CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 3 Februari 1933, Hitler Maklumatkan Ekspansi

CATATAN PERISTIWA DUNIA HARI INI : 3 Februari 1933, Hitler Maklumatkan Ekspansi

SOLOPOS.COM - Adolf Hitler. (Bbc.co.uk)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia terjadi dari tahun ke tahun pada 3 Februari.

Solopos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 3 Februari. Salah satunya adalah pengumuman pemimpin Jerman Adolf Hitler terkait rencana perluasan wilayahnya hingga Eropa Timur.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 3 Februari.

Gambaran wajah Muhammad Al-Fatih atau Mehmed II alias Nahmet si Penakluk. (Wikimedia.org)
Gambaran wajah Muhammad Al-Fatih atau Mehmed II alias Nahmet si Penakluk. (Wikimedia.org)

1451
Muhammad Al-Fatih dinobatkan sebagai sultan di Kesultanan Ottoman dan menyandang nama Sultan Mehmed II. Mehmed II kemudian dikenal pula sebagai Mehmed si Penakluk lantaran mampu menaklukkan Kostantinopel. Di masa kepemimpinannya, Kesultanan Ottoman bisa dibilang memasuki masa emasnya dalam bidang kemiliteran.

1488
Penjelajah asal Portugal Bartolomeu Dias mendarat di Teluk Mossel di Afrika bagian selatan setelah berhasil melintasi Tanjung Harapan. Bartolomeu Dias menjadi orang pertama dari Eropa yang mampu melintasi Tanjung Harapan.

1509
Pasukan Kerajaan Portugal berhasil mengalahkan pasukan gabungan dari Kesultanan Ottoman, Kesultanan Malmuk, Kesultanan Gujarat, dan Republik Venesia dio Diu, India. Kemengan Portugal dalam pertempuran itu disebut-sebut sebagai awal mula kekuasaan angkatan laut Eropa di wilayah Asia hingga Perang Dunia II meletus.

1897
Orang-orang Yunani di Pulau Kreta memberontak terhadap Kesultanan Ottoman yang masih menguasai pulau tersebut. Pemberontakan itu kemudian memecah Perang Yunani-Turki yang berlangsung hingga 4 Desember di tahun yang sama. Perang tersebut berakhir dengan kemenangan Kesultanan Ottoman yang mampu mempertahankan kekuasaan di Pulau Kreta.

1917
Pemerintah Amerika Serikat (AS) secara resmi memutus hubungan diplomatik dengan Jerman. Keputusan itu diambil setelah Jerman mengumumkan akan menggunakan kapal selam yang jumlahnya tak terbatas dalam pertempuran di Samudera Atlantik pada masa Perang Dunia I. Tak lama kemudian, AS ikut serta dalam Perang Dunia I melawan Jerman.

1933
Pemimpin Jerman Adolf Hitler mengumumkan akan memperluas wilayah kekuasaan Jerman hingga Eropa Timur. Upaya Hitler itu dikenal dengan sebutan lebensraum yang berarti ruang hidup. Lebensarum bertujuan memberikan ruang tambahan untuk pertumbuhan penduduk Jerman demi terciptanya Jerman Raya.

Kerusakan Kota Berlin setelah dibombardir Sekutu, 1945. (Wikimedia.org)
Kerusakan Kota Berlin setelah dibombardir Sekutu, 1945. (Wikimedia.org)

1945
Sekitar 1.000 pesawat pengebom B-17 milik Amerika Serikat (AS) membombardir wilayah Berlin, Jerman. Serangan yang menyasar pula kawasan permukiman sipil tersebut menyebabkan 2.500 hingga 3.000 orang tewas dan sekitar 120.00 orang di Berlin kehilangan rumah mereka.

1945
Pasukan Amerika Serikat (AS) bersama pasukan Filipina mulai menyerbu pasukan Jepang di Manila, Filipina. Serangan yang bertujuan merebut Filipina dari Jepang itu berlangasung selama sebulan dan berakhir dengan kemenangan AS dan Filipina.

