SOLOPOS.COM - Adegan dalam video propaganda deklarasi Islamic State Iraq and Syria (ISIS). (Huffingtonpost.co.uk)

Catatan peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 29 Juni terangkum dalam tulisan berikut.

Solopos.com, SOLO – Terjadi berbagai peristiwa penting dan bersejarah dari tahun ke tahun pada 29 Juni. Demi mengenang berbagai peristiwa itu, berikut Solopos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 29 Juni, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

1941
Setelah berhasil merebut Kota Bialystok di Polandia dari Uni Soviet dua hari sebelumnya, pasukan Jerman melakukan serangan mendadak di Kota Leningard atau kini Kota Saint Petersburg dan Kota Moskow di Rusia serta Kota Kiev di Ukraina. Serangan tersebut adalah bagian dari Operasi Barbarossa yang dilakukan pasukan Jerman dengan tujuan merebut beberapa wilayah kekuasaan Uni Soviet.

Menara Tokyo. (Youtube.com)

Menara Tokyo. (Youtube.com)

1957
Menara Tokyo mulai dibangun di Taman Shiba, Tokyo, Jepang. Pembangunan awal menara tersebut menghabiskan dana US$8,4 juta. Menara Tokyo memiliki tinggi 332,6 meter dan menjadikannya sebagai bangunan menara baja tertinggi di dunia yang tegak sendiri di permukaan tanah. Menara Tokyo lebih dikenal luas sebagai simbol Kota Tokyo dan objek wisata daripada fungsinya sebagai menara antena pemancar TV analog (UHF/VHF), TV lokal digital, dan radio FM.

Skuat Tim Nasional Brazil yang memenangi Piala Jules Rimet dalam Piala Dunia Sepakbola 1958. (Pinterest.com)

Skuat Tim Nasional Brazil yang memenangi Piala Jules Rimet dalam Piala Dunia Sepakbola 1958. (Pinterest.com)

1958
Brasil berhasil menjadi juara untuk kali pertama dalam ajang Piala Dunia Sepakbola. Kini, Brasil menjadi tim tersukses dalam ajang tersebut setelah tiga kali memenangi kejuaraan sehingga berhak menjadi pemilik piala Jules Rimet. Hingga kejuaraan sepak bola dunia itu berlanjut dengan Piala Dunia FIFA, Brasil mencatatkan lima kali gelar juara. Terakhir, Brasil menjadi juara Piala Dunia FIFA pada 2002 silam.

Isabel Peron (kanan). (Clarin.com)

Isabel Peron (kanan). (Clarin.com)

1974
Isabel Peron menjadi wanita pertama yang menjabat sebagai Presiden Argentina. Ia adalah istri ketiga dari presiden sebelumnya, Juan Peron. Isabel menjabat sebagai presiden menggantikan suaminya yang meninggal dunia. Pada masa kepemimpinannya, Argentina mengalami krisis ekonomi parah. Isabel lantas mengundurkan diri dari jabatannya pada 1976 karena kudeta yang dilakukan pihak militer. Ia lantas dipenjara atas tuduhan penyalahgunaan kekuasaan dan baru dibebaskan pada 1981.

1976
Seychelles memperoleh kemerdekaan dari Inggris. Seychelles adalah sebuah negara kepulauan yang terdiri atas 115 pulau di Samudera Hindia, sekitar 1.600 km sebelah timur daratan Afrika, dan sebelah timur laut Madagaskar. Sebelumnya, Inggris memiliki kontrol penuh atas Seychelles sejak 1903.

1985
Museum Monumen Yogya Kembali mulai dibangun di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. Monumen tersebut dibangun untuk memperingati mundurnya pasukan Belanda dari Kota Yogyakarta yang kala itu menjadi ibu kota Indonesia.

1995
Pesawat ulang-alik milik Amerika Serikat (AS) mendarat di stasiun luar angkasa milik Rusia. Hal itu adalah kali pertama dalam sejarah pesawat ulang-alik milik AS melakukan pendaratan di stasiun luar angkasa milik Rusia. Maklum saja, kedua negara tersebut saling bersaing dan tak mau bekerja sama dalam bidang antariksa selama Perang Dingin.

2007
Perusahaan teknologi, Apple, untuk kali pertama merilis produk berupa ponsel yang diberi nama Iphone. Hingga kini, Apple telah merilis 15 jenis produk Iphone. Produk Iphone yang terbaru adalah Iphone 7 Plus.

Tim nasional Spanyol pemenang Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2008. (Centrocampista.com)

Tim nasional Spanyol pemenang Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2008. (Centrocampista.com)

2008
Untuk kali pertama, Spanyol berhasil menjadi juara dalam Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA. Spanyol berhak memperoleh gelar juara setelah mengalahkan Jerman dalam laga final dengan skor 1-0 di Stadion Ernst Happel, Wina, Austria. Satu-satunya gol dalam pertandingan tersebut dicetak Fernando Torres.

2014
Islamic State Iraq and Syria (ISIS) atau Negara Islam Irak dan Suriah mendeklarasikan sebuah kekhalifahan dan mengklaim wilayah Suriah dan sebagian Irak di wilayah utara. Pada deklarasi itu, ISIS menyatakan akan mendirikan kekhalifahan yang menguasai seluruh dunia. Kini, ISIS telah mengklaim Libya, Mesir, Aljazair, Arab Saudi, Yaman, Afghanistan, Pakistan, sebagian India, Nigeria, serta Kaukasus bagian utara sebagai wilayah kekuasaannya. (Ginanjar Saputra/JIBI/Semarangpos.com)

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 28 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 27 Juni
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 26 Juni

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya