

1989
Kareem Abdul Jabbar menjadi pemain bakset pertama dalam kompetisi NBA yang berhasil mencetak 38.000 poin. Tahun 1989 juga menjadi tahun terakhir pemain L.A. Lakers ini berlaga di dunia bola basket profesional.

1992
Bintang sepak bola Neymar da Silva Santos Junior lahir di Mogi das Cruzes, Sao Paulo, Brasil. Neymar kini bermain untuk klub sepak bola Spanyol, Barcelona, sejak 2013 lalu.

2010
Pasukan khusus Denmark menyerbu sebuah kapal yang dibajak oleh bajak laut Somalia. Dalam misi ini, pasukan khusus Denmark berhasil membebaskan 25 awak kapal yang disandera. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya