SOLOPOS.COM - Ryan Joseph Giggs. (Talksport.com)

Catatan peristiwa dunia hari ini, 26 November, yang layak dikenang terangkum dalam tulisan berikut.

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 29 November. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang dirangkum Semarangpos.com dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 29 November.

Promosi Lewat BRInita, Kampung Hijau Kemuning Tangerang Sulap Lahan Jadi Produktif

903
Pasukan Kekhalifahan Abbasiyah mengalahkan pasukan Qaramitah di dekat Hama, Suriah. Kemenangan Abbasiyah itu berakibat terusirnya orang-orang Qaramitah dari wilayah Suriah bagian barat. Selain itu, kemenangan tersebut juga membuka jalan bagi Abbasiyah untuk menguasai Mesir.

1612
Pertempuran antara pasukan Inggris dan pasukan Portugal meletus di Suvali, Surat, Gujarat, India. Pertempuran tersebut berlangsung selama dua hari dan berakhir dengan kemenangan Inggris. Atas hasil itu, monopoli perdagangan Portugal di India berakhir dan digantikan dengan Inggris.

Ekspedisi Mudik 2024

1899
Joan Gamper bersama beberapa pemain sepak bola dari Swiss, Inggris, dan Spanyol mendirikan klub sepak bola di Barcelona, Spanyol dengan nama FC Barcelona. Klub tersebut kini menjadi salah satu klub tersukses di Eropa. Tercatat Barcelona telah mengoleksi lima gelar juara Liga Champions UEFA, empat Piala Eropa UEFA, lima Piala Super Eropa, 24 gelar juara Liga Spanyol, 28 Copa del Rey, serta tiga kali juara dalam ajang Piala Dunia Antar-Klub FIFA.

Pasukan Jerman mulai meninggalkan Albania, 1944. (Wikimedia.org)

Pasukan Jerman mulai meninggalkan Albania, 1944. (Wikimedia.org)

1944
Sehari setelah Albania mendeklarasikan kemerdekaannya, pasukan Jerman angkat kaki meninggalkan wilayah Albania. Hari itu lantas dikenang sebagai Hari Pembebasan di Albania.

1945
Sekelompok pemuda berjumlah sekitar 200 orang yang dipimpin Rauf Rahman memasuki kantor polisi di Kepulauan Selayar yang dikuasai Belanda untuk mengusir Belanda dari wilayah tersebut. Para pemuda itu lantas berhasil mengambil alih kekuasaan dari tangan Belanda. Atas keberhasilan itu, 29 November lantas ditetapkan sebagai Hari Jadi Kabupaten Kepulauan Selayar.

1945
Pendirian Republik Federal Sosialis Yugoslavia secara resmi diproklamasikan. Negara tersebut adalah gabungan dari Kerajaan Yugoslavia dan Wilayah Merdeka Trieste. Republik Federal Sosialis Yugoslavia lantas resmi bubar pada 27 April 1992 dan pecah menjadi beberapa negara, yakni Kroasia, Slovenia, Makedonia, Serbia-Montenegro, serta Bosnia dan Herzegovina.

1947
Majelis Umum PBB menyetujui Rencana Pembagian Wilayah untuk Palestina. Rencana itu memecah Palestina menjadi wilayah untuk Bangsa Yahudi dan Bangsa Arab. Rencana itu dilakukan untuk mengakhiri konflik Bangsa Yahudi dan Bangsa Arab di Palestina.

Ryan Joseph Giggs. (Talksport.com)

Ryan Joseph Giggs. (Talksport.com)

1973
Ryan Joseph Giggs lahir dim Cardiff, Wales. Namanya menjadi terkenal setelah dirinya dipercaya sebagai pemain andalan bagi Manchester United (MU) sejak 1990 hingga 2014. Selama kariernya di sepak bola profesional, Giggs hanya membela MU. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu telah mencetak 114 gol dari 672 penampilannya di Liga Inggris bersama MU.

1975
Sehari setelah Timor Leste mengumumkan kemerdekaannya dari Portugal, kelompok pro-Indonesia mengibarkan bendera Indonesia di Timor Leste. Peristiwa itu lantas memicu konflik dengan Front Revolusi untuk Timor Leste Merdeka. Baru pada 17 Juli 1976, Timor Leste resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia dengan nama Timor Timur.

2001
George Harrison meninggal dunia Los Angeles, California, Amerika Serikat (AS) akibat kanker paru-paru yang sudah ia derita sejak lama. Semasa hidupnya, George merupakan gitaris di band legendaris asal Liverpool, Inggris, yakni The Beatles. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 28 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 27 November
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 26 November

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya