CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI: 4 April 1945, Tanda Mundurnya Pasukan Jerman di Perang Dunia II

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di seluruh penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 4 April. Pada 4 April 1945, tanda-tanda kemunduran pasukan Jerman di Perang Dunia II mulai terlihat dengan beberapa kekalahan yang diderita.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 1 April.

1287
Kerajaan Ramayana didirikan oleh Wareru yang lantas menjadi seorang raja. Wareru juga mendeklrasikan kemerdekaan Kerajaan Ramayana dari Kerajaan Pagan.

1925
Adolf Hitler membentuk Schutz Staffel (SS) atau Skuadron Pelindung berjumlah sekitar 300 orang. Saat Hitler menjabat sebagai pemimpin Jerman pada 1933, SS berkembang pesat dan memiliki anggota sekitar 50.000 orang. Kelompok yang awalnya dibentuk sebagai pasukan pengawal itu kemudian berubah dan dianggap sebagai pasukan elit Jerman.

1939
Faisal II dinobatkan sebagai raja di Irak ketika usianya masih tiga tahun. Meski begitu, paman Faisal II, Abdullah, mendampingi Faisal II dalam memimpin Irak hingga Faisal II dianggap cukup dewasa untuk memegang kekuasaan seorang diri.

1944
Di masa Perang Dunia II, pasukan Sekutu untuk kali pertama melancarkan serangan bom di Bucharest, Rumania. Peristiwa itu menewaskan sekitar 300 penduduk sipil di Bucharest. Setelah itu, pasukan Sekutu beberapa kali melancarkan serangan hingga 1945.

1945
Pasukan Amerika Serikat (AS) berhasil merebut penampungan milik pasukan Jerman di Thuringia, Jerman. Selain itu, seluruh tahanan perang di penampungan tersebut dibebaskan.

1945
Pasukan Amerika Serikat (AS) meraih kemenangan atas pasukan Jerman di Kassel, Jerman. Setelah memenangi pertempuran yang berlangsung selama empat hari itu, pasukan AS kemudian menduduki wilayah Kassel.

1945
Uni Soviet berhasil mengusir pasukan Jerman dari Hungaria. Uni Soviet lantas menduduki Hungaria dan menjadikannya salah satu negara anggota Uni Soviet. Setelah runtuhnya Uni Soviet pada 1991, Hungaria mengembangkan ikatan yang lebih erat dengan negara-negara di Eropa Barat. Hungaria bergabung dengan NATO pada 1999 dan Uni Eropa pada 11 Mei 2004.

1949
Sebanyak 12 negara menandatangani North Atlantic Treaty Organization (NATO) atau Pakta Pertahanan Atlatic Utara di Washington, D.C., Amerika Serikat (AS). Negara-negara yang menandatangani itu ialah AS, Inggris, Prancis, Belgia, Belanda, Denmark, Italia, Luksemburg, Norwegia, Islandia, Kanada, dan Portugal.

1968
Seorang aktivis ternama asal Amerika Serikat (AS), Martin Luther King Junior, ditembak mati oleh James Earl Ray di sebuah hotel di Memphis, Tennessee, AS. Pembunuhan kepada sang aktivis itu menimbulkan sejumlah kerusuhan di beberapa kota di AS yang dilakukan oleh warga yang menuntut Presiden AS Lyndon Johnson untuk segara menuntaskan kasus tersebut. James Earl Ray lantas dijatuhi hukuman 99 tahun kurungan penjara.

1971
Tubagus Armand Maulana lahir di Bandung, Jawa Barat. Kini, namanya dikenal luas sebagai musisi sekaligus vokalis di grup musik Gigi. Armand merambah dunia musik sejak 1985.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Petugas DLHK dan Polisi Klaten Cek Air Saluran Irigasi yang Berubah Merah, Hasilnya?

Petugas dari DLHK dan Polres Klaten mengambil sampel air di saluran irigasi yang sebelumnya dikabarkan berubah warna menjadi merah.

Pemkab Sukoharjo Bantu Biaya Pendidikan Anak Pasutri Tinggal di Kolong Meja Wedangan Kartasura

Pemkab Sukoharjo akan memberikan bantuan biaya pendidikan kepada anak dari pasangan suami istri Cahyo Yulianto, 50 dan Wiwin Haryati, 48.

Waduh! Antrean Warga Mengular di Sentra Vaksinasi XT Square

Pendeknya durasi di hari Jumat akibat ibadah salat membuat warga berlomba datang lebih dulu hingga antrean mengular.

Sponsor Berlimpah, Persis Solo Kewalahan Terima Tawaran Kerja Sama

Jelang peluncuran tim dan jersey pekan depan, terhitung sudah 14 perusahaan yang mendukung Persis Solo musim ini.

Pelepasan Atlet PON XX Papua Kontingen Jawa Tengah asal Kota Solo

Pemkot Solo melepas 45 atlet, 9 pelatih

Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

Dana hasil penawaran umum yang telah terkumpul hingga 16 September 2021 sebesar Rp32,14 triliun. Total dana itu berasal dari 38 perusahaan yang baru tercatat tahun ini.

Pemerintah Targetkan Ekspor Mobil Listrik di Tahun 2022

Infrastruktur dasar KIT Batang selesai sejak Mei 2021, pembangunan fasilitas recycle, cathode, dan precursor dimulai akhir tahun ini.

Dibujuk Bupati Sukoharjo, Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Tetap Tolak Tempati Rusunawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani membujuk satu keluarga pasutri Cahyo Yulianto dan Wiwin Haryati yang terpaksa tinggal dan tidur di kolong meja wedangan di Kartasura untuk menempati rusunawa.

1.681 Ibu Hamil di Kendal Sudah Ikut Vaksinasi Covid-19

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kendal, Wynee Frederica meminta ibu hamil yang ada di wilayahnya untuk tidak takut vaksinasi.

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Mendarat di Gurun Gobi, 3 Astronaut China Ditandu

Tiga astronaut China berhasil mendarat di Gurun Gobi, Jumat (17/9/2021), setelah perjalanan luar angkasa 90 hari.

5 Rumah Sakit di Sragen Punya Rapor Merah, Bupati Mencak-Mencak

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, meluapkan kemarahannya setelah mendapati lima dari 10 rumah sakit di Bumi Sukowati mendapat rapor merah dari BPJS Kesehatan.

Antisipasi Lonjakan Kasus Akhir Pekan, Pemkot Jogja Siapkan Isoter

Penyiagaan isoter itu sebagai langkah antisipasi menghadapi lonjakan kasus di akhir pekan saat mobilitas masyarakat meningkat.

RSUD Sragen Kini Punya Generator Oksigen Mandiri, Nilainya Rp6,4 Miliar

RSUD dr. Soehadi Prijonegoro Sragen kini memiliki generator oksigen secara mandiri yang dipasang dengan anggaran senilai Rp6,4 miliar.

Evakuasi Tenaga Kesehatan Korban Penyerangan KKB di Pegunungan Bintang Papua

Puskesmas Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang diserang KKB