SOLOPOS.COM - Mark Zuckerberg. (JIBI/Solopos/Dok.)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 4 Februari.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 4 Februari. Peluncuran media jejaring sosial Facebook oleh Mark Zuckerberg adalah satu di antaranya.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 4 Februari.

634
Pasukan muslim yang dipimpin Yazid bin Abu Sufyan mengalahkan pasukan Kekaisaran Byzantium di dekat Gaza, Palestina setelah bertempur selama delapan hari. Kini, pertempuran itu dikenang dengan sebutan Pertempuran Datinah.

1789
George Washington terpilih menjadi presiden pertama Amerika Serikat (AS) oleh Lembaga Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden AS. John Adams mendampingi George sebagai wakil presiden. George kemudian memimpin Amerika Serikat (AS) hingga 4 Maret 1797.

1794
Parlemen Perancis secara resmi menghapus perbudakan di seluruh wilayah kekuasaan Republik Pertama Perancis. Namun demikian, perbudakan kembali diterapkan di wilayah Hindia Barat—atau kini Kepulauan Karibia—kekuasaan Prancis pada 1802.

1899
Perang Filipina-Amerika Serikat (AS) meletus setalah pasukan Filipina menentang pendudukan yang dilakukan AS. Perang tersebut berlangsung selama lebih dari tiga tahun dan berakhir dengan kemenangan AS yang kemudian menguasai Filipina hingga 1946.

Perdana Menteri Inggris Winston Churchill (kiri), Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt (tengah), dan pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin (kanan) bertemu di Yalta, Uni Soviet, 1945. (Wikimedia.org)

Perdana Menteri Inggris Winston Churchill (kiri), Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt (tengah), dan pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin (kanan) bertemu di Yalta, Uni Soviet, 1945. (Wikimedia.org)

1945
Perdana Menteri Inggris  Winston Churchill, Presiden Amerika Serikat (AS) Franklin D. Roosevelt, dan pemimpin Uni Soviet Joseph Stalin bertemu dalam Konferensi Yalta di Yalta, Uni Soviet. Konferensi Yalta yang bertujuan menciptakan perdamaian dan pembagian wilayah kekuasaan Jerman setelah Perang Dunia II itu berlangsung selama delapan hari.

1945
Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Jepang meletus di Pakokku, Myanmar. Pertempuran itu berlangsung lebih dari tiga bulan dan berakhir dengan kemenangan Inggris.

Pasukan Portugal berpatroli di wilayah Angola selama Perang Kemerdekaan Angola. (Wikimedia.org)

Pasukan Portugal berpatroli di wilayah Angola selama Perang Kemerdekaan Angola. (Wikimedia.org)

1961
Perang Kemerdekaan Angola antara Front Nasional Pembebasan Angola dan Portugal meletus. Perang tersebut berlangsung lebih dari 13 tahun dan berakhir dengan merdekanya Angola dari Portugal. Sebelumnya, Portugal telah menguasai wilayah Angola sejak 1575.

Oscar de la Hoya. (Muscleandfitness.com)

Oscar de la Hoya. (Muscleandfitness.com)

1973
Oscar de la Hoya, dilahirkan di Los Angeles Timur, California, Amerika Serikat (AS). Namanya kemudian dikenal luas sebagai petinju kelas menengah ringan yang dijuluki The Golden Boy atau Si Bocah Emas. Sepanjang kariernya di dunia tinju profesional, Oscar sudah menjalani 45 pertarungan dan berhasil meraih 39 kemenangan yang 30 di antaranya menang KO. Oscar hanya kalah enam kali menelan kekalahan sepanjang kariernya.

1998
Gempa bumi berkekuatan 5,9 skala Richter mengguncang wilayah perbatasan antara Afganistan dan Tajikistan. Akibatnya, 2.323 orangn tewas dan 818 lainnya terluka. Gempa bumi tersebut juga membuat sekitar 15.000 orang kehilangan tempat tinggal mereka yang hancur.

2004
Layanan jejaring sosial daring, The Facebook, diluncurkan oleh Mark Zuckerberg. Kini, The Facebook berubah menjadi Facebook dan menjadi jejaring sosial yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif. Facebook kini berkantor pusat di  Menlo Park, California, Amerika Serikat (AS). (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 2 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 1 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 31 Januari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya