Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 29 April 1945, Adolf Hitler Menikah Sebelum Bunuh Diri

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SOLO – Terjadi beragam peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang dari tahun ke tahun pada 29 April. Pada 29 April 1945, pemimpin Jerman Adolf Hitler menikahi Eva Braun.

Selain itu, masih banyak peristiwa lain yang terjadi pada 26 April. Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com menyajikan catatan peristiwa dunia hari ini, 26 April.

1091
Pertempuran antara Kekaisaran Bizantium dan Bangsa Pecheneg pecah di Levounion, Romawi Timur. Dalam pertempuran yang disebut dengan istilah Pertempuran Levounion itu, pasukan Bizantium yang berjumlah sekitar 60.000 tentara berhasil mengalahkan 80.000 tentara Bangsa Pecheneg.

1429
Pasukan Prancis pimpinan Jeanne D’Arc berhasil menglahkan pasukan Inggris dalam Pertempuran Orleans di Orleans, Prancis. Kemenangan itu merupakan kemenangan pertama yang diraih Prancis dalam Perang Seratus Tahun.

1587
Pasukan Angkatan Laut Inggris yang dipimpin Francis Drake menyerang kapal-kapal berbendera Spanyol yang berlayar di wilayah Teluk Cadis, sebelah selatan Spanyol. Dalam serangan itu, sebanyak 23 kapal milik Spanyol tenggelam.

1672
Sekitar 90.000 tentara Prancis yang dipimpin Louis XIV mulai menginvasi Belanda. Hal itu mengawali serangan Prancis di Belanda di masa Perang Prancis-Belanda. Perang tersebut berlangsung selama lebih dari enam tahun dan berakhir dengan perjanjian damai.

1941
Pasukan Jerman berhasil menduduki seluruh kawasan di Balkan. Selain itu, tentara Jerman juga berhasil mengalahkan pasukan Inggris, Australia, dan Selandia Baru yang berusaha mencegah Jerman menduduki Balkan.

1945
Tentara Amerika Serikat (AS) berhasil membebaskan semua orang yang ditahan militer Jerman di penampungan di Dachau, dekat Munchen, Jerman. Sebelumnya, penampungan tersebut juga dijadikan sebagai tempat pembantaian orang-orang Yahudi yang dikenal sebagai Holocaust.

1945
Setelah mengaku kalah dalam Perang Dunia II, pemimpin Jerman Adolf Hitler menikahi Eva Braun di Furherbunker, Berlin, Jerman. Hitler lantas menunjuk Laksamana Karl Donitz untuk menggantikannya dalam memimpin Jerman. Banyak kalangan meyakini Hitler dan Braun bunuh diri pada keesokan harinya di Furherbunker.

1970
Pasukan Amerika Serikat (AS) mulai menginvasi Kamboja dengan alasan memburu tentara komunis Viet Chong. Invasi itu dilakukan atas perintah langsung dari Presiden AS Richard Nixon.

1974
Anggun Cipta Sasmi dilahirkan di Jakarta sebagai putri dari Darto Singo, seorang seniman berdarah Jawa, dan Dien Herdina, seorang perempuan yang masih kerabat Keraton Yogyakarta. Kini, namanya dikenal luas sebagai penyanyi, pencipta lagu, sekaligus produser rekaman. Nama Anggun disebut-sebut sebagai penyanyi pertama dari Indonesia yang berhasil menembus industri musik internasional.

2011
Putra Pangeran Charles sekaligus cucu dari Ratu Inggris Elizabeth II, Pangeran William, resmi menikah dengan Catherine Middleton di Westminster Abbey, London, Inggris. Dalam pernikahan itu, status Middleton sebagai orang biasa yang bukan berasal dari kalangan aristokrat menjadi sorotan bagi sebagian kalangan.

Berita Terkait

Espos Premium

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Peneliti Asal Indonesia Menuju Penemuan Penting Energi Terbarukan

Pemerataan akses listrik di Indonesia bisa banyak terbantu dengan teknologi panel surya. Teknologi ini ramah lingkungan dan bisa dibangun di banyak tempat dan banyak pulau di Indonesia.

Berita Terkini

Ansari Kadir, Dulu Sering Gagal Bisnis Kini Punya 100 Outlet

Kini Sang Pisang telah memiliki 100 outlet termasuk di Malaysia.

Tikus Pithi Disebut Organisasi Tak Jelas saat Lawan Gibran di Pilkada Solo, Tuntas Subagyo Berang

Tuntas Subagyo tersinggung dengan pernyataan Refly Harun yang menyebut Tikus Pithi sebagai organisasi tidak jelas saat melawan Gibran di Pilkada Solo.

Hukum Onani dengan Bantuan Istri dalam Islam, Apakah Diperbolehkan?

Di bawah ini terdapat penjelasan mengenai hukum onani dengan bantuan tangan istri menurut Islam. Apakah diperbolehkan atau dilarang?

Sponsor Persis Solo Berlimpah, Ini Jumlah dan Macamnya

Keberadaan Kaesang Pangarep bak magnet yang mendorong Persis Solo memiliki finansial berlimpah.

Hasil Liga 1 2021-2022: Derbi Kalimatan, Borneo FC vs Barito Putera Bermain Imbang 1-1

Barito Putera unggul lebih dahulu lewat gol yang dicetak Muhammad Luthfi Kamal

Bukti Keberhasilan Pemberdayaan BUMDes, Semen Gresik Raih Nusantara CSR Awards 2021

Program CSR Semen Gresik telah memberikan kebermanfaatan, diantaranya mendorong penurunan angka kemiskinan di area perusahaan.

Petugas DLHK dan Polisi Klaten Cek Air Saluran Irigasi yang Berubah Merah, Hasilnya?

Petugas dari DLHK dan Polres Klaten mengambil sampel air di saluran irigasi yang sebelumnya dikabarkan berubah warna menjadi merah.

Pemkab Sukoharjo Bantu Biaya Pendidikan Anak Pasutri Tinggal di Kolong Meja Wedangan Kartasura

Pemkab Sukoharjo akan memberikan bantuan biaya pendidikan kepada anak dari pasangan suami istri Cahyo Yulianto, 50 dan Wiwin Haryati, 48.

Gubernur Anies Larang Rokok Dipajang, Produsen Menjerit

Seruan Gubernur direalisasikan dalam bentuk penindakan oleh Satpol PP DKI Jakarta.

Waduh! Antrean Warga Mengular di Sentra Vaksinasi XT Square

Pendeknya durasi di hari Jumat akibat ibadah salat membuat warga berlomba datang lebih dulu hingga antrean mengular.

Sponsor Berlimpah, Persis Solo Kewalahan Terima Tawaran Kerja Sama

Jelang peluncuran tim dan jersey pekan depan, terhitung sudah 14 perusahaan yang mendukung Persis Solo musim ini.

Pelepasan Atlet PON XX Papua Kontingen Jawa Tengah asal Kota Solo

Pemkot Solo melepas 45 atlet, 9 pelatih

Total Dana IPO Tembus Rp32,14 Triliun, Kontribusi Bukalapak Rp21,9 Triliun

Dana hasil penawaran umum yang telah terkumpul hingga 16 September 2021 sebesar Rp32,14 triliun. Total dana itu berasal dari 38 perusahaan yang baru tercatat tahun ini.

Pemerintah Targetkan Ekspor Mobil Listrik di Tahun 2022

Infrastruktur dasar KIT Batang selesai sejak Mei 2021, pembangunan fasilitas recycle, cathode, dan precursor dimulai akhir tahun ini.

Dibujuk Bupati Sukoharjo, Sekeluarga Tidur di Kolong Meja Wedangan Tetap Tolak Tempati Rusunawa

Bupati Sukoharjo Etik Suryani membujuk satu keluarga pasutri Cahyo Yulianto dan Wiwin Haryati yang terpaksa tinggal dan tidur di kolong meja wedangan di Kartasura untuk menempati rusunawa.