Luna 9. (Lunarexploration.esa.int)
Luna 9. (Lunarexploration.esa.int)

1966
Wahana luar angkasa milik Uni Soviet, Luna 9, diklaim berhasil mendarat di bulan secara sempurna. Luna 9 kemudian menjadi wahana luar angkasa pertama yang mampu mengambil gambar dari permukaan bulan.

2007
Serangan bom bunuh diri mendera Pasar Sadriyah, Bagdad, Irak. ledakan bom yang diperkirakan hampir seberat satu ton itu menewaskan 135 orang dan melukai 339 lainnya. Serangan bom bunuh diri itu termasuk dalam konflik Syiah dan Sunni di Irak. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 2 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 1 Februari
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 31 Januari

Berita Terkait

Berita Terkini

Jangan Sembrono Makan! 5 Penyakit Ini Rentan Muncul Pasca Lebaran

Inilah lima penyakit yang rentan muncul pasca Lebaran karena konsumsi makanan yang tak terkontrol saat Hari Raya Idulfitri.

Libur Lebaran 2021, Ini Jasa Pengiriman yang Tetap Beroperasi

Meski masa libur lebaran, beberapa ekspedisi pengiriman barang diantaranya Pos Indonesia dan JNE tetap beroperasi.

Mercedes Benz Siapkan Van Listrik EQT Concept

Mercedes-Benz memperkenalkan van listrik untuk keluarga meskipun masih dalam bentuk konsep.

Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Susu, Sebelum atau Sesudah Makan?

Adakah waktu yang tepat untuk minum susu agar penyerapan nutrisinya maksimal?

Geger Warga India Positif Covid-19, Kantor Imigrasi Pastikan Tidak Ada Penambahan WNA di Soloraya

137 Orang WNA India berada di kawasan Soloraya, rata-rata mereka bekerja sebagai ahli di bidang tertentu misalnya garmen.

Polres Bantul Masih Kesulitan Melacak Keberadaan R Terkait Kasus Satai Beracun

Polres Bantul belum mampu mengungkap keberadaan R terkait kasus satai beracun. Polisi kesulitan melacak karena handphone R mati.

Hamil di Luar Nikah, Pelajar SMK Magelang Gugurkan Janin 8 Bulan

Pelajar SMK nekat melakukan aborsi pada janin 8 bulan yang ia kandung. Warga menemukan janin yang ia kubur dan melaporkannya ke polisi.

Daging Busuk Kedapatan Dijual di Pasar Tradisional Magelang

Tim Dinas Pertanian dan Pangan Kota Magelang, menemukan daging busuk dijual di pasar saat sidak pasar daging di beberapa pasar tradisional.

35 Jemaah Masjid di Gayam Sukoharjo Jadi Kontak Erat Pasien Covid-19

Sebanyak 35 jemaah Masjid Al Huda Darmosari, Kelurahan Gayam, Kecamatan/Kabupaten Sukoharjo menjadi kontak erat 1 jemaah positif Covid-19.

Warga Kawasan Aglomerasi Boleh Mengunjungi Objek Wisata Klaten

Pemkab Klaten akhirnya tak membatasi daerah asal pengunjung objek wisata. Namun, para pengelola harus tetap menerapkan ketentuan jumlah pengunjung maksimal 30% dari kapasitas.

Miris, Pelaku Pembakar Gadis Cianjur Ternyata Kekasih Sendiri

Polres Cianjur menangkap pria pelaku pembakar gadis bernama Indah Daniarti. Pelaku ternyata kekasih korban.

Tom Cruise Ngamuk Saat Syuting "Mission Impossible 7", Kenapa Ya?

Kesabaran Tom Cruise saat pembuatan Mission Impossible 7 sepertinya tengah diuji.