SOLOPOS.COM - Gambaran sosok Pangeran Diponegoro. (Wikimedia.org)

Catatan peristiwa-peristiwa penting dan bersejarah dari beragam belahan dunia dari tahun ke tahun pada 28 Maret disajikan dalam tulisan ini.

Semarangpos.com, SOLO – Berbagai peristiwa penting dan bersejarah yang patut dikenang terjadi di seluruh penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 28 Maret. Pada 28 Maret 1830, Pangeran Diponegoro ditangkap pasukan Belanda setelah menyerah demi melepaskan tentaranya yang ditawan.

Promosi BRI Cetak Laba Rp15,98 Triliun, ke Depan Lebih Fokus Hadapi Tantangan Domestik

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut peristiwa penting yang Semarangpos.com rangkum dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 28 Maret.

1794
Pasukan Habsburg Austria berhasil mengalahkan pasukan Prancis di Le Cateau-Cambresis, Prancis. Di salah satu pertempuran di masa Perang Koalisi I itu, Prancis harus kehilangan 1.200 tentaranya, sedangkan Habsburg Austria hanya kehilangan 293 prajuritnya.

1801
Republik Prancis dan Kerajaan Naples menandatangani Perjanjian Florence demi mengakhiri perang antara dua negara tersebut. Dari perjanjian itu, Kerajaan Naples menyerahkan wilayah Tyrrhenian kepada Prancis. Selain itu, pasukan Prancis juga diperbolehkan menduduki wilayah pelabuhan di Laut Adriatik.

1809
Sekitar 13.000 infanteri dan 4.500 kavaleri Prancis berhasil mengalahkan pasukan Spanyol yang terdiri atas 24.000 infanteri dan 3.500 kavaleri di Medellin, Extremadura, Spanyol. Dalam salah satu pertempuran di masa Perang Kemerdekaan Spanyol itu, sekitar 8.000 prajurit Spanyol tewas, sedangkan Prancis hanya kehilangan sekitar 1.000 tentaranya.

1830
Di masa Perang Diponegoro, Pangeran Diponegoro menyatakan bersedia menyerahkan diri kepada pasukan Belanda dengan syarat sisa anggota laskarnya dilepaskan. Pangeran Diponegoro kemudian ditangkap dan diasingkan ke Manado dan lantas dipindahkan ke Makassar hingga wafatnya di Benteng Rotterdam pada 8 Januari 1855.

Gambaran pertempuran antara pasukan Prancis dan pasukan Rusia semasa Perang Krimea. (Wikimedia.org)

Gambaran pertempuran antara pasukan Prancis dan pasukan Rusia semasa Perang Krimea. (Wikimedia.org)

1854
Prancis dan Inggris mendeklarasikan perang terhadap Rusia. Deklarasi perang itu sekaligus membuat Prancis dan Inggris bergabung dengan Kesultanan Ottoman untuk melawan Rusia dalam Perang Krimea.

1930
Kota Konstantinopel dan Angora di Turki diubah namanya. Konstantinopel berubah menjadi Istanbul, sedangkan Angora berganti nama menjadi Ankara. Hingga kini, dua kota tersebut masih menggunakan nama Istanbul dan Ankara.

1941
Armada Angkatan Laut Inggris menenggelamkan tiga kapal penjelajah dan dua kapal tempur milik Italia di Laut Tengah. Peristiwa itu merupakan salah satu kerugian besar bagi Italia semasa Perang Dunia II.

1951
Di masa Perang Indochina I, pasukan Prancis pimpinan Jean de Lattre de Tassigny berhasil mengalahkan pasukan Vietnam Utara yang dipimpin Vo Nguyen Giap dalam Pertempuran Mao Khe. Prancis berhasil mengalahkan Vietnam Utara setelah bertempur selama kurang lebih lima hari.

Stefani Joanne Angelina Germanotta alias Lady Gaga. (Glamour.com)

Stefani Joanne Angelina Germanotta alias Lady Gaga. (Glamour.com)

1986
Stefani Joanne Angelina Germanotta lahir di New York City, New York, Amerika Serikat (AS). Kini, ia dikenal luas sebagai penyanyi, pencipta lagu, model, sekaligus produser rekaman dengan nama beken Lady Gaga. Perempuan yang kerap tampil dengan gaya nyentriknya itu aktif di dunia hiburan sejak 2005 silam.

2005
Gempa bumi berkekuatan 8,7 skala Richter mengguncang wilayah selatan Sibolga, Sumatra Utara. Akibatnya, tak kurang dari 300 orang tewas dan sekitar 2.000 orang mengungsi.

KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 27 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 26 Maret
KLIK DI SINI untuk Catatan Peristiwa Dunia, 25 Maret

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